7 Cara Membuat Otak Otak Goreng dan Bakar Bahan Ikan, Udang, dan Bandeng

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 28 Februari 2020 04:04
7 Cara Membuat Otak Otak Goreng dan Bakar Bahan Ikan, Udang, dan Bandeng
Olahan otak otak nikmat bisa menjadi menu andalan yang disukai keluarga. Yuk, berkreasi dengan menu ini di rumah!

Siapa sih yang nggak suka menu otak otak? Yap, salah satu menu yang disukai anak-anak selain ayam goreng ini memang menjadi salah satu andalan hampir setiap ibu rumah tangga untuk menghasilkan olahan makanan keluarga tercinta. Kamu nggak perlu biungung untuk mengolah bahan ikan yang kamu beli di pasar. Jika biasanya kamu mengolahnya menjadi menu ikan goreng biasa atau dibumbui dengan bumbu merah bali dan kuning bahan kunyit, maka nggak ada salahnya kamu berkreasi dengan olahan menu ikan dibuat otak otak yang nendang enaknya.

Otak otak merupakan olahan yang terbuat dari tepung dengan bahan campuran ikan. Ikan yang digunakan sangat bervariasi, seperti halnya ikan tenggiri, bandeng, dan udang. Ada juga otak otak simple yang cara membuatnya tanpa menggunakan bahan ikan, lho. Cara membuat otak otak terbilang mudah. Penasarankan bagaimana sih cara membuat otak otak lezat yang disukai keluarga ini? Yuk, langsung saja simak resep cara membuat otak otak yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Otak Otak Goreng

Ilustrasi Otak Otak Goreng © Diadona

Menu otak otak pertama yang bisa kamu buat untuk keluarga tercinta adalah otak otak sederhana dengan proses memasak digoreng. Cara penyajiannya cukup sederhana, yaitu dengan cocolan saus tomat atau saus pedas sambal yang nendang abis. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat otak otak mudah dengan digoreng berikut ini.

Bahan:
- 200 gram ikan, haluskan
- 1 butir telur
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 4 butir bawang merah, haluskan
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 80 gram sagu tani
- Secukupnya garam, gula dan merica

Cara membuat otak otak goreng:

  1. Campur ikan dengan bawang, daun bawang, telur, garam, gula, dan merica kemudian aduk rata. Tambahkan sagu, aduk rata dengan sendok kayu. Adonan otak otak siap dibentuk. Balur tangan dengan sagu supaya tidak lengket saat membentuk otak otak. Ambil sedikit adonan, letakkan di telapak tangan gulung sampai ujungnya meruncing.
  2. Rebus adonan otak otak di air mendidih sampai matang. Tanda matang otak otak akan mengapung. Angkat otak otak. Masukkan otak otak ke dalam wadah berisi air es. Tujuannya menghentikan proses masak supaya otak otak kenyal dan tidak lembek. Tiriskan otak dari air es. Panaskan minyak. Goreng otak otak sampai garing kecoklatan. Sajikan otak otak dengan saus cabe.

2 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Otak Otak Ikan

Ilustrasi Otak Otak Ikan Tenggiri © Diadona

Menu otak otak selanjutnya yang nggak bisa kamu tinggalkan begitu saja adalah otak otak yang dibuat dari ikan tenggiri yang khas. Cara membuatnya cukup dipanggang di atas teflon yang sebelumnya, adonan harus dibungkus dalam daun pisang. Yuk langsung saja simak resep cara membuat otak otak ikan tenggiri super lezat berikut ini.

Bahan:
- 250 gram ikan tenggiri
- 190 gram tepung sagu tani
- 180 gram santan encer
- 50 gram putih telur
- 5 gram bawang putih halus
- 5 gram chiken powder
- 3 gram garam
- 3 batang daun kucai iris
- Saos belender halus
- 100 gram air
- 30 gram cabe merah gendut
- 15 gram bawang putih halus
- 5 gram tauco bijinya saja
- 10 gram gula palm
- Chiken powder secukupnya

Cara membuat otak otak ikan tenggiri:

  1. Blender ikan tenggiri kemudian campurkan semua bahan kecuali tepung sagu. Aduk sampai rata hingga adonan mengental. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  2. Kemudian, ambil adonan kurang lebih satu sendok makan, bungkus dengan daun pisang. Kemudian panggang diatas teplon. Kalau sudah masak tandanya adonan akan gembung ya. Untuk saos, panaskan hingga mendidih.

3 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Otak Otak Tanpa Ikan

Ilustrasi Otak Otak Tanpa Ikan © Diadona

Tanpa menggunakan bahan campuran daging ikan, kamu juga bisa kok membuat otak otak yang tentunya enak dan nggak kalah dengan otak otak yang menggunakan campuran daging ikan dan udang. Cara membuatnya juga sangat sederhana. Penasarankan bagaimana sih cara membuat otak otak tanpa menggunakan ikan? Langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram terigu
- 470 gram tepung sagu
- 40 ml santan instan
- 2 butir telur
- 400 ml kaldu udang, dari kepala dan kulit udang yang direbus
- 2 batang besar daun bawang, potong halus
- Minyak goreng

Bumbu halus:
- 4 butir bawang putih
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt lada bubuk
- 3 sdm rebon
- 1 sdt kaldu jamur

Cara membuat otak otak tanpa ikan:

  1. Rebus kepala udang dan kulit udang hingga mendidih kurang lebih 15 menit lalu saring. Haluskan bumbu, masukkan bumbu halus ke dalam kaldu udang dan rebus selama 10 menit. Matikan kompor.
  2. Masukkan kaldu udang dan bumbu halus panas-panas ke dalam tepung terigu. Aduk dengan sendok kayu atau spatula kayu lalu dinginkan.
  3. Masukkan santan, telur, dan daun bawang. Uleni dengan tangan. Masukkan tepung sagu. Uleni lagi hingga rata. Olesi telapak tangan dengan sedikit minyak. Pilin adonan dan lakukan hingga adonan habis.
  4. Rebus air hingga mendidih, masukkan otak-otak ke dalam air mendidih. Biarkan mengapung. Setelah itu tiriskan dan dinginkan. Goreng otak-otak hingga keemasan. Sajikan dengan saos sambal. Sisanya bisa dimasukkan ke dalam freezer.

4 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Otak Otak Biasa

Ilustrasi Otak Otak Biasa © Diadona

Secara umum, otak otak memang dibuat dari beberapa bahan tepung dengan campuran ikan tenggiri. Setelah menjadi adonan, maka akan dibentuk lonjong dengan ujung-ujungnya yang runcing. Setelah itu direbus dalam air panas. Langsung saja simak resep cara membuat otak otak biasa di bawah ini.

Bahan:
- 300 gram ikan tenggiri
- 1 butir telur
- 15 sdm tepung sagu/tapioka
- 3 sdm tepung terigu

Bumbu halus:
- 3 bawang putih
- 6 bawang merah
- 1/2 sdt merica

Pelengkap:
- 1 jeruk nipis
- Secukupnya garam
- Secukupnya bubuk kaldu
- Secukupnya minyak goreng

Cara membuat otak otak biasa:

  1. Siapkan bahan yang digunakan. Bersihkan ikan beri garam dan jeruk nipis, kemudian lumetkan. Haluskan bumbu, kemudian campurkan kedalam ikan.
  2. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, merica, kaldu bubuk, dan masukan irisan daun bawang. Aduk-aduk hingga adonan bisa dibentuk lonjong. Rebus adonan hingga mengapung kemudian tiriskan. Kemudian digoreng dan ditiriskan kembali.

5 dari 7 halaman

5. Cara Membuat Otak Otak Bakar

Ilustrasi Otak Otak Bakar © Diadona

Otak otak sederhana yang dibakar bisa menjadi salah satu varian menu memasak kamu untuk keluarga tercinta. Dijamin, semua anggoa keluarga akan suka dan tak ada sisa masakan di hari itu, karena mereka memakan dengan lahap. Hehe.. Yap, sajikan saja menu otak otak bakar sederhana di rumah dengan melihat resep cara membuat otak otak berikut ini.

Bahan:
- 1/2 kg ikan tenggiri, kerok dagingnya, haluskan
- Daun pisang secukupnya, bersihkan
- 150 ml santan kara
- 3 putih telur
- 4 butir bawang merah, iris halus
- 1/2 sdm gula pasir
- 1 sdt garam
- Secukupnya lada
- Secukupnya kaldu bubuk jamur
- 100 gram sagu

Cara membuat otak otak bakar:

  1. Campur daging ikan tenggiri, santan, bawang merah iris, lada, kaldu, gula, dan garam lalu aduk rata. Tambahkan putih telur, aduk rata lagi. Terakhir masukkan tepung sagu, aduk rata secara perlahan agar adonan tidak alot. Sisihkan.
  2. Ambil 1 lembar daun pisang, beri 2 sdm adonan, gulung dan sematkan ujungnya dengan lidi. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan lainnya. Panggang di atas wajan teflon hingga matang. Angkat. Sajikan dengan saus kacang.

6 dari 7 halaman

6. Cara Membuat Otak Otak Udang

Ilustrasi Otak Otak Udang © Diadona

Selain dengan bahan campuran ikan tenggiri, kamu juga bisa membuat otak otak dengan menggunakan bahan udang. Jika kamu pennggila menu udang sejati, maka nggak ada salahnya kamu berkreasi memasak udang dengan dibuat otak otak yang cara pembuatannya cukup mudah ini. Nah, dsaripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara membuat otak otak udang berikut ini.

Bahan:
- 250 gram udang, cuci bersih dan kupas kulitnya
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 butir telur
- 150 gram tepung sagu/tapioka
- Secukupnya garam, kaldu jamur dan lada
- Secukupnya daun bawang

Cara membuat otak otak udang:

  1. Haluskan atau blender udang, bawang merah, bawang putih, dan telur. Tambahkan garam, kaldu jamur, dan merica, juga potongan daun bawang. Setelah halus, campurkan tepung. Jika masih lembek, boleh ditambah tepung lagi hingga teksturnya bisa di bentuk.
  2. Didihkan air, beri sedikit minyak. Bentuk adonan otak-otak sesuai yang diinginkan, kemudian masak dalam air mendidih hingga mengapung. Tiriskan adonan matang, kemudian goreng dengan minyak panas.

7 dari 7 halaman

7. Cara Membuat Otak Otak Bandeng

Ilustrasi Otak Otak Bandeng © Diadona

Menu otak otak terakhir yang tentunya bisa kamu buat sendiri di rumah dengan praktis adalah otak otak bandeng. Yap, kamu nggak perlu lagi memasak bandeng yang dipresto, pasti bosen kan dengan menu yang itu-itu saja. Nah, mending kamu membuat olahan bandeng ini dengan divariasikan menjadi olahan otak otak yang lezat dan tentunya disukai keluarga. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat otak otak bandeng berikut ini.

Bahan:
- 1 kg ikan bandeng ukuran sedang, sekitar 3 ekor

Bahan adonan:
- 3 butir telur
- 4 buah bawang putih
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt kaldu jamur
- 1/2 sdt gula
- 2 sdm tepung kanji

Bahan celupan:
- 1 butir telur kocok lepas
- 1/4 sdt garam

Cara membuat otak otak bandeng:

  1. Siapkan ikan bandeng yang sudah bersih termasuk isi perutnya. Siapkan bahan untuk bumbu adonan termasuk bawang putih halus kemudian sisihkan.
  2. Taruh ikan di atas talenan dengan posisi tidur atau bagian mata menghadap atas. Pukul-pukul badan ikan sampai atas ekor. Patahkan bagian ekornya dan patahkan tulang yang di bawah kepala ikan. Lakukan hal yang sama di sisi sebaliknya.
  3. Telusuri tulang dgn jari, melalui bagian sobekan perut ikan, sambil dipisahkan tulang dengan daging ikannya. Lakukan di sisi sebaliknya, lalu tarik tulang ikan keluarkan melalui sobekan perut. Hati-hati agar sobekan tidak menjadi lebar.
  4. Buang tulang ikan, buang juga duri-duri halus yang menempel di daging ikan terutama di bagian kepala, perut atas dan bagian ekor. Lalu kerok daging ikan dengan sendok, tempatkan dalam wadah terpisah.
  5. Bersihkan daging yang sudah dikerok dari duri halus. Lalu masukkan daging ikan ke dalam blender atau food processor, bersama dengan telur dan bumbu lainnya. Setelah rata, masukkan tepung tapioka dan aduk lagi dengan blender atau food Processor hingga rata.
  6. Test rasa dengan menggoreng sedikit adonan, jika sudah cocok, masukkan adonan daging ke dalam piping bag. Melalui robekan di badan ikan, masukkan piping bag berisi adonan ke dalam perut ikan, isi mulai dari kepala sampai ekor. Sambil dipijat-pijat supaya adonan masuk ke badan bandeng.
  7. Bungkus dengan aluminium foil atau dengan daun, lalu kukus pada api sedang sampai matang. Keluarkan ikan dari aluminium foil/daun. Tunggu dingin, baru bisa dipotong dan digoreng dengan celupan telur kocok.

Itulah beberapa resep cara membuat otak otak yang mudah dan dengan bahan sederhana di rumah. Membuat olahan yang disukai oleh keluarga adalah salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan untuk keluarga tercinta. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya? Yuk, segera persiapkan bahan dan bumbu-bumbunya, ya!

Beri Komentar