5 Resep Mudah Cara Membuat Putu Ayu Kukus yang Praktis Tanpa Mixer dan Santan

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 7 Februari 2020 14:49
5 Resep Mudah Cara Membuat Putu Ayu Kukus yang Praktis Tanpa Mixer dan Santan
Kue putu ayu yang manis dan gurih dengan parutan kelapa muda di atasnya. Makanan yang enak disajikan selagi hangat saat cuacu hujan. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka kue manis identik dengan warna hijau ini? Yap, kue putu ayu yang gurih dengan parutan kelapa muda. Kue putu ayu sangat cocok cihidangkan dan sebagai menu makanan ringan di rumah.

Tak jarang, olahan ini juga kerap di temui dalam kotak jajan saat acara syukuran. Rasanya yang enak apalagi disajikan dalam keadaan hangat membuatnya nggak bisa ditolak. Wah, penasaran kan bagaimana cara membuat putu ayu ini? Yuk langsung saja simak resep selengkapnya berikut.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Putu Ayu

      View this post on Instagram    

Kue Putu Ayu BAHAN: 300 g tepung terigu 250 g gula pasir 4 butir telur 1 sdm pasta pandan 1 sdt garam ½ buah kelapa parut 1 sdt baking powder 500 ml santan CARA MEMBUAT: 1. Siapkan wadah berukuran agak besar (mangkuk mixer), masukkan telur dan gula, kocok hingga mengembang dan menjadi putih menggunakan mixer. 2. Matikan mixer, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit lalu baking powder. Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata. 3. Setelah itu, tambahkan santan dan pasta pandan, kemudian aduk kembali hingga adonan tercampur dengan baik. 4. Campur kelapa yang sudah diparut dan dikukus dengan garam. 5. Siapkan cetakan dan olesi dengan sedikit minyak. Masukkan (sambil ditekan) kelapa parut di dasar cetakan, kemudian tuangkan adonan ke dalam cetakan. Parutan kelapa terlebih dulu, bukan adonannya. 6. Masukkan adonan kuenya ke dalam panci pengukus yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup rapat panci pengukus, kukus selama kurang lebih 15 menit. 7. Jika sudah matang, angkat, keluarkan dari cetakan, dan kue putu ayu pun sudah siap disajikan. Sumber: @tastemadeindonesia #resepenak #videomasak #videoresep #menubaru #putuayu #kueputuayu #kuetradisional #resepkueputuayu #food #foodie #instafood #kuliner #culinary #indonesiapunya #indonesia #indonesianfood #makananindonesia #jelajahindonesia #discoverindonesia #eat #tastemadeindonesia #tastemadeid #foodporn #foodstagram #indonesian #recipe #recipevideo

A post shared by Resep Enak | Masakan (@resep_enak_1) on

Kue putu ayu menjadi salah satu menu makanan ringan yang banyak diminati. Rasa yang manis dan gurih serta tekstur yang empuk dan lembut membuatnya semakin disukai semua kalangan. Simak resep cara membuat putu ayu berikut ini.

Bahan:
- 300 gram tepung terigu
- 250 gram gula pasir
- 4 butir telur
- 1 sdm pasta pandan
- 1 sdt garam
- 1/2 buah kelapa parut
- 1 sdt baking powder
- 500 ml santan

Cara membuat putu ayu:

  1. Siapkan wadah berukuran agak besar, masukkan telur dan gula, kocok hingga mengembang dan menjadi putih menggunakan mixer. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit lalu baking powder. Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan santan dan pasta pandan, kemudian aduk kembali hingga adonan tercampur dengan baik. Campur kelapa yang sudah diparut dan dikukus dengan garam.
  3. Siapkan cetakan dan olesi dengan sedikit minyak. Masukkan sambil ditekan kelapa parut di dasar cetakan, kemudian tuangkan adonan ke dalam cetakan. Parutan kelapa terlebih dulu, bukan adonannya.
  4. Masukkan adonan kuenya ke dalam panci pengukus yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup rapat panci pengukus, kukus selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah matang, angkat, keluarkan dari cetakan, dan kue putu ayu pun sudah siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Putu Ayu Tanpa Mixer

Ilustrasi Kue Putu Ayu © Diadona

Kamu ingin membuat kue putu ayu tapi terhalang tidak memiliki alat mixer? Jangan khawatir, kamu tetap bisa membuat kue putu yang menggugah selera ini. Berikut Diadona ulas resep selengkapnya cara membuat putu ayu tanpa mixer.

Bahan:
- 200 gram tepung terigu
- 175 gram gula pasir
- 2 butir telur
- 1/2 bungkus vanili
- 1/2 sdt SP
- 1/2 sdt baking powder
- 200 ml santan
- 1/2 butir kelapa parut
- Sejumput garam
- Minyak secukupnya untuk olesan cetakan
- 1 sdm tepung maizena/sagu
- Secukupnya pasta pandan

Cara membuat putu ayu tanpa mixer:

  1. Campur kelapa parut, sejumput garam dan tepung maizena/sagu lalu aduk rata dan kukus selama 15 menit, sisihkan.
  2. Dalam wadah campur telur, sp, gula pasir, dan vanili lalu kocok dengan wisk sampai kental berjejak dan agak kaku.
  3. Masukkan baking powder, tepung terigu sedikit-sedikit bergantian dengan santan, lakukan sampai habis, aduk rata dengan wisk, tambahkan pasta pandan dan aduk rata.
  4. Panaskan kukusan, lapisi tutup panci kukusan dengan serbet bersih. Siapkan cetakan putu ayu, olesi dengan minyak goreng, masukkan kelapa parut yang sudah dikukus dan tekan-tekan.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi dan diberi kelapa parut, isi 3/4 bagian cetakan. Kukus selama kiurang lebih 10-15 menit. Angkat dan keluarkan dari cetakan saat hangat.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Putu Ayu Praktis

Ilustrasi Kue Putu Ayu © Diadona

Secara umum cara membuat putu ayu sangatlah praktis, kamu hanya perlu membuat adonan dan dicetak dalam cetakan putu yang sebelumnya diberi parutan kelapa muda yang dikukus dengan sedikit garam. Langsung saja simak langsung resep cara membuat putu ayu praktis di bawah ini.

Bahan:
- 2 butir telur
- 170 gram terigu
- 1 sdt ovalet/sp
- 100 gram kelapa parut
- 200 ml santan
- Secukupnya pasta pandan
- 100 gram gula

Cara membuat putu ayu praktis:

  1. Gunakan stick blender dalam membuat kue ini, cukup 5 menit adonan sudah siap untuk dimasak. Blender telur, gula dan sp sampai putih kemudian masukan bahan lainya, blender lagi sekitar dua menit.
  2. Jika tidak ada stick blender, pakai mixer aja, prosesnya lebih lama dari 5 menit. Kocok telur, gula, sp sampai putih, masukan santan dan tepung, pasta pandan sedikit sedit sampai habis.
  3. Sediakan cetakan yang sudah diolesi dengan minyak, beri sejumput kelapa tekan tekan sampai padat lalu tuang adonan. Kukus dengan api sedang dengan uap banyak selama kurang lebih 15 menit.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Putu Ayu Tanpa Santan

Ilustrasi Kue Putu Ayu © Diadona

Secara umum, cara membuat putu ayu mengharuskan adanya bahan yaitu santan. Tapi, kamu tentunya juga bisa membuatnya tanpa bahan ini. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat putu ayu selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
- 1/2 butir kelapa parut campur dengan sedikit garam lalu kukus
- 2 butir telur
- 150 gram tepung terigu
- 150 gram gula pasir
- 1 sdt SP
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt garam halus
- 125 ml minyak goreng
- 2 sdt pandan pasta
- 1 sdt pandan oil

Cara membuat putu ayu tanpa santan:

  1. Tambahkan pandan pasta dan pandan oil lalu aduk hingga rata. Kurangi kecepatan mixer. Masukkan bahan kering seperti tepung terigu, vanili dan garam sedikit demi sedikit.
  2. Masukkan minyak goreng bergantian dengan bahan kering. Tambahkan pandan pasta dan pandan oil. Setelah tercampur rata, matikan mixer.
  3. Olesi cetakan dengan minyak goreng, lalu masukkan kelapa dan tekan-tekan dengan sendok agar kelapanya padat.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan. Kukus diatas langseng yang telah panas selama 15 menit. Keluarkan dari langseng dan siap dihidangkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus

Ilustrasi Kue Putu Ayu © Diadona

Putu ayu hangat yang dikukus dalam panci kukusan. Terbayang nggak bagaimana aropa sedap daun pandan menyatu dengan kelapa parutnya? Yap, langsung saja simak resep cara membuat putu ayu kukus di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram tepung terigu
- 200 gram kelapa muda parut
- 200 ml air santan
- 200 gram gula pasir
- 1 sdt SP
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili
- 4 lembar daun pandan
- 2 btr telur
- Secukupnya pasta pandan

Cara membuat putu ayu kukus:

  1. Kukus kelapa muda dengan sedikit garam kurang lebih selama 10 menit. Olesi cetakan dengan menggunakan minyak lalu masukkan kelapa parut sedikit ditekan-tekan.
  2. Buat adonan dengan masukkan gula, telur, SP, dan garam ke dalam mixer. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga warna berubah putih berjejak, lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan tambahkan air santan dan aduk rata.
  3. Masukkan adonan dalam cetakan yang berisi kelapa muda dan kukus selama 20 menit. Lakukan hingga semua adonan habis.

Nah, itulah beberapa resep mudah dan praktis cara emmbuat putu ayu yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bagaimana dengan kue putu ayu yang kamu makan selama ini?

Beri Komentar