6 Resep Cara Membuat Bakso Ikan yang Lezat, Enak dan Sederhana di Rumah

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 9 Januari 2020 11:16
6 Resep Cara Membuat Bakso Ikan yang Lezat, Enak dan Sederhana di Rumah
Olahan bakso ini juga nggak kalah nikmat dari bakso daging sapi atau ayam. Selain mudah, bakso ikan ini juga bisa disimpan dalam jangka waktu lama dalam freezer dan bisa direbus lagi sewaktu-waktu.

Bakso merupakan salah satu masakan yang sering dikonsumsi oleh hampir setiap masyarakat Indonesia. Secara umum masyarakat lebih mengenal bakso yang terbuat dari daging sapi atau ayam.

 
 
 
View this post on Instagram

Assalamu'alaikum... Bakso ikan homemade sederhana.. Bikin nya gampang cepet ga pake lamaa.. Ikan tenggiri dari @hantha.fish Di jamin kualitas nya.. Ikan nya bagus masih freshhh.. Makasih ya ???? Bu ibu yang mau order langsung hubungi ke sini ya.. @hantha.fish @hantha.fish . Bakso ikan tenggiri homemade By @dianfaizin17 . Bahan 250 gr ikan tenggiri 50 gr tepung sagu / tapioka (saya pakai tapioka merk sagu tani) . Haluskan ?? 2 butir bawang merah iris2 kmudian goreng 2 siung bawang putih Secukupnya lada bubuk . Secukupnya garam Secukupnya kaldu bubuk Secukupnya gula pasir Secukupnya daun bawang 1 butir putih telur (ukuran kecil / kalo telur nya besar pakai setengah aja putih telurnya) Secukupnya air es . Langkah 1. Haluskan ikan dgn food processor/blender sampa halus (karena ikan nya masih dalam keadaan beku jd pas d blender ga usah d tambahin es batu lagi Sisihkan 2. Setelah halus.. Masukan bumbu yg tlah d haluskan dan putih telur aduk rata.. Kemudian masukan gula pasir, garam, pnyedap rasa dan daun bawang.. Aduk rata.. Terakhir masukan tepung tapioka.. Aduk sampai benar2 tercampur rata.. Cicipi sedikit ya bu ibu sebelum d rebus, sy sendiri Lebih seneng bakso yg gurih.. 3. Masak air d panci untuk nanti merebus 4. Siapkan air es d baskom.. Kmudian mulai cetak bakso olesi tangan dgn minyak.. Cetak bakso nya kaya d foto ya atau d bulat2 juga bisa.. Kmudian masukan ke air es.. Lakukan sampai adonan bakso habis.. 5. Rebus bakso sampai mengapung..Kalo dah mengapung berarti dah matang.. 6. Untuk kuah nya ttep pake air bekas ngerebus bakso nya tinggal d bumbui aja yaa d kasih perasa , kaldu bubuk garam dan gula pasir sesuai selera.. Tambahkan juga bawang putih goreng.. Dan irisan daun bawang (Pokoknya untuk rasa nya bebas ya sesuaikan selera masing2, aku tambahin pelengkap tahu, sohun dan sawi yang udh d rebus. Sajikan.. ???????? . Tutorial di sebelah.. Semoga bermanfaat ? . #baksoikantenggiri #baksoikan #baksoikanhomemade #dianrecipes #resepbaksoikan #homecooking #resepmudah #olahanikantenggiri

A post shared by Dian Rosdiana Lanesa (@dianfaizin17) on

Namun ada nih varian olahan bakso yang terbuat dari daging ikan. Olahan bakso ini juga nggak kalah nikmat dari bakso daging sapi atau ayam. Daging ikan yang bisa dibuat olahan bakso adalah seperti ikan tongkol, tenggiri, tuna, bandeng, dan lele.

Kamu juga bisa membuat olahan bakso ikan ini di rumah. Selain mudah, bakso ini juga bisa disimpan dalam jangka waktu lama dalam freezer dan bisa direbus lagi sewaktu-waktu. Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya dalam cara membuat bakso ikan di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Bakso Ikan Tongkol

Ilustrasi Bakso IkanIlustrasi Bakso Ikan © merdeka.com

Selain dimakan langsung setelah digoreng, ternyata ikan tongkol juga bisa diolah menjadi bakso. Tuk simak cara membuat bakso ikan tongkol di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram ikan tongkol (bersih dari duri dan kulit)
- Es serut sedikit (untuk campuran memblender bahan bakso ikan)
- 2½ - 3 sdm tepung sagu atau tapioka (disarankan menggunakan 2 sendok makan dahulu baru nanti ditambahkan kalau terlalu lembek)
- 2 butir telur ayam (putihnya saja dinginkan dahulu di kulkas sebelum dicampur dengan bahan yang lain)
- Merica bubuk sedikit
- 3-4 siung bawang putih
- 1-2 sdm gula pasir
- Garam (secukupnya)
- Air bersih (secukupnya)

Cara membuat bakso ikan tongkol:
1. Masukkan daging ikan tongkol ke dalam blender tambahkan putih telur, garam, bawang putih, gula pasir dan sedikit es serut. Blender bahan tersebut sampai benar-benar halus dan tuangkan ke wadah.

2. Tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka ke adonan yang telah diblender tadi. Masukkan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Tetap terus tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka jika adonan dirasa masih terlalu lembek.

3. Siapkan panci untuk merebus. Tambahan air kedalam panci dan rebus hingga mendidih. Bentuk adonan bakso dalam genggaman, tekan sampai berbentuk bulatan bakso dan ambil adonan bulatan bakso dengan sendok makan, lalu masukkan ke air panas dalam panci. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.

4. Rebus lagi bakso dengan api sedang kecil sampai bakso mengambang. Setalah matang bakso bisa di angkat dan ditiriskan. Bakso ikan tongkol siap disajikan.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri

Ilustrasi Bakso Ikan TenggiriIlustrasi Bakso Ikan Tenggiri © https://www.fimela.com/

Ikan tenggiri selain sebagai bahan dasar pembuatan pempek, ternyata juga bisa menjadi pilihan bahan pembuatan bakso. Simak resep cara membuat bakso ikan tenggiri di bawah ini, yuk!

Bahan:
- 500 gram ikan tenggiri (bersih dari duri dan kulit)
- Es serut sedikit (untuk campuran memblender bahan bakso ikan)
- 2½ - 3 sdm tepung sagu atau tapioka (disarankan menggunakan 2 sendok makan dahulu baru nanti ditambahkan kalau terlalu lembek)
- 2 butir telur ayam (putihnya saja dinginkan dahulu di kulkas sebelum dicampur dengan bahan yang lain)
- Merica bubuk sedikit
- 3-4 siung bawang putih
- 1-2 sdm gula pasir
- Garam (secukupnya)
- Air bersih (secukupnya)

Cara membuat bakso ikan tenggiri:
1. Masukkan daging ikan tenggiri ke dalam blender juga tambahkan putih telur, garam, bawang putih, gula pasir dan sedikit es serut. Blender bahan tersebut sampai benar-benar halus dan tuangkan ke wadah.

2. Tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka ke adonan yang telah diblender tadi. Masukkan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Tetap terus tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka jika adonan dirasa masih terlalu lembek.

3. Siapkan panci untuk merebus. Tambahan air kedalam panci dan rebus hingga mendidih. Bentuk adonan bakso dalam genggaman, tekan sampai berbentuk bulatan bakso dan ambil adonan bulatan bakso dengan sendok makan, lalu masukkan ke air panas dalam panci. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.

4. Rebus lagi bakso dengan api sedang kecil sampai bakso mengambang. Setalah matang bakso bisa di angkat dan ditiriskan. Bakso ikan tenggiri siap disajikan.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Bakso Ikan Tuna

Ilustrasi Bakso Ikan TunaIlustrasi Bakso Ikan Tuna © https://www.fimela.com/

Ikan tuna biasanya disajikan dalam keadaan bersih dan mentah di resto-resto makanan Jepang. Tuna juga bisa dibuat untuk bakso selain kandungan gizi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Berikut resep cara membuat bakso ikan tuna.

Bahan:
- 500 gram ikan tuna (bersih dari duri dan kulit)
- Es serut sedikit (untuk campuran memblender bahan bakso ikan)
- 2½ - 3 sdm tepung sagu atau tapioka (disarankan menggunakan 2 sendok makan dahulu baru nanti ditambahkan kalau terlalu lembek)
- 2 butir telur ayam (putihnya saja dinginkan dahulu di kulkas sebelum dicampur dengan bahan yang lain)
- Merica bubuk sedikit
- 3-4 siung bawang putih
- 1-2 sdm gula pasir
- Garam (secukupnya)
- Air bersih (secukupnya)

Cara membuat bakso ikan tuna:
1. Masukkan daging ikan tuna ke dalam blender juga tambahkan putih telur, garam, bawang putih, gula pasir dan sedikit es serut. Blender bahan tersebut sampai benar-benar halus dan tuangkan ke wadah.

2. Tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka ke adonan yang telah diblender tadi. Masukkan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Tetap terus tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka jika adonan dirasa masih terlalu lembek.

3. Siapkan panci untuk merebus. Tambahan air kedalam panci dan rebus hingga mendidih. Bentuk adonan bakso dalam genggaman, tekan sampai berbentuk bulatan bakso dan ambil adonan bulatan bakso dengan sendok makan, lalu masukkan ke air panas dalam panci. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.

4. Rebus lagi bakso dengan api sedang kecil sampai bakso mengambang. Setalah matang bakso bisa di angkat dan ditiriskan. Bakso ikan tuna siap disajikan.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Bakso Ikan Lele

Ilustrasi Bakso Ikan LeleIlustrasi Bakso Ikan Lele © https://www.fimela.com/

Mungkin kamu hanya familiar dengan lele yang dimasak dengan digoreng dan dimakan dengan menu lalapan juga sambal. Tapi, lele juga bisa dibuat menu masakan bakso, loh. Yuk simak resep cara membuat bakso ikan di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram ikan lele (bersih dari duri dan kulit)
- Es serut sedikit (untuk campuran memblender bahan bakso ikan)
- 2½ - 3 sdm tepung sagu atau tapioka (disarankan menggunakan 2 sendok makan dahulu baru nanti ditambahkan kalau terlalu lembek)
- 2 butir telur ayam (putihnya saja dinginkan dahulu di kulkas sebelum dicampur dengan bahan yang lain)
- Merica bubuk sedikit
- 3-4 siung bawang putih
- 1-2 sdm gula pasir
- Garam (secukupnya)
- Air bersih (secukupnya)

Cara membuat bakso ikan lele:
1. Masukkan daging ikan lele ke dalam blender juga tambahkan putih telur, garam, bawang putih, gula pasir dan sedikit es serut. Blender bahan tersebut sampai benar-benar halus dan tuangkan ke wadah.

2. Tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka ke adonan yang telah diblender tadi. Masukkan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Tetap terus tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka jika adonan dirasa masih terlalu lembek.

3. Siapkan panci untuk merebus. Tambahan air kedalam panci dan rebus hingga mendidih. Bentuk adonan bakso dalam genggaman, tekan sampai berbentuk bulatan bakso dan ambil adonan bulatan bakso dengan sendok makan, lalu masukkan ke air panas dalam panci. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.

4. Rebus lagi bakso dengan api sedang kecil sampai bakso mengambang. Setalah matang bakso bisa di angkat dan ditiriskan. Bakso ikan lele siap disajikan.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Bakso Ikan Bandeng

Ilustrasi Bakso Ikan BandengIlustrasi Bakso Ikan Bandeng © https://www.merdeka.com/

Bandeng yang diolah dengan dipresto adalah makanan yang enak dengan duri lunak. Tapi, selain olahan tersebut bandeng juga bisa kok dijadikan bakso. Langsung saja simak resep cara membuat bakso ikan bandeng di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram ikan bandeng (bersih dari duri dan kulit)
- Es serut sedikit (untuk campuran memblender bahan bakso ikan)
- 2½ - 3 sdm tepung sagu atau tapioka (disarankan menggunakan 2 sendok makan dahulu baru nanti ditambahkan kalau terlalu lembek)
- 2 butir telur ayam (putihnya saja dinginkan dahulu di kulkas sebelum dicampur dengan bahan yang lain)
- Merica bubuk sedikit
- 3-4 siung bawang putih
- 1-2 sdm gula pasir
- Garam (secukupnya)
- Air bersih (secukupnya)

Cara membuat bakso ikan bandeng:
1. Masukkan daging ikan bandeng ke dalam blender juga tambahkan putih telur, garam, bawang putih, gula pasir dan sedikit es serut. Blender bahan tersebut sampai benar-benar halus dan tuangkan ke wadah.

2. Tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka ke adonan yang telah diblender tadi. Masukkan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Tetap terus tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka jika adonan dirasa masih terlalu lembek.

3. Siapkan panci untuk merebus. Tambahan air kedalam panci dan rebus hingga mendidih. Bentuk adonan bakso dalam genggaman, tekan sampai berbentuk bulatan bakso dan ambil adonan bulatan bakso dengan sendok makan, lalu masukkan ke air panas dalam panci. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.

4. Rebus lagi bakso dengan api sedang kecil sampai bakso mengambang. Setalah matang bakso bisa di angkat dan ditiriskan. Bakso ikan bandeng siap disajikan.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Bakso Ikan Goreng

Ilustrasi Bakso Ikan GorengIlustrasi Bakso Ikan Goreng © https://www.fimela.com/

Resep terakhir adalah cara membuat bakso ikan goreng. Bakso yang dimasak dengan digoreng ini akan lebih terasa ikannya karena tidak melalui proses perebusan. Yuk langsung saja simak cara membuat bakso ikan goreng di bawah ini.

Bahan:
- 400 gram fillet ikan tenggiri/kakap/kerapu/tuna/salmon
- 200 gram tepung sagu/tapioka
- 23 gram santan bubuk
- 3 siung bawang putih (haluskan)
- 4 butir bawang merah (cincang halus)
- 2 butir telur ayam
- Garam secukupnya

Cara membuat bakso ikan goreng:
1. Proses fillet ikan hingga halus lalu campur dengan bawang putih, bawang merah, tepung sagu/tapioka, santan bubuk, telur ayam, dan garam.

2. Ambil adonan secukupnya untuk dibulatkan. Goreng di dalam minyak panas dengan api kecil sampai berwarna coklat keemasan.

3. Setelah itu angkat dari penggorengan dan tiriskan minyaknya. Bakso ikan goreng siap disajikan.

Nah sudah tahu kan bagaimana cara membuat bakso ikan? Tentunya resep di atas bisa menjadi menu pilihan kamu untuk membuat bakso yang lebih bervariasi dan bisa dicoba sendiri di rumah. Kamu lebih memilih bakso ikan yang mana, nih? Share jawaban kamu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar