5 Asupan untuk Pulihkan 'Amukan' Perutmu

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 11 Januari 2020 00:01
5 Asupan untuk Pulihkan 'Amukan' Perutmu
Sering merasakan sakit tiba-tiba pada bagian perut? Dengan asupan yang tepat, masalah tersebut bisa teratasi, kok.

Sakit perut dapat mengacaukan banyak rencana. Dalam kondisi tersebut, tentu sulit untuk kamu berkegiatan seperti biasa. Rasanya, perut kita seperti sedang 'mengamuk' di dalam sana. Secara umum kita menyebut semua gejala tidak enak pada perut sebagai 'sakit perut'.

"Gejala sakit perut sangat luas, mencakup mual dan muntah, nyeri epigastrium, peningkatan keasaman, kembung, merasa pencernaan nggak lancar, dan kram perut," ujar ahli kardiologi dan spesialis manajemen berat badan, Dr. Luiza Petre, kepada YourTango (10/01).

Menurut penjelasan Dr. Petre, salah satu penyebab utama dari sakit perut ini berasal dari makanan dan minuman yang salah. Untuk itu, kamu harus lebih cermat memilih apa-apa saja yang kira-kira akan berdampak baik untuk tubuh bila dikonsumsi. Berikut adalah lima makanan dan minuman yang dapat memulihkan sakit pada perut.

1 dari 5 halaman

1. Air Putih

Air putih © Diadona

Tentu sangat penting untuk mengonsumsi cairan seperti air putih. Selain menjaga tubuh tetap dalam kondisi terhidrasi, air juga membantu distribusi makanan dalam sistem pencernaan tubuh. " Konsumsi air putih lebih baik dari--katakanlah minuman bersoda, karena soda akan meningkatkan gas dalam perut dan berpotensi menyebabkan kembung," jelas Bonnie Taub-Dix, nutrisionis pendiri website betterthandieting.com.

2 dari 5 halaman

2. Mint

Ilustrasi daun mint © Diadona

Mungkin selama ini daun mint sering difungsikan sebagai sekedar garnish saja. Namun, lebih dari pemercantik sajian, daun mint memiliki fungsi besar, yakni dapat meningkatkan aliran cairan empedu melalui perut. " Daun mint sangat membantu bagi pencernaan. Kandungannya dapat mengurangi rasa sakit dan kembung akibat terlalu banyak gas dalam perut. Selain itu, daun mint juga menjadi obat yang efektif untuk mual," ujar Dr. Petre.

3 dari 5 halaman

3. Jahe

Ilustrasi Jahe © Diadona

Konsumsi jahe, selain membuat hangat tubuh, juga dapat membantu saat kondisi perut sedang tidak enak. Adalah kandungan gingerol dan shogaol, bahan kimia alami yang dapat membantu mengendurkan otot-otot di saluran usus sehingga dapat menangkal mual dan muntah.

4 dari 5 halaman

4. Pepaya

27 Manfaat Daun, Buah, dan Sabun Pepaya Untuk Kesehatan Juga Kecantikan © Diadona

Kandungan pepaya yang dapat bermanfaat bagi perut adalah enzim papain dan chymopapain. Dr. Petre menjelaskan, " Enzim tersebut dapat menenangkan perut dengan memecah protein sehingga dapat menghasilkan kandungan asam yang lebih sehat. Selain itu, pepaya juga dapat meringankan gangguan pencernaan dan memerangi sembelit."

5 dari 5 halaman

5. Kombinasi BRAT

BRAT adalah Banana, Rice, Applesauce, Toast. Berdasarkan penjelasan Dr. Petre, kandungan serat rendah dan sarat akan pati dalam makanan-makanan tersebut akan bermanfaat untuk perutmu. " Kandungan tersebut dapat membantu pembentukan kotoran dalam kasus diare, mengurangi keasaman, dan menciptakan efek menenangkan pada dinding lambung."

Beri Komentar