5 Resep Cara Membuat Manisan Mangga, Pepaya, Salak, Kedondong dan Mangga Kering

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 24 April 2020 20:33
5 Resep Cara Membuat Manisan Mangga, Pepaya, Salak, Kedondong dan Mangga Kering
Manisan buah manis, asam, dan pedas yang menyegarkan sangat cocok dijadikan menu camilan dan penghilang dahaga. Simak resep selengkapnya berikut ini.

Manisan buah merupakan salah satu hidangan makanan yang dibuat dengan cara direndam dengan larutan gula selama beberapa saat. Nah, manisan buah ini merupakan salah satu cara pengawetan makanan. Cara merendam ini akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan airnya berkurang. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan bakteri perusak makanan sehingga buah akan bisa bertahan lebih lama.

Ada beberapa buah yang bisa diolah menjadi manisan, diantaranya adalah mangga, kedondong, pepaya, dan salak. Biasanya, buah yang bisa dijadikan olahan manisan ini adalah buah dengan tektur padat dan keras. Yuk Moms buat sendiri olahan manisan buah ini dengan melitah resep cara membuat manisan buah yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Manisan Mangga

Ilustrasi Manisan Mangga © Diadona

Manisan mangga merupakan salah satu manisan buah yang paling banyak disukai karena memiliki rasa manis dan asam yang khas. Manisan mangga ini akan semakin enak dan segar saat dinikmati dalam keadaan dingin. Moms tentunya bisa membuat olahan manisan ini di rumah dengan mudah. Selengkapnya, simak resep cara membuat manisan mangga berikut ini.

Bahan:
- 750 gram mangga muda
- 250 gram gula pasir
- 1 sdm garam
- Cabe rawit merah sesuai selera
- 500 cc air
- Setetes pewarna kuning
- 1/2 sdt kapur sirih larutkan dengan air secukupnya untuk merendam irisan mangga

Cara membuat manisan mangga:

a. Kupas buah mangga, potong sesuai selera dan rendam menggunakan air kapur sirih selama 30 menit. Bilas dan Cuci bersih lalu tiriskan.

b. Masak air dan gula pasir, masukkan garam, pewarna kuning dan ulekan cabe rawit hingga mendidih.

c. Langsung tuang ke dalam wadah berisi irisan mangga, aduk rata. Dinginkam dulu pada suhu ruang, baru simpan ke dalam kulkas agar lebih meresap dan segar.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Manisan Pepaya

Ilustrasi Manisan Pepaya Basah © Diadona

Selanjutnya, Moms juga bisa membuat manisan buah dengan bahan pepaya sederhana. Tekstur pepaya yang padat dan kres ini bisa banget dijadikan manisan buah yang enak Moms. Yuk langsung saja simak resep cara membuat manisan buah pepaya berikut ini.

Bahan:
- 3 kg pepaya mengkal
- 1 kg gula pasir
- 2 sendok teh sitrun
- 50 mg kapur sirih

Cara membuat manisan pepaya:

a. Kupas pepaya, iris tipis meggunakan pisau hias. Rendam di air kapur sirih hingga permukaan pepaya terendam semua. Biarkan selama 12 jam. Cuci pepaya hingga bersih dan tiriskan.

b. Campurkan pepaya dan gula di dalam wajan, aduk-aduk hingga rata. Masak sambil terus diaduk. Masukkan juga sitrun sambil diaduk rata.

c. Aduk terus hingga kering airnya, kemudian angkat pepaya dan biarkan dingin. Setelah selesai masukan ke dalam toples. Simapn manisan pepaya dalam kulkas agar tahan lama.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Manisan Salak

Ilustrasi Buah Salak © Diadona

Nggak berbeda dari buah bertektur padat dan kres lainnya, salak juga bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi manisan buah yang lezat dan segar. Perpaduan rasa manis dan pedas juga asam dari buah salah ini sangat cocok dinikmati sebagai menu camilan. Yuk simak resep cara membuat manisan salah berikut ini.

Baha
- 250 gram salak
- 2 buah cabai merah besar
- 10 buah cabai rawit
- 3 buah jeruk lemon/nipis
- 2 buah jeruk sambal
- 3 sdm gula
- 1 sdt garam
- 100 ml air

Cara membuat manisan salak:

a. Kupas salak dan buang isinya. Potong sesuai selera. Cuci salak dan taruh dalam wadah atau yempattertutup.

b. Iris tipis cabe merah besar dan cabai rawit. Masukkan ke dalam wadah. Peras jeruk lemon/nipis. Masukkan air hasil perasan ke tempat salak.

c. Tambahkan potongan jeruk sambal, gula, garam, dan air. Kocok wadah dan masukkan ke dalam kulkas selama 2 jam. Manisan salak siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Manisan Kedondong

Ilustrasi Buah Kedondong © Diadona

Selain salak, Moms juga bisa membuat olahan manisan buah dengan bahan kedondong. Yap, buah yang bertektur padat dan keras ini sangat cocok diolah karena rasanya yang manis dan asam. Simak resep selengkapnya cara membuat manisan kedondong berikut ini.

Bahan:
- 1 kg kedondong kupas bagi menjadi empat
- 400 gram gula pasir
- 2 liter air
- 1 sdt asam citrit
- 1 sdt garam
- Pewarna makanan hijau/kuning

Cara membuat manisan kedondong:

a. Potongan kedondong dan rendam dalam kapur sirih selama 2 jam. Cuci bersih dengan air mengalir dan sisihkan.

b. Rebus air, gula, garam dan pewarna hingga mendidih. Masukkan kedondong dan matikan api. Tambahkan asam citrit.

c. Koreksi rasa sesuai selera. Simpan manisan ke dalam botol kaca setelah dingin masukkan ke dalam kulkas.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Manisan Mangga Kering

Ilustrasi Manisan Mangga Kering © Diadona

Sajian manisan mangga kali ini adalah diolah dengan varian kering. Taburan gula pada luarannya membuat olahan manisan ini semakin nikmat. Manisan mangga kering ini juga mampu bertahan lebih lama dari pada manisan buah mangga basah. Simak resep selengkapnya cara membuat manisan magga kering berikut ini.

Bahan:
- 9 buah mangga muda
- 2 sdm garam
- 8 sdm gula

Cara membuat manisan mangga kering:

a. Kupas mangga lalu potong memanjang. Taburi dengan garam lalu remas hingga layu dan keluar airnya.
    
b. Cuci bersih, peras agar garam dan air hilang, beri gula dan kocok hingga rata. Masukkan dalam kulkas.

c. Jemur di terik mata hari selama 1 hari atau sampai kering lalu beri taburan gula.

Moms, itulah beberapa resep cara membuat manisan buah yang bisa dibuat sendiri di rumah sebagai salah satu camilan yang menyegarkan. Perpaduan rasa manis, asam dan pedas manisan ini cocok dinikmati sebagai camilan di rumah. Yuk Moms, segera persiapkan bahan-bahannya, ya. Selamat berkreasi!

Beri Komentar