6 Menu Makanan Terenak di Penjara Dunia

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 3 Februari 2020 21:48
6 Menu Makanan Terenak di Penjara Dunia
Tak selamanya apa-apa yang berbau penjara akan tidak enak dan mengerikan. Salah satunya adalah menu makanan yang akan kita bahas kali ini.

Penjara adalah tempat orang-orang yang jahat menghabiskan harinya untuk dihukum akibat dari perbuatannya. Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke penjara, dan tidak tahu bagaimana keadaan di dalamnya, ternyata tidak seburuk itu, lho. Terutama di 6 penjara ini, yang punya menu makanan yang terkenal enak bagi para narapidananya.

1 dari 6 halaman

1. Goulburn Correctional Centre, Australia

Ilustrasi SerealIlustrasi Sereal © 2020 https://www.pinterest.com/georgiana

Ini adalah sebuah penjara dengan tingkat keamanan super. Dengan predikat sebagai penjara Pusat Manajemen Risiko Tinggi (SuperMax) sehingga menjadi penjara dengan keamanan tertinggi di Australia. Namun menu bagi para narapidananya ialah sarapan yang terdiri dari sereal, kopi dan gula, 7 potong roti, dan susu. Sedangkan menu makas siang terdiri dari sandwich dan yogurt. Isian sandwich termasuk ayam, selada dan mayones, falafel, salad, dan daging panggang.

2 dari 6 halaman

2. Bergish Gladbach, Jerman

Ilustrasi BurgerIlustrasi Burger © 2020 https://www.dinnerthendessert.com

Jika di penjara ini, awalnya mereka menyediakan makanan katering biasa bagi para narapidananya. Namun konon karena kerjasama antara penjaran dan pihak katering terputus, maka menu makan yang disediakan ialah McDonald's. Ya! Makanan cepat saji satu ini lah yang menjadi menu rutin narapidana di penjara ini. Alasan pihak penjara memilih McDonald's adalah karena mereka adalah penjual makanan yang paling dekat dengan penjara.

3 dari 6 halaman

3. Reclusorio Preventivo Norte, Mexico

Ilustrasi Makanan PenjaraIlustrasi Makanan Penjara © 2020 https://www.vice.com

Penjara yang terletak di kota Mexico ini menyediakan apapun yang narapidananya inginkan dari luar. Bahkan tiap Sabtu, Minggu, Selasa, dan Kamis, pihak keluarga dari narapidana diperbolehkan membawakan makanan bagi mereka, jika para narapidana kurang puas dengan menu makan di penjara.

4 dari 6 halaman

4. Jepang

Ilustrasi Makanan PenjaraIlustrasi Makanan Penjara © 2020 https://www.mecicolle.gnavi.co.jp

Penjara di Jepang punya standar yang tinggi atas gizi, efisien dan kebersihan makanan bagi para narapidananya. Hal ini membuat banyak orang ingin juga merasakan bagaimana rasa dan wujud dari makanan penjara satu ini. Alhasil berdirilah sebuah restoran di Kota Abashiri, Hokkaido yang khusus menyediakan menu para tahanan.

5 dari 6 halaman

5. Skandinavia

Ilustrasi NarapidanaIlustrasi Narapidana © 2020 https://www.www.TheMarshallProject.com

Memperlakukan tahanan dengan baik selayaknya manusia adalah kunci kinerja di penjara-penjara Skandinavia. Norwegia, Swedia, dan Denmark memang terkenal dengan 'hukuman' yang tidak seperti penjara lainnya. Narapidana diberikan kebebasan untuk berbelanja, dan memasak sendiri makanan mereka. Pihak penjara akan menyediakan anggaran bulanan, sekitar 1 juta rupiah, untuk membeli bahan makanan sendiri di supermarket. Ini adalah salah satu program rehabilitasi yang dibuat oleh penjara. Tak heran jika penjara-penjara di Skandinavia mendapat predikat penjara terbaik dan tersukses di dunia.

6 dari 6 halaman

6. Volterra, Italia

Ilustrasi PenjaraIlustrasi Penjara © 2020 https://www.jennystokes.deviantart.com

Penjara ini tidak kalah unik kalau dari segi makanan. Berbeda dari penjara di Skandinavia yang bebas mengolah makanannya sendiri, para narapidana di program rehabilitasi bahkan disuruh untuk membuka dan mengelola restoran mewah. Sebelum diizinkan mengelola restoran milik penjara, tahanan akan dilatih skillnya. Restoran pun selalu mendapat penilaian yang baik, dan selalu penuh dengan pengunjung tiap harinya.

Beri Komentar