5 Cara Membuat Es Gabus Pelangi Warna Warni Tanpa Santan yang Empuk dari Tepung Hunkwe

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 2 Maret 2020 17:40
5 Cara Membuat Es Gabus Pelangi Warna Warni Tanpa Santan yang Empuk dari Tepung Hunkwe
Kangen masa 90-an, salah satunya kamu bisa bernostalgia dengan olahan es gabus ini!

Banyak sekali kenangan nostalgia saat era 90-an yang nggak bisa dilupakan. Salah satunya adalah dengan menikmati lagi jajanan jadul yaitu es gabus yang melegenda ini. Yap, jajanan es gabus ini sudah sangat jarang sekali ditemukan. Daripada kamu lama menunggu, kamu juga bisa membuat olahan es gabus jadul ini di rumah.

Cara membuat es gabus sangatlah sederhana, kok. Kamu yang memiliki banyak kegiatan pun tetap bisa membuatnya dengan praktis dan mudah di rumah. Yuk langsung saja simak resep  cara membuat es gabus jadul yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Es Gabus Pelangi

Ilustrasi Es Gabus Pelangi © Diadona

Es Gabus pertama yang menjadi idola saat era zaman SD di tahun 90-an adalah es gabus pelangi yang segar dan empuk. Selain warnanya yang menggoda, rasa es gabus yang segar empuk selalu menjadi kesukaan anak-anak pada zamannya. Bahkan, hingga zaman yang berganti menjadi era millenials ini pun, es gabus tetap menjadi idola dan jajanan yang dirindukan. Yuk, buat sendiri olahaan jajnn ini dengan melihat resep cara membuat es gabus yang telah diulas berikut.

Bahan:
- 150 gram tepung hunkwe
- 750 ml santan/susu
- 200 gram gula pasir
- Sedikit garam
- Pewarna makanan

Cara membuat es gabus pelangi:

  1. Campur tepung hunkwe, gula pasir, garam, dan santan, kemudian aduk-aduk hingg rata. Setelah tercampur, bagilah adonan menjadi 3 bagian dan beri warna masing-masing yaitu merah, kuning, dan hijau.
  2. Masak adonan merah dengan api kecil sambil diaduk hingga meletup-letup. Matikan api ketika adonan sudah mengental. Tuang adonan merah ke dalam loyang yang sudah dialasi plastik tebal, lalu ratakan kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  3. Sambil menunggu adonan warna merah dingin, masak adonan kuning hingga meletup-letup. Tuang adonan kuning di atas adonan merah, dan lakukan hal yang sama pada adonan warna hijau.
  4. Biarkan adonan dingin dan memadat dalam suhu ruangan selama kurang lebih 30 menit. Simpan dalam kulkas selama 15 menit agar mudah dipotong. Potong lapis pelangi dan bungkus dengan plastik, lalu simpan dalam freezer hingga beku, kemudian siap untuk disajikan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Es Gabus Tanpa Santan

Ilustrasi Es Gabus Tanpa Santan © Diadona

Es gabus praktis juga bisa banget kamu buat tanpa bahan tambahan santan. Nah, ini sangat cocok bagi kamu yang malas untuk mempersiapkan bahan santan dan bisa menggantikannya dengan susu kental manis dengan rasa yang menggoda. Yuk, langsung saja simak resep mudah cara membuat es gabus tanpa santan berikut ini.

Bahan:
- 100 gram tepung hunkwe
- 200 gram gula pasir
- 700 ml air
- 1 saset SKM putih
- 1/4 sdt garam
- Secukupnya pewarna makanan

Cara membuat es gabus tanpa santan:

  1. Campur semua bahan dalam panci (kecuali pewarna). Masak sambil diaduk-aduk hingga gula larut. Bagi 3 adonan, masing-masing beri pewarna makanan sesuai selera. Masak terlebih dahulu warna ke satu. Aduk-aduk sampai kental dan meletup-letup. Lalu tuang dalam wadah dan ratakan.
  2. Masak juga adonan warna kedua dan ketiga secara bergantian. Lalu tuang warna kedua di atas warna pertama dan warna ketiga tuang di atas warna kedua, ratakan. Biarkan hingga dingin dalam suhu ruang. Lalu masukkan dalam kulkas sampai dingin dan set.
  3. Setelah dingin dan set. Potong-potong adonan di atas talenan yang di alasi plastik. Lalu masukkan/bungkus kue dengan plastik kecil. Masukkan ke dalam freezer, biarkan sampai beku.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Es Gabus yang Empuk

Ilustrasi Es Gabus yang Empuk © Diadona

Apasih yang kamu tunggu-tunggu ketika menikmati jajanan jadul es gabus ini? Pasti selain rasa segar dan manis, kamu juga menginginkan olahan es gabus yang empuk, dong. Yap, kamu bisa banget membuat variasi es gabus empuk di rumah dengan mudah. Langsung saja simak resep cara membuat es gabus berikut ini.

Bahan:
- 2 bungkus tepung hunkwe
- 300 gula pasir
- Santan dari perasan setengah buah kelapa
- 1/2 sdt garam

Cara membuat es gabus yang empuk:

  1. Campur semua bahan dalam panci, panaskan adonan dengan api sedang. Aduk terus adonan sampai berubah menjadi jenang. Lanjut aduk sampai terasa berat adukannya.
  2. Matikan api, cetak pada loyang yang diinginkan. Biarkan sampai benar benar padat teksturnya. Potong potong sesuai selera. kemudian bungkus dengan plastik bening. Masukkan dalam freezer kurleb sehari semalam.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Es Gabus dari Tepung Hunkwe

Ilustrasi Es Gabus Tepung Hunkwe © Diadona

Secara umum, ketika kamu ingin membuat olahan jajanan es gabus ini pastinya menggunakan tepung hunkwe. Yap, tepung hunkwe yang merupakan bahan sederhana ini bisa kamu dapatkan di toko bahan roti terdekat. Nah, daripada penasaan langsung saja simak resep cara membuat es gabus mudah dan sederhana dari tepung hunkwe berikut ini.

Bahan:
- 2 bungkus tepung hungkwe, bisa menggunakan warna merah dan coklat
- 1/2 gelas SKM putih
- 1/2 gelas SKM coklat
- 1 bungkus santan kara kecil
- 1,6 liter air
- Gula pasir
- Garam sedikit saja

Cara membuat es gabus dari tepung hunkwe:

  1. Lapisan merah: campur air 800 ml, SKM putih, santan 1/2 bungkus, gula dan garam, lalu aduk rata. Masukkan tepung hungkwe merah ke dalam panci, tuang sedikit larutan air dan susu di atasnya. Aduk sampai rata dan tidak menggumpal. Setelah rata masukkan semua sisa larutan air dan susu, aduk kembali.
  2. Masak dengan api sedang cenderung kecil sambil terus diaduk hingga kental dan meletup-letup. Matikan kompor, angkat dan tuang adonan ke dalam loyang ukuran 20x20 yang telah dibasahi sedikit air, lalu ratakan.
  3. Lapisan coklat: sama dengan langkah diatas dengan bahan yang tersisa. Setelah kental dan meletup-letup, matikan kompor. Angkat dan tuang pelan-pelan di atas lapisan merah lalu ratakan. Tunggu hingga uap hilang. Masukkan ke dalam kulkas 2-3 jam. Kemudian potong2 dan taruh dalam plastik. Bekukan semalaman ke dalam freezer. Es gabus siap dinikmati.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Es Gabus Warna Warni

Ilustrasi Es Gabus Warna Warni © Diadona

Es gabus yang segar dengan tekstur empuk akan semakin menggoda dengan berbagai warna yang disajikan. Proses cara membuat es gabus warna warni ini terbilang sederhana. Dengan bahan pewarna makanan yang kamu sukai dan tentunya aman, kamu bisa membuat olahan variasi es gabus warna warni yang menggugah selera. Siamak langsung cara membuat es gabus berikut ini.

Bahan:
- 1 bungkus tepung hunkwe
- 4 sdm gula
- 1 bungkus SKM putih
- 2 gelas air minum
- Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat es gabus warna warni:

  1. Campur semua bahan jadi satu kecuali pewarna, rebus hingga mengental dan meletup-letup sambil diaduk-aduk. Bagi adonan menjadi beberapa bagian.
  2. Untuk penyusunan warna dimulai dari pinggir menggunakan sendok makan. Campur adonan dengan masing-masing warna sesuai selera dan mask lagi hingga meletu-letup. Taruh dalam wadah cetakan dan susun pertahap warna.
  3. Masukkan dalam kulkas lalu potong-potong dan bungkus lagi dalam plastik, kemudian masukkan ke dalam freezer dan siap dihidangkan.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat es gabus mudah, praktis dan sederhana yang tentunya anti gagal. Sekarang, nggak perlu lagi menunggu pedagang yang lewat di depan rumah untuk sekedar menikmati jajanan enak era 90-an lagi, karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. Bagaiamana, tertarik membuatnya?

Beri Komentar