5 Inovasi Kopi Paling Unik, di Indonesia Ada yang Jual Gak ya?

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 4 Maret 2020 23:12
5 Inovasi Kopi Paling Unik, di Indonesia Ada yang Jual Gak ya?
Kopi adalah minuman yang sudah sangat akbrab dengan keseharian kita.

Minum kopi untuk mengawali hari kerap menjadi pilihan banyak orang. Semacam ada ledakan semangat dan energi saat setelah kita meminum kopi. Bagi yang suka begadang juga kerap menjadikan kopi sebagai teman.

Ragam kopi di Indonesia sangatlah banyak, tapi kali ini kita akan berkenalan dengan jenis kopi yang unik, dari penjuru dunia! Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Cafe de olla, Meksiko

Ilustrasi Kolase Kopi Unik © Diadona

Kopi ini terbuat dari campuran kopi dengan panela, yaitu gula alami dan kayu manis, beberapa resep juga menambahkan kulit jeruk ke dalamnya.

2 dari 6 halaman

2. Jimma, Wallaga, Ethiopia

Ilustrasi Kopi Unik © Diadona

Mula-mula biji kopi yang masih berwarna hijau dicuci bersih, lalu disangrai sampai kering. Lalu sebuah wadah yang disebut jebena dicuci bersih, sebagai tempat biji kopi untuk ditumbuk. Lalu kopi diseduh sampai meleleh menjadi air.

3 dari 6 halaman

3. Kopi dan Keju, Swedia

Ilustrasi Kopi Unik © Diadona

Di Swedia, khususnya bagi orang-orang Sami, mereka menikmati kopi hitam mereka, dengan keju rumahan yang mereka buat sendiri. Keju dipotong tipis, dan diletakkan di cangkir kopi, lalu dituangkan kopi hitam panas. Wah, pasti rasanya sangat unik.

4 dari 6 halaman

4. Kopi Telur, Vietnam

Ilustrasi Kopi Unik © Diadona

Awal mula ide kopi ini tercipta ketika pada tahun 1970-an, ekonomi di Hanoi sedang sangat sulit. Jadi bukanlah yang mudah dan murah bagi orang-orang untuk menikmati kopi dengan susu. Kala itu, susu hanya diperuntukkan bagi anak-anak, orang sakit dan orang tua.

Maka dicarilah pengganti susu yang tak lain dan tak bukan adalah telur. Jika berkunjung ke Vietnam, kopi telur adalah hal yang wajib kamu coba.

5 dari 6 halaman

5. Kopi di Pasir, Turki

Ilustrasi Kopi Unik © Diadona

Kopi yang disajikan sebenarnya sama dengan kopi pada umumnya. Namun cara penyajiannya yang sangat unik. Tidak menggunakan kompor untuk membuat kopi, melainkan pasir panas. Jadi kopi yang sudah diracik di sebuah wadah kecil bergagang, diputar-putar di atas permukaan pasir yang panas, sampai kopi mendidih, baru kemudian disajikan.

6 dari 6 halaman

Bisnis kopi kini sedang marak-maraknya, dan 5 jenis kopi di atas sepertinya belum ada di Indonesia. Wah, kalau kamu mau, ide ini bisa jadi peluang yang bagus untuk dieksekusi, hehehe.

Beri Komentar