5 Manfaat Tahu Putih Buat Kesehatan dan Ide Olahan Lezat Bagi yang Diet Vegan

Reporter : Wuri Anggarini
Senin, 24 Februari 2020 11:50
5 Manfaat Tahu Putih Buat Kesehatan dan Ide Olahan Lezat Bagi yang Diet Vegan
Yuk, ulik satu per satu!

Demi menjaga kesehatan, apa pun rela dilakukan, termasuk mengubah pola makan. Jika awalnya terbiasa dengan makanan berbahan daging yang tinggi lemak dan kalori, nggak sedikit yang mulai menjajal diet vegan dengan mengonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian. Untungnya, tinggal di Indonesia membuatmu lebih terbiasa dengan berbagai menu bebas daging, salah satunya dengan mengandalkan manfaat tahu putih untuk kesehatan.

Saudara akur tempe ini terbuat dari sari kedelai kental yang diproses menjadi bentuk balok putih yang cukup padat. Disebut mirip dengan pembuatan keju, produk yang berasal dari daratan Cina ini disebut-sebut ditemukan lebih dari 2000 tahun yang lalu. Rumornya, koki Cina nggak sengaja mencampur susu kedelai segar dengan nigari, sisa ekstraksi garam dari air laut. Inilah bahan kaya mineral yang membantu tahu memadat dan meningkatkan nilai gizi dari sari kedelai.

Tahu dibawa ke Jepang pada abad ke-8 dengan nama okabe dan mulai dikenal negara-negara barat sejak tahun 60an karena dianggap membawa banyak manfaat. Apa saja manfaat tahu putih untuk kesehatan? Yuk, ulik satu per satu!

1 dari 9 halaman

Kaya nutrisi

5 Manfaat Tahu Putih Buat Kesehatan dan Ide Olahan Lezat Bagi yang Diet Vegan © Diadona

Manfaat tahu putih yang paling utama adalah nutrisinya. Dikenal sebagai sumber protein yang baik, tahu mengandung sembilan asam amino esensial. Dalam satu porsi tahu atau sekitar 100 gram, terdapat 8 gram protein dan total 70 kalori menjadikan tahu sering dipilih sebagai makanan penggiat diet.

Namun, seperti kebanyakan makanan nabati, tahu mengandung antinutrien yang dapat menghambat enzim untuk mencerna protein serta phytates yang mengurangi penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi. Namun tak perlu khawatir karena merendam atau memasak produk berbahan kedelai ini dapat menonaktifkan dan menghilangkan antinutrien ini.

2 dari 9 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Banyak penelitian menunjukkan jika asupan kacang-kacangan yang tinggi, termasuk kedelai, terkait dengan rendahnya risiko terkena penyakit jantung. Selain itu isoflavon kedelai juga dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah yang dapat mencegah jantung koroner dan stroke. Saponin di dalam tahu juga diduga memiliki efek perlindungan terhadap kesehatan jantung.

3 dari 9 halaman

Menurunkan Risiko Kanker

5 Manfaat Tahu Putih Buat Kesehatan dan Ide Olahan Lezat Bagi yang Diet Vegan © Diadona

Manfaat tahu putih lainnya yang cukup penting untuk menjaga kesehatan adalah menurunkan risiko kanker payudara, prostat maupun sistem pencernaan. Penelitian menunjukkan jika perempuan yang memakan olahan kedelai minimal seminggu sekali menurunkan risiko kanker payudara sekitar 50 persen lebih rendah. Efek ini diduga berasal dari isoflavon yang terbukti mampu mempengaruhi kadar estrogen dalam darah.

Selain itu, asupan tahu yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kanker lambung yang lebih rendah 60 persen dari mereka yang jarang mengonsumsi tahu. Terakhir, kanker prostat yang menyerang pria pun bisa lebih rendah 50persen berkat kandungan isoflavon yang ada dalam olahan kedelai.

4 dari 9 halaman

Manfaat Lain Tahu Putih

Beberapa penelitian baru-baru ini menunjukkan manfaat tahu putih dalam mengendalikan gula darah. Tiap 100 mg isoflavon kedelai per hari mampu mengurangi kadar gula darah sebesar 15% dan kadar insulin sebesar 23%. Selain dapat menekan risiko terkena penyakit diabetes, tahu memberikan efek baik buat kesehatan, seperti kandungan kalsium yang dapat menjaga tulang tetap sehat dan terhindari dari osteoporosis.

Sedangkan isoflavon dalam kedelai dapat memberikan pengaruh positif pada memori dan fungsi otak, terutama untuk perempuan yang telah mencapai usia lanjut. Bukan hanya dapat mengurangi kepikunan yang sering melanda manula, konsumsi produk kedelai seperti tahu putih juga dipercaya mampu mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain menjaga kulit tetap awet muda, manfaat tahu putih bagi kecantikan juga terlihat dari pertumbuhan rambut yang tebal dan bebas rontok. Pasalnya, tahu merupakan sumber protein dan sarat dengan keratin yang mendorong pertumbuhan rambut.

5 dari 9 halaman

Penyimpanan Tahu Putih

5 Manfaat Tahu Putih Buat Kesehatan dan Ide Olahan Lezat Bagi yang Diet Vegan © Diadona

Melihat banyaknya manfaat tahu putih, rasanya ingin membelinya dalam jumlah besar dan menyimpannya dalam lemari pendingin. Agar tetap awet, tahu putih yang baru saja dibeli perlu dibilas dan disimpan dalam wadah dengan air yang dituang hingga menutupi permukaan tahu.

Agar tahu putih tetap segar selama satu minggu, asal sering mengganti airnya. Uniknya, tahu putih juga bisa disimpan di freezer. Caranya, tiriskan cairan dan bungkus dalam kantong kedap udara atau wadah tertutup lalu simpan tahu putih dalam freezer selama empat hingga enam bulan. Tapi buang tahu jika mengeluarkan bau tak sedap, berjamur, atau mengalami perubahan tekstur.

6 dari 9 halaman

Cara Memasak Tahu Putih

Tahu putih memiliki rasa yang tawar dan mudah menyerap citarasa dari bumbu yang diberikan saat diolah. Cara memasaknya pun beragam, mulai dari sekadar dipotong, dikukus atau dipanggang. Temukan berbagai resep unik dan kekinian berbahan dasar tahu putih yang nggak akan bikin bosan.

7 dari 9 halaman

Bibimbap dengan Sayuran dan Bulgogi Tahu

5 Manfaat Tahu Putih Buat Kesehatan dan Ide Olahan Lezat Bagi yang Diet Vegan © Diadona

Siapa yang doyan menyantap hidangan Korea yang paling populer ini? Biasanya bibimbap dibuat dengan daging, tapi kini bikin resep ini lebih vegan-friendly dengan menambahkan tahu putih. Untuk membuat tahu bulgogi, pertama campurkan bawang putih, kecap, sirup maple, apel atau pir, minyak wijen, daun bawang, merica dan mirin dalam mangkuk besar lalu aduk rata. Tambahkan potongan tahu dan aduk perlahan hingga rata dengan bumbu. Tutup dan dinginkan minimal selama 3 jam.

Panggang atau tumis tahu hingga kecokelatan di bagian luarnya. Sajikan dengan saus bibimbap yang terbuat dari gochujang, mirip, sirup maple, biji wijen dan minyak wijen. Dalam mangkuk, tata nasi, bulgogi tahu, sayuran seperti bayam dan wortel yang ditumis dengan minyak wijen dan garam. Bisa juga dilengkapi dengan potongan timun, lobak, tauge, potongan kimchi dan rumput laut. Tuangkan saus bibimbap dan sedkit minyak wijen lalu campur semua bahan sebelum disantap.

8 dari 9 halaman

Tofu Banh Mi

5 Manfaat Tahu Putih Buat Kesehatan dan Ide Olahan Lezat Bagi yang Diet Vegan © Diadona

Dari Korea, melompat ke kuliner khas Vietnam. Jika biasanya diisi dengan daging atau seafood, kini ganti proteinnya dengan tahu yang dipotong memanjang dan sedikit tipis. Dikeringkan terlebih dahulu lalu dilapisi dengan tepung jagung dan dimasak hingga keemasan dan teksturnya renyah.

Dalam panci kecil, campurkan kecap asin dan tepung jagung. Masak di atas api kecil dan aduk hingga mengental sekitar 5 menit. Di atas roti baguette, tambahkan saus pedas sriracha, bayam yang telah direbus, tahu, potongan wortel dan lobak. Tetesi saus kecap dan sajikan sebagai bekal makan siang yang sehat dan lezat.

9 dari 9 halaman

Crispy Tofu Bowl

5 Manfaat Tahu Putih Buat Kesehatan dan Ide Olahan Lezat Bagi yang Diet Vegan © Diadona

Banyak yang beranggapan menu vegan itu membosankan karena itu-itu saja pilihannya. Coba deh crispy tofu bowl yang memadukan quinoa, potongan timun dan kacang mete. Potong tahu cukup tipis lalu keringkan dengan tisu.

Taburi tahu di kedua sisinya dengan tepung jagung lalu masak di atas wajan hingga berwarna cokelat keemasan. Isi mangkuk dengan quinoa, salad sayur, potongan kacang mete panggang, daun peterseli dan tahu. Tuangkan campuran cuka, saus Bangkok, minyak zaitun dan sedikit garam.

Ingin menjajal pola makan vegan berbahan dasar tahu putih? Yuk, coba beberapa resep mudah ini dan nikmati manfaat tahu putih buat kesehatanmu. (eth)

Beri Komentar