5 Resep Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah, Gula Putih, Pandan yang Berserat, Enak dan Empuk

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 2 Maret 2020 21:53
5 Resep Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah, Gula Putih, Pandan yang Berserat, Enak dan Empuk
Kue cucur atau kucur bisa menjadi salah satu menu camilan manis keluarga. Kue ini bisa disajikan dengan teh hangat yang nikmat. Yuk, berkreasi dengan menu kue cucur berikut ini!

Akhir pekan yang menyenangkan dapat kamu habiskan dengan berkumpul dan menikmati waktu nge-time bersama keluarga tercinta. Terbayang dong, bagaimana lelahnya ibarat jungkir balik kamu menghabiskan waktu pada weekday dengan bekerja keras untuk mengejar 'cuan'? Nah, pada weekend kamu dapat bersantai ria dengan keluarga yang tentunya tak lupa dengan hidangan yang menemani waktu bersantaimu.

Salah satu menu yang bisa kamu hidangkan adalah kue cucur manis yang dengan teh hangat yang nikmat. Apalagi kalau didukung dengan suasana sore yang hujan rintik? Wah, cocok pula dengan suasana hangat bercengkreama dengan keluarga untuk mengusir lelah dan penat. Kamu tentunya bisa membuat olahan kue cucur sederhana di rumah yang tentunya mudah dan anti gagal. Yuk, berkreasi dengan resep cara membuat kue cucur yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Kue Cucur yang Enak dan Empuk

Ilustrasi Kue Cucur Empuk © Diadona

Siapa sih yang nggak mau membuat kue cucur yang enak dengan tekstur empuk sendiri di rumah? Tentunya kamu pasti akan sangat senang sekali jika kamu mencoba membuat olahan kue cucur dan pada percobaan pertama, kamu berhasil untuk mempraktikkannya. Yap, kamu memang bisa membuatnya dengan resep cara membuat kue cucur mudah, enak dan empuk berikut ini.

Bahan:
- 10 sdm tepung beras
- 8 sdm tepung terigu, segitiga biru
- 1/2 sdt garam

Bahan basah:
- 300 ml air
- 3 batu gula merah
- 1 sdt vanilli

Cara membuat kue cucur yang enak dan lembut:

  1. Rebus air, gula merah, dan vanilli tunggu hingga larut. Cek dengan aduk kalau sudah larut angkat dan saring. Tunggu hingga suam kuku. Campur bahan kering dan aduk hingga rata menggunakan whisker lalu masukkan bahan cair sedikit demi sedikit sambik diaduk. Diamkan selama kurleb 2 jam.
  2. Siapkan minyak perkiraan hingga terrendam adonan yang akan dimasukkan sesuaikan dengan takaran adonan/cetakan kue talam dan dengan api kecil. Biarkan hingga pinggiran berserat lalu siram-siram tengah adonan dengan minyak yang ada di pinggiran adonan.
  3. Tusuk tengah adonan dengan tusuk sate/sumpit. Setelah matang tusuk lagi tengahnya, tiriskan di pinggiran wajan (menggantung) setelah tiris pindahkan (sambil masukkan adonan berikutnya). Lanjutkan hingga adonan habis.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah

Ilustrasi Kue Cucur Gula Merah © Diadona

Kue cucur yang manis dan gurih dari gula merah ini juga salah satu varian kue cucur yang wajib untuk kamu buat sendiri di rumah. Cara membuatnya pun cukup sederhana, kok. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kue cucur gula merah di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram gula merah
- 420 ml air
- 200 gram tepung terigu
- 100 gram tepung beras
- 1/4 sdt garam
- 2 lembar daun pandan

Cara membuat kue cucur gula merah:

  1. Rebus gula merah, air dan daun pandan sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan api. Saring larutan gula dan diamkan sampai hangat kuku. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam. Aduk sampai rata.
  2. Masukan larutan gula ke dalam campuran tepung. Aduk perlahan sampai adonan rata dan halus (bisa menggunakan whisk atau mixer dengan kecepatan tinggi selama 2-3 menitan). Diamkan adonan di suhu ruang kurang lebih 30 menit, lebih lama lebih bagus.
  3. Siapkan minyak kurang lebih 7-8 sdm, panaskan dalam wajan yang cekung. Masukan 1 sendok sayur adonan dalam minyak yang sudah panas. Siram adonan dengan minyaknya sampai seratnya keluar, adonan kue cucur tidak usah dibalik, cukup disiram dengan minyak saja. Tusuk bagian tengah kue cucur dengan lidi, kalau adonan tidak ada yang menempel di lidi itu tandanya sudah matang. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Kue Cucur Berserat

Ilustrasi Kue Cucur Berserat © Diadona

Kue cucur yang enak dan berserat menjadi salah satu patokan jika kamu memang berhasil untuk membuatnya. Yap, memang cukup mudah kok untuk membuat kue cucur ini. Hanya dengan bahan gula yang dimasak lalu ditambah beberapa tepung dan digoreng sederhana. Langsung saja simak resep cara membuat kue cucur berserat berikut ini.

Bahan:
- 400 ml air
- 200 gram gula merah asli
- 1 lembar daun pandan
- 200 gram tepung terigu
- 100 gram tepung beras
- 1/2 sdt garam

Cara membuat kue cucur berserat:

  1. Rebus air, gula merah, dan daun pandan sampai mendidih (saring) sisihkan sampai agak sedikit dingin. Campur tepung terigu, tepung beras dan garam. Setelah rebusan gula agak dingin tuang ke campuran tepung sedikit demi sedikit. Kemudian mixer 5 menit dan diamkan 30menit/1jam.
  2. Untuk menggoreng cucur, siapkan wajan cekung dan panaskan minyak sedikit saja. Tuang 1 centong adonan dan goreng sebentar saja tidak perlu membalik cucur karena dengan sendirinya adonan akan membentuk serat sampai ke tengah adonan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Kue Cucur Pandan

Ilustrasi Kue Cucur Pandan © Diadona

Pastinya akan sangat menggoda jika kamu membuat olahan kue cucur berwarnba hijau yang sejahtera. Yap, campuran hijau pasta pandan ini bisa kamu tambahkan pada adonana kue cucur. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kue cucur pandan berikut ini.

Bahan:
- 1 gelas belimbing tepung beras
- 1 1/2 gelas tepung terigu
- 5 sdm gula pasir, atau sesuai selera
- Vanili bubuk secukupnya
- Pasta pandan secukupnya
- Air secukupnya, untuk melarutkan gula

Cara membuat kue cucur pandan:

  1. Rebus air, gula pasir, dan 1 lembar daun pandan sampai gula larut. Angkat lalu dinginkan. Campur duo tepung dan vanili di wadah terpisah. Kemudian masukkan air gula yang sudah didinginkan sambil disaring.
  2. Tambahkan pasta pandan secukupnya ke dalam adonan. Aduk mengguanakan whisk hingga adonan licin dan tidak bergerindil. Adonannya jangan encer dan janagn kental, dan diamkan kira-kira 1-2 jam.
  3. Siapkan wajan cekung kemudian panaskan minyak goreng sedikit aja. Tunggu sampai minyak panas lalu masukkan adonan 1 sendok sayur kemudian kecilkan api sambil siram-siram adonannya dengan minyak. Setelah matang angkat dan tiriskan. Cucur pandan siap dihidangkan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Kue Cucur Gula Putih

Ilustrasi Kue Cucur Gula Putih © Diadona

Selain menggunakan gula merah, kamu juga bisa membuat olahan kue cucur dengan gula putih. Cara membuat kue cucur varian ini juga sangatlah mudah, kok. Penasarankan, bagaimana sih cara membuat kue cucur dengan gula putih? Langsung saja simak resepnya di bawah ini.

Bahan:
- 100 gram terigu, segitiga biru
- 125 gram tepung beras, rose brand
- 300 ml air
- 10 sendok gula pasir, sesuai selera
- 1/2 sdt garam
- Minyak goreng secukupnya
(Tambahkan daun pandan pada rebusan air gula bila ada)

Cara membuat kue cucur gula putih:

  1. Rebus air, gula dan garam hingga mendidih. Sisihkan, tunggu air gula dingin. Campurkan bahan kering seperti tepung terigu dan tepung beras. Campurkan air rebusan gula dan campuran bahan kering. Kocok dengan tangan atau mixer 5-10 menit hingga semua bahan tercampur rata dan tidak bergerindil.
  2. Setelah adonan siap, diamkan kurang lebih 1 jam, bila perlu tutup dengan plastik atau kain. Setelah diistirahatkan adonan siap dimasak, cek lagi agar adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental kemudian masak dengan minyak secukupnya jangan terlalu banyak, tuang adonan sedikit demi sedikit dengan sendok sayur, masak dengan api sedang.

Itulah beberapa resep mudah dan anti gagal cara membuat kue cucur yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kue cucur memang cocok menjadi camilan lezat yang ekonomis dan simple untuk keluarga tercinta di rumah. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

Beri Komentar