4 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Kopi

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 27 Desember 2019 13:37
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Kopi
Tidak hanya sebagai lifestyle, namun kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Simak manfaat kopi berikut ini!

Kopi tidak hanya memberikanmu energi, tapi kopi juga bisa menjadi sesuatu yang memang baik untuk tubuh. Telah banyak penelitian tentang kopi yang menujukkan jika kopi memberikan dampak kesehatan bagi tubuh.
Dirangkum dari healthline (30/04)), inilah alasan kenapa kopi memberikan dampak positif untukmu.

1. Kopi dapat membuatmu lebih pintar
Kopi tidak hanya membuatmu tetap terjaga, kopi juga bisa membuatmu lebih pintar. Bahan aktif dalam kopi adalah kafein, yang merupakan stimulan dan zat psikoaktif yang paling sering dikonsumsi di dunia. Kafein bekerja di otak dengan menghalangi efek penghambat neurotransmitter yang disebut adenosin.

Dengan memblokir efek penghambatan adenosin, kafein sebenarnya meningkatkan penembakan neuron di otak dan pelepasan neurotransmiter lain seperti dopamin dan norepinefrin. Banyak penelitian telah meneliti efek kafein pada otak, menunjukkan bahwa kafein dapat secara sementara meningkatkan suasana hati, waktu reaksi, memori, kewaspadaan dan fungsi otak secara umum.

2. Kopi dapat membantu membakar lemak
Kamu akan menemukan kafein di sebagian besar suplemen pembakar lemak komersial. Kafein memiliki efek stimulannya pada sistem saraf pusat, keduanya meningkatkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi asam lemak.

Kopi juga dapat meningkatkan kinerja atletik dalam beberapa cara, termasuk dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak.Dalam dua meta-analisis yang terpisah, kafein ditemukan meningkatkan kinerja olahraga rata-rata 11-12%.

3. Kopi kaya akan nutrisi dan antioksidan
Kopi tidak hanya air yang berwarna gelap. Kopi mengandung beberapa vitamin B5, B2, B1, B3 dan mineral. Dalam daftar makanan diet, kopi merupakan satu-satunya yang memiliki kadar oksidan tertinggi.

4. Mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit
Beberapa penyakit yang dapat dikurangi resikonya adalah kanker hati, alzheimer, dan diabetes tipe 2.

Meskipun kopi baik untuk tubuh kamu, namun mengkonsumsi apapun yang berlebihan tidak akan baik. Bahkan dapat memicu resiko buruk. Jadi minum dan nikmati dengan tepat dampak baik yang diberikan kopi.

Beri Komentar