5 Resep Cara Membuat Cheese Cake Lumer Rasa Oreo Kukus Sederhana dan Tanpa Oven

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 21 Januari 2020 21:45
5 Resep Cara Membuat Cheese Cake Lumer Rasa Oreo Kukus Sederhana dan Tanpa Oven
Rasa lembut dan manis dari olahan satu ini tidak bisa untuk ditolak begitu saja. Yap, cheese cake merupakan menu wajib yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk simak resepnya di bawah ini.

Apakah kamu termasuk pecinta kudapan manis dan lembut? Yap, salah satu menu wajib yang bisa kamu coba adalah cheese cake. Rasa lumer di lidah juga lembut menggoda menjadikan olahan ini primadona penikmat kuliner cake.

Jika biasanya kamu membeli cheese cake di kedai atau toko roti, maka kamu wajib mencoba membuat cheese cake di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep cara membuat cheese cake yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Cheese Cake Lumer

Ilustrasi Cheese Cake © Diadona

Terbanyang nggak bagaimana nikmat lumer olahan ini ketika masuk lidah? Yap, kamu tentunya bisa membuat cheese cake lumer sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat cheese cake di bawah ini. 

Bahan:

- 100 gram keju parut
- 300 ml air
- 2 sdm gula pasir
- 2 sachet SKM (susu kental manis)
- 2 sdm tepung maizena lalu di larutkan dengan 50 ml air
- 1 bungkus santan kara ukuran 65 ml
- 1 sachet susu bubuk putih
- 1 sachet susu Real Good rasa cream cheese yang 150 ml (atau bisa diganti dengan cheese melt)
- 1/2 sdt garam
- Kepingan oreo di hancurkan / bolu / selai stroberi untuk selang seling pada adonan nanti

Cara membuat cheese cake lumer:

  1. Campurkan semua bahan kecuali tepung maizena, lalu rebus dan didihkan di atas api kecil, sambil adonan terus diaduk-aduk. Ketika adonan menjelang mendidih, segera masukkan tepung maizena secara bertahap sambil terus diaduk dengan cepat.
  2. Apabila adonan sudah mulai terlihat mengental dan ada letupan-letupan, segera matikan api dan diamkan adonan hingga dingin. Setelah adonan dingin atau uapnya hilang masukkan ke dalam cup atau gelas dan buat seperti lapisan yang berselang antara adonan cheese dengan bubuk biskuit oreo atau bahan yang lain dan bisa disesuaikan dengan selera.
  3. Terakhir, kasih topping dengan parutan keju atau bahan yang lain sesuai selera, kemudian masukkan ke dalam lemari es bukan freezer dan biarkan sampai dingin.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Cheese Cake Oreo

Ilustrasi Cheese Cake © Diadona

Olahan cheese cake juga bisa kamu buat dengan bahan tambahn oreo loh. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep selengkapnya dalam cara membuat cheese cake oreo di bawah ini. 

Bahan:

- 10 keping oreo, pisahkan dengan gula putihnya
- 75 gr keju parut
- 2 sdm kental manis putih
- 2 sdm susu bubuk putih
- 3 sdm gula halus/bubuk
- 500 ml air

Bahan pelarut:

- 5 sdm tepung maizena
- 6 sdm air

Cara membuat cheese cake oreo:

  1. Tumbuk oreo bagian hitamnya hingga hancur dan cukup halus. Masak air hingga mendidih, masukkan gula putih dari oreo, keju parut, kental manis, susu bubuk dan gula halus, aduk rata.
  2. Jika sudah mendidih, tuangkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga mengental dan jadi krim. Siapkan wadah, tuang krim, tabur oreo halus di bagian dasar sedikit, tuang krim, taburi lagi dengan oreo halus di bagian atasnya ketika sudah memadat. Masukkan kulkas hingga membeku.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Cheese Cake Kukus

Ilustrasi Cheese Cake © Diadona

Cheese cake akan terasa lebih nikmat jika kamu membuatnya dengan cara di kukus. Yuk langsung saja simak resep cara membuat cheese cake di bawah ini.

Bahan:

- 125 gram tepung terigu
- 125 gram gula pasir
- 100 gram margarin
- 3 butir telur ayam (suhu ruang)
- 1 sdt emulsifier (SP/ovalet/TBM)
- 1 sachet susu kental manis
- 1 sachet susu bubuk
- 75 gram kedu cheddar parut

Cara membuat cheese cake kukus:

  1. Lelehkan margarin bersama keju cheddar parut, aduk sampai rata. Sisihkan. Gula, telur dan emulsifier di-mixer sampai kaku, putih dan berjejak.
  2. Tambahkan terigu, susu bubuk, dan susu kental manis. Aduk dengan teknik aduk balik. Masukkan margarin dan keju yang sudah dilelehkan, aduk balik sampai tercampur rata.
  3. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin, masukkan adonan. Panaskan dulu kukusan. Kukus sekitar 30 menit, lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangannya.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Cheese Cake Tanpa Oven

Ilustrasi Cheese Cake © Diadona

Jika kamu ingin membuat cheese cake tapi tidak ada oven, maka kamu harus melihat resep di bvawah ini. Yuk simak resep cara membuat cheese cake tanpa oven.

 

Bahan:

- 80 gr cream cheese (yang blok ya, bukan yang agak cair)
- 100 ml heavy cream
- 60 g susu kental manis
- 2 sendok makan susu cair
- 1 sendok teh lemon jus
- 6 buah oreo, buang fillingnya, hancurkan hingga halus

Cara membuat cheese cake tanpa oven:

  1. Masukkan cream cheese ke dalam mangkuk besar, haluskan menggunakan balon whisk. Tuang susu cair sedikit demi sedikit ke dalam cream cheese, dengan tidak berhenti mengaduk, hingga adonan lembut tidak menggumpal.
  2. Jangan lupa masukkan susu kental manis, aduk hingga merata. Tuang heavy cream sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, kemudian masukan lemon jus. Aduk terus menggunakan balon whisk hingga adonan mengental atau mengembang.
  3. Kemudian masukkan 1 sendok makan oreo bubuk dan aduk hingga merata. Sediakan gelas bening, masukkan sisa bubuk oreo ke dalam dasar gelas, tekan dengan sendok agar bubuk menjadi padat.
  4. Masukkan adonan cheese cake ke dalam gelas menggunakan sendok, isi hingga ¾ gelas. Dinginkan di dalam kulkas selama 1 jam, kemudian garnish dengan bubuk oreo, daun mint (kalau ada), dan berries jika akan disantap. Nyam!

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Cheese Cake Sederhana

Ilustrasi Cheese Cake © Diadona

Bahan:

- 250 ml susu full cream
- 100 gram gula pasir
- 5 lembar roti tawar kupas, sobek-sobek
- 1 butir telur
- 1 buah keju cheddar, parut
- 1 sachet agar-agar tanpa warna
- 1 sdt perasan jeruk lemon
- 1/4 sdt vanila bubuk
- Margarin sebagai olesan
- Selai sesuai selera (bisa strawberry, nanas, blueberry atau cokelat)

Cara membuat cheese cake sederhana:

  1. Blender semua bahan hingga halus dan tercampur jadi satu hingga jadi adonan kental. Tuangkan ke dalam wadah yang sudah dioles margarin. Kukus selama 30 menit.
  2. Diamkan hingga uap panasnya hilang dan dingin. Masukkan ke dalam kulkas kurang lebih satu jam. Lebih lama juga tidak masalah. Keluarkan ketika sudah padat dan dingin. Oleskan selai sebagai topping sesuai selera. Jadi deh. Cheesecake bisa dipotong dan dinikmati.

Nah sudah tahu kan bagaimana cara membuat cheese cake yang lumer, enak dan manis menggoda ini. Kamu lebih suka cheese cake yang diolah seperti apa? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar