5 Resep Cara Membuat Pie Susu Bali Tanpa Oven Rasa Coklat dan Keju Kukus Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 3 Maret 2020 21:20
5 Resep Cara Membuat Pie Susu Bali Tanpa Oven Rasa Coklat dan Keju Kukus Sederhana
Pie susu Bali yang lezat dengan anek topping coklat dan keju bisa kamu buat sendiri di rumah. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak tahu pie susu khas Pulau Dewata ini? Yap, jika kamu sedang liburan ke Bali, maka kamu wajib banget buat memborong olahan pie susu yang enak dengan tekstur renyah kulitnya dan lumer pada isian tengahnya dengan rasa manis yang legit. Gimana mau nolak, dong? Pasti ingin banget kan kamu menikmati olahan pie susu ini? Tapi, jauh banget nggak, sih? Masa demi pie susu harus segala pake acara ribet ke Bali? Ya kali kalau saat liburan? Ini pinginnya pas lagi musim sibuk-sibuknya kerja, nih! Hehe...

Tenang, kamu bisa banget membuat olahan pie susu sendiri di rumah yang tentunya mudah dan anti ribet. Dijamin, kamu bakal suka dan terus-terusan untuk membuatnya dan dapat disajikan untuk camilan keluarga tercinta di rumah. Penasarankan, bagaimana sih cara membuat pie susu yang enak, manis, dan legit? Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Pie Susu Bali

Ilustrasi Pie Susu Bali © Diadona

Cara membuat pie susu bali sangatlah mudah. Tanpa perlu kamu untuk pergi ke Bali, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan tepung terigu, susu, margarin, dan bahan lainnya. Selengkapnya, yuk langsung saja simak resep cara membuat pie susu Bali di bawah ini.

Bahan:
Bahan kulit:
- 200 gram tepung terigu
- 25 gram susu bubuk
- 100 gram margarin/mentega/mix keduanya
- Margarin/mentega bekukan dahulu dalam lemari es, bukan freezer
- 1 kuning telur
- 1 sdm air es

Bahan isi:
- 100 ml susu kental manis
- 100 ml susu UHT plain
- 2 kuning telur
- 1 sdm maizena

Cara membuat pie susu Bali:

  1. Buat terlebih dahulu isiannya dengan cara masukkan maizena dan sedikit air, aduk agar tidak bergelindir lalu masukkan telur dan SKM lalu tuang sisa air. Masukkan kulkas lalu buat kulitnya.
  2. Campur margarin, telur, gula halus aduk rata. Lalu masukkan tepung terigu. Ambil sebagian adonan lalu letakkan sambil ditekan ke cetakan pie.
  3. Tusuk-tusuk permukaan dengan garpu agar tidak menggembung saat dioven. Lalu tuang bahan isi secukupnya menggunakan sendok. Oven kurang lebih 20-30 menit dengan suhu 130-140°C atau sesuai oven masing-masing.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Pie Susu Tanpa Oven

Ilustrasi Pie Susu Tanpa Oven © Diadona

Cara membuat pie susu sangatlah sederhana. Jika kamu tidak memiliki alat pemanggang atau oven yang memadai, kamu bisa menggunakan teflon sederhana di rumah. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat pie susu tanpa oven berikut ini.

Bahan:
Bahan 1:
- 8 sdm tepung terigu
- 5 sdm margarin
- 2 sdm susu kental manis

Bahan 2:
- 10 sdm air
- 2 sdm tepung maizena
- 2 buah telur
- 20 sdm susu kental manis

Cara membuat pie susu tanpa oven:

  1. Campur semua Bahan 1, aduk hingga menjadi adonan yang mudah dibentuk. Setelah jadi, pipihkan dan ratakan di atas teflon membentuk roti pie dan tusuk tengah adonan menggunakan garpu agar adonan bagian tengah matang.
  2. Campur semua Bahan 2/vla pie. Aduk hingga rata, setelah tercampur masukan Bahan 2 ke atas Bahan 1. Jangan lupa saat menuang vla pie disaring, ya.
  3. Kemudian masak dengan api paling kecil dan tutup teflon. Tunggu hingga semua matang kira-kira 30 menit. Setelah matang angkat dan sajikan. Pie Susu praktis dan mudah siap disantap.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Pie Susu Ubi

Ilustrasi Pie Susu Ubi © Diadona

Banyak sekali jenis dan varian pie susu yang bisa kamu nikmati dan buat sendiri di rumah. Salah satunya adalah pie susu dengan menggunakan ubi sederhana. Nah, penasarankan bagaimana sih cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak resep cara membuat pie susu ubi berikut ini.

Bahan kulit:
- 250 gram tepung terigu, protein sedang
- 150 gram mentega
- 1 sdm gula halus
- 1 butir telur, kocok lepas
- Pasta vanilla

Bahan isi:
- 200 gram ubi kuning
- 100 ml air putih
- 10 gram maizena
- 2 butir kuning telur
- 150 ml susu cair

  1. Cara membuat pie susu ubi:
    Panaskan oven di suhu 160 derajat celsius. Buat kulit pie terlebih dahulu dengan mencampur bahan tepung, gula halus, mentega, telur dan pasta vanilla. Aduk dengan garpu hingga adonan menyatu.
  2. Gilas tipis melebar lalu cetak di cetakan pie hingga adonan habis. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu pada bagian dasarnya agar saat dipanggang tidak bergelembung. Kukus ubi kemudian lumatkan menggunakan garpu.
  3. Masukkan semua bahan pie susu ubi aduk menggunakan wisker. Tuang sedikit demi sedikit adonan ke kulit pie. Kemudian panggang selama 45 menit. Angkat dan hidangkan ketika sudah dingin.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Pie Susu Coklat

Ilustrasi Pie Susu Coklat © Diadona

Selain pie susu ubi, kamu juga bisa membuat olahan pie susu dengan bahan coklat sebagai topping utamanya. Nah, yuk langsung saja deh simak resep selengkapnya cara membuat pie susu coklat yang bisa kamu lihat resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
Kulit Pie:
- 250 gram tepung terigu
- 1 butir telur + 1 butir kuning telurnya saja
- 100 gram margarine

Toping:
- 160 gram susu kental manis coklat
- 100 ml air
- 2 kuning telur
- 2 1/2 sdm tepung maizena
- Secukupnya vanili

  1. Cara membuat pie susu coklat:

    Buat terlebih dahulu kulit pie dengan mencampurkan bahan terigu dan mentega, aduk sampai rata. Kemudian masukan telurnya dan uleni sampai kalis dan tidak menempel di wadah dan tangan kemudian sisihkan.
  2. Siapkan topingnya dengan cara larutkan tepung maizena denagn air. Campurkan semua bahan toping kecuali larutan maizena, kocok sebentar dengan mixer supaya tercampur rata. Kemudian tambahkan larutan tepung maizena di atas sambil terus dikocok sebentar sampai benar-benar tercampur rata.
  3. Siapkan loyang pie (ukuran diameter 22 cm) dan olesi seluruh permukaan loyang dengan margarine supaya kue tidak menempel. Masukkan adonan kulit pie dan ratakan dengan cara menekan-nekan adonan dengan tangan sampai semua permukaan loyang tertutup adonan kulit pie ini.
  4. Setelah selesai tusuk-tusuk adonan dengan garpu untuk mencegah adonan menggelembung pada saat di dalam oven. Tuangkan adonan topingnya di atas kulit pie, kemudian masukkan ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat selama 55 menit atau tergantung oven yang ada di rumah.
  5. Setelah kulit pie berwarna kuning kecoklatan dan toping sudah mengeras seperti agar-agar, tusuk sedikit bagian toping dengan tusuk gigi dan apabila sudah tidak ada lagi adonan yang menempel pada tusuk gigi artinya kue sudah matang dan boleh dikeluarkan dari oven, apabila masih ada adonan yang menempel pada tusuk gigi tsb boleh tambah 10-15 menit lagi supaya kue matang dengan sempurna.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Pie Susu Keju

Ilustrasi Pie Susu Keju © Diadona

Bahan keju juga bisa kamu buat sebagai menu topping pie susu yang manis dan legit. Selain manis, dengan tambahan keju kamu akan merasakan sensasi rasa asin dan gurih. Langsung saja deh simak resep cara membuat pie susu keju berikut ini. Dijamin mudah dan anti gagal.

Bahan kulit:
- 125 gram mentega
- 1-2 sdm gula halus
- 1/2 sdt garam
- 1 butir telur
- 250 gram terigu protein rendah

Bahan isi:
- 3 kuning telur
- 4 saset susu kental manis putih
- 100 ml susu cair + 25 ml air
- 1/2 sdt essens vanilla
- 1/2 sdt garam
- Keju parut secukupnya

Cara membuat pie susu keju:

  1. Campurkan semua bahan isian kecuali keju perut, aduk rata menggunakan whisk, kemudian saring. Campurkan semua bahan kulit aduk dan uleni sampai kalis. Bulatkan bungkus plastik lalu diamkan di kulkas selama 30 menit.
  2. Setelah 30 menit, gilas adonan melebar lalu potong-potong bulat sesuai cetakan, isi dan padatkan dalam cetakan sambil ditekan. Tusuk-tusuk dengan garpu bagian dasar kulit yang sudah tercetak agar tidk menggelembung saat dipanggang.
  3. Buat isi, campurkan semua bahan isian kecuali keju perut, aduk rata pakai whisk, kemudian saring. Masukkan adonan dalam kulit pie, lalu beri parutan keju sesuai selera.
  4. Panggang di oven yang sudah dipanaskan di suhu 160°C selama 20-25 menit atau sampai matang. Siap disajikan saat pie sudah dingin dalam suhu ruangan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat pie susu yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah dan menggunakan bahan sederhana. Pie susu enak, manis dan legit ini akan sangat cocok dinikmati dengan teh atau kopi hangat sebagai teman bersantai dan bercakap bersama keluarga tercinta di sore hari atau akhir pekan. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Beri Komentar