5 Resep Cara Membuat Perkedel Tahu Mie Sederhana dengan Kornet Special

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 3 Maret 2020 23:13
5 Resep Cara Membuat Perkedel Tahu Mie Sederhana dengan Kornet Special
Olahan perkedel tahu yang enak memang menjadi menu andalan sejuta umat. Simak resep selengkapnya berikut ini!

Perkedel merupakan salah satu menu yang menjadi pilihan lauk untuk keluarga tercinta. Selain alasan ekonomis, membuat perkedel sangatlah mudah dan sederhana. Banyak sekali jenis dan varian perkedel yang biasanya dimasak oleh kebanyakan ibu rumah tangga, sebut saja seperti perkedel jagung, kentang, dan yang paling sering dimasak adalah perkedel tahu.

Yap, bahan tahu memang sangat cocok dimasak untuk perkedel karena bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti kornet dan mie. Cara membuat perkedel tahu sangatlah mudah. Kamu wajib menyajikan olahan perkedel tahu yang enak dan ekonomis ini untuk keluarga. Dijamin, suami dan anak akan suka dengan kreasi perkedel tahu yang akan kamu buat kali ini. Tenang, nggak akan bosan kok membuat perkedel tahu ini, karena kamu bisa mengombinasiknnya dengan bahan kornet yang disukai anak-anak.

Yuk, daripada penasaran langsung saja simak resep cara membuat perkedel tahu yang mudah dan anti gagal yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Perkedel Tahu Sederhana

Ilustrasi Perkedel Tahu Sederhana © Diadona

Olahan perkedel memang menjadi salah satu lauk praktis dan sederhana yang bisa kamu sajikan sebagai menu sarapan di rumah. Cara membuat perkedel ini sangatlah sederhana. Dengan memanfaatkan tahu yang dihaluskan dengan tambahan bahan bumbu halus, kamu bisa langsung menggorengnya dengan campuran sedikit tepung terigu. Langsung saja simak resep cara membuat perkedel tahu sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 6 buah tahu
- 1 butir telur ayam
- Seledri secukupnya
- Pala secukupnya
- Garam secukupnya
- Lada secukupnya
- 2 siung bawang putih

Cara membuat perkedel tahu sederhana:

  1. Hancurkan tahu, kupas bawang putih dan rajang halus. Seledri dirajang halus, campur tahu, bubuk pala, lada, garam, bawang putih, seledri dan aduk hingga merata.
  2. Masukkan kuning telur dan aduk lagi. Buat bulatan pipih dan lumuri dengan putih telur. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan dan tiriskan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Perkedel Tahu Special

Ilustrasi Perkedel Tahu Special © Diadona

Kamu bisa juga membuat perkedel tahu special dengan tambahan campuran bahan ayam fillet yang disukai anak-anak. Dijamin, menu makan perkedel tahu kamu kali ini akan disukai seluruh anggota keluarga dan akan disantapnya tanpa sisa. Langsung saja dari pada penasaran, simak langsung resep cara membuat perkedel tahu special dengan ayam fillet berikut ini.

Bahan:
- 1 plastik tahu putih
- 50 gram fillet dada ayam, cincang
- 50 gram udang kupas, cincang
- 3 siung bawang putih
- 1/4 sdt ketumbar
- 1 sdt kaldu jamur
- 3 sdm tepung bumbu serbaguna
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 1 butir telur ayam

Cara membuat perkedel tahu special:

  1. Hancurkan tahu tapi jangan terlalu halus. Campurkan ayam dan udang cincang. Uleg bawang putih dan ketumbar sampai halus, kemudian campurkan dengan tahu tadi.
  2. Campurkan semua bahan. Olah berbentuk bulat atau sesuai selera. Goreng dengan minyak panas api sedang.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Perkedel Tahu Mie

Ilustrasi Perkedel Tahu Mie © Diadona

Selain dengan bahan campuran ayam fillet, kamu juga bisa membuat perkedel tahu menggunakan mie instan yang direbus terlebih dahulu. Jangan lupa, masukkan sekaliann bumbu mienya agar rasanya semakin mantap. Simak langsung resep cara membuat perkedel tahu mie di bawah ini.

Bahan:
- 1 pak tahu putih
- 1 buah sarimi duo goreng beserta bumbunya
- 40 gram tepung bumbu sasa ayam crispy
- 2 butir telur ayam
- Lada bubuk secukupnya
- secukupnya Garam
- secukupnya Air untuk merebus mi

Cara membuat perkedel tahu mie:

  1. Bersihkan tahu sampai bersih. Panaskan air hingga mendidih. Remas sarimi duo, masukkan ke dalam air yang mendidih hingga matang, angkat dam tiriskan. Campur semua bahan hingga menjadi adonan.
  2. Panaskan minyak, ambil sesendok demi sesendok adonan, goreng dengan api sedang hingga matang, angkat dan tiriskan. Siap di sajikan, lebih enak dengan saus sambal.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Perkedel Tahu Kornet

Ilustrasi Perkedel Tahu Kornet © Diadona

Nah, kornet yang enak dan disukai semua kalangan ini juga bisa menjadi salah satu bahan campuran membaut perkedel tahu. Cara membuat perkedel tahu kornet sangatlah mudah, kok. Dengan adonan bahan tahu yang dihancurkan, kornet, daun bawang, telur, tepung dan bumbu halus yang digoreng, kamu bisa langsung menikmati lezatnya perkedel tahu dengan bahan campuran kornet lezat. Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat perkedel tahu berikut ini.

Bahan:
- 3 buah tahu ukuran besar
- 1 bungkus kornet pronas
- 2 helai bawang daun
- 1 butir telur
- 2 sdm tepung terigu

Bumbu halus:
- 2 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 3 butir merica
- 1 sdt garam

Cara membuat perkedel tahu kornet:

Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Lalu masukkan tahu ke dalam cobek kemudian aduk rata. Masukan ke dalam wadah, lalu beri terigu, telur, daun bawang dan kornet. Siapkan minyak dan goreng hingga kuning kecoklatan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Perkedel Singkong Tahu Campur

Ilustrasi Perkedel Tahu Singkong © Diadona

Perkedel tahu yang enak dan mudah dibuat ini juga bisa menggunakan campuran singkong sederhana. Cukup campurkan tahu yang sebelumnya dihancurkan dengan parutan singkong yang diperas airnya dan dibumbui bumbu halus. Berikut, simak resep selengkapnya cara membuat perkedel tahu singkong.

Bahan:
- 300 gram singkong parut, saring dengan kain dan buang airnya
- 1 batang daun bawang, iris tipis
- Secukupnya minyak goreng, untuk menggoreng

Bumbu halus:
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt jintan sekiranya, sangrai
- 1/2 sdt ketumbar butiran, sangrai
- 1/2 sdt garam
- 1 cm kunyit
- 1 cm kencur
- 2 lembar daun jeruk purut

Cara membuat perkedel tahu singkong campur:

  1. Campur parutan singkong bersama dengan bahan-bahan dan bumbu halus. Aduk adonan sampai merata.
  2. Ambil 1 sendok makan adonan, lalu goreng dalam minyak panas. Setelah terlihat matang dan berubah warna, angkat lalu tiriskan.

Nah, itulah bberapa resep cara membuat perkedel tahu dengan bahan campuran tepung terigu, ayam fillet, mie, kornet dan singkong sederhana. Dijamin praktis dan anti gagal! Bagaimana, tertarik membuatnya?

Beri Komentar