16 Makanan Buka Puasa yang Sehat dan Mudah Dibuat

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 27 Januari 2020 12:56
16 Makanan Buka Puasa yang Sehat dan Mudah Dibuat
Berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu saat menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Saat kita berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak tenaga karena memang tak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh. Maka kita butuh makanan buka puasa yang sehat dan bergizi. Hal ini ditujukan agar tubuh bisa kembali mendapatkan energi setelah seharisn berpuasa. Dengan begitu tubuh akan tetap dalam kondisi sehat. 

1 dari 4 halaman

Menu Makanan Buka Puasa

Ada banyak menu buka puasa yang biasa kita temui saat byulan ramadhan. Ada yang dibuat untuk takjil, makanan berat, lalu untuk makanan pentup setelah tarawih. Berikut rekomendasi beberapa menu bka puasa buat kamu yang masih belum tahu mau memasak makanan buka puasa yang mana. Berikut infonya untukmu.

Kurma dan Teh hangat

Ilustrasi Kurma dan Teh Hangat © Diadona

Makanan buka puasa satu ini banyak digemari orang islam saat berbuka puasa. Selain karena memang disunahkan, kurma dan teh hangat ini banyak dikonsumsi dengan tujuan agar bisa mengembalikaan energi untuk kegiatan selanjutnya. Makanlah 3-5 butir kurma, setelahnya kamu bisa meminum segelas teh hangat.

Kolak Biji Salak

Ilustrasi Kolak Biji Salak © Diadona

Kolak biji salak menjadi salah satu makanan buka puasa yang biasanya dijajakan saat menjelang waktu meghrib tiba. Makanan buka puasa satu ini juga bisa menjadi salah satu piihan takjil untuk buka puasa yang enak dan sehat. Kandungan karbohidrat dari ubi yang dipakai mampu memberikan tenaga yang dibutuhkan. Perpaduan manis dan gurih santannya juga enak sekali saat disantap buat makanan pembuka.

Bubur Sumusm

Ilustrasi Bubur Sumsum © Diadona

Makanan lain yang biasana dijajakan sebelum maghrib tiba adalah bubur sumsum. Makanan bulan puasa satu ini juga banyak digemari masyarakat Indoinesia karena teksturnya yang lembut dengan cita rasa gurih santan dan manis dari saus gulanya. Kombinasi rasa ini membuat saat berbuka puasa kita menjadi lebih mengasyikan.

Pancake

Ilustrasi Pancake © Diadona

Pancake bisa menjadi salah satu pilihan menu makanan buka puasa. Knadungan proyein dan kerbohidratnya baus sekali untuk kebutuhan tubuh saat maghrib datang. Selain itu bahan dan cara pembuatannya pun sangat mudah dipraktikkan. Patut mencoba makanan buka puasa satu ini nih!

Es Kelapa Muda

Ilustrasi Es Kelapa Muda © Diadona

Tentu semua orang mentyukai jenis makanan buka puasa satu ini. Selain karena menyegarkan, air kelpa juga mengandung banyak kandungan yang sehat. Air kel;apa asli bia mengembalikan ion tubuh yang hilang selama seharian. Kamu bisa mengkombinasikan air kelapa ini dengen gula merah, sirup, dan susu.

2 dari 4 halaman

Resep Makanan Buka Puasa

Ada yang masih bingung mau masak makanan buka puasa apa di rumah? Jangan khawatir, ada baiknya kamu menyimak informasi mengenai resep makanan buka puasa berikut ini sebagai pilihan.

Nasi Merah Gurih

Ilustrasi Nasi Merah Gurih © Diadona

Saat berbuka puasa, salah satu zat yang tubuh perlukan adalah karbohidrat kompleks. Hal ini bisa didapatkan dari resep maakanan buka puasa satu ini. Bosan dengan nasi merah yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba membuat nasi merah gurih berikut:

Bahan nasi merah gurih:

- Beras Merah 300 gr
- Beras Organik Biasa - 00 gr
Daun Pandan 1-2 lembar
- Daun Salam 1-2 lembar
Air 500 ml
Kaldu Ayam 200 ml

- Cara membuat nasi
merah gurih:
- Cuci beras dan campurkan semua bahan yang sudah dibersihkan, lalu masak menggunakan rice cooker.
- Cara lainnya adalah dengan menggunakan penanak nasi. Masak beras dan semua bahan di panci selama 30 menit. Sebelum dikukus, diamkan nasi selama 15-30 menit untuk membiarkan bumbu meresap kemudian kukus hingga matang.

Pepes Ayam

Ilustrasi Pepes Ayam © Diadona

Hidangan ayam pada saat berbuka umumnya digoreng ataupun dibakar. Biar menu buka puasa lebih sehat dan tak membosankan, tak ada salahnya mencoba membuat pepes ayam. Selain minim kolesterol jahat, pepes ayam kaya akan nutrisi dari bumbu rempah.

Yuk, coba resep pepes ayam bumbu kuning untuk inspirasi menu makanan buka puasa keluargamu:

Bahan Pepes Ayam Bumbu Kuning:

- 1 kg daging ayam, potong dadu
10 buah cabai rawit
- 2 sendok makan minyak zaitun (bisa diganti minyak sayur)
- 800 ml air bersih
- 100 gram daun kemangi
Daun pisang secukupnya
- 2 batang serai, iris kecil
- 2 siang bawang merah, iris kecil
- cabai merah iris secukupnya
- Bumbu yang dihaluskan:
- 4 siung bawang putih
- 50 gram kemiri
- ½ sendok teh pala bubuk
- 1 sendok teh ketumbar
- 10 cm kunyit
- 2 sendok teh garam

Cara membuat Pepes Ayam Bumbu Kuning:
- Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan irisan cabai merah, serai, bawang merah dan cabai rawit.
- Masukkan daging ayam ke dalam bumbu yang sudah dicampur dan diamkan semalam agar bumbu meresap.
- Bungkus bahan pepes yang sudah siap menggunakan daun pisang dan ikat dengan tusuk gigi, dan kukus hingga matang.
- Kukusan pepes yang sudah matang ini kemudian dibakar sejenak diatas bara api hingga harum dan pepes ayam bumbu kuning siap dihidangkan untuk menu buka puasa sehat

Tahu dan Tempe Bakar Pedas Manis

Ilustrasi Tempe dan Tahu Bakar © Diadona

Tahu dan tempe adalah bahan makanan sehat asli Indonesia. Daripada sekedar digoreng, tahu dan tempe bisa kamu oleh jadi hidangan bakar yang sehat untuk menu makanan buka puasa di Bulan Ramadan, lho.

Bahan tahu dan tempe bakar pedas:
- 1 papan tempe dipotong dengan ketebalan satu jari
- 2 buah tahu dipotong menjadi dua bagian secara diagonal

Bumbu yang dihaluskan:
- 2 siung bawang putih
- 2 sendok teh ketumbah
- garam secukupnya
Bumbu untuk dioles:
- 8 sendok makan kecap manis
- 8 buah cabai rawit
- 2 buah tomat
- 1 siung bawang putih
- 2 siung bawang mewah
- 1 sendok teh minyak kelapa

Cara membuat tahu dan tempe bakar pedas manis:
- Pertama-tama bumbui tahu dan tempe dengan bumbu yang dihaluskan dan didiamkan (diungkep) semalaman agar bumbu meresap.
- Goreng tahu dan tempe hingga kecoklatan, tiriskan.
Buatlah bumbu oleh dengan mencampur kecap manis, minyak kelapa, dan bahan-bahan lainnya yang telah diiris halus.
- Masukkan tahu dan tempe dan telah digoreng kedalam bumbu oles dan lumuri hingga semua permukaan tertutup.
- Bakar tahu dan tempe diatas bara sambil sesekali diolesi dengan bumbu oles.
- Bakar hingga tahu dan tempe berwarna lebih gelap dan bumbu meresap dan tahu dan tempe bakas pedas manis siap dihidangkan.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Cocok untuk Buka Puasa

Tak semua makanan bisa dijadikan sebaagai sajian berbuka puasa. Kita juga harus bisa mengatur gizi yang terkandung di dalam makanan berbuka puasa tersebut. Dengan mengonsumsi makanan berbuka puasa yang sehat dan bergizi tubuh kita akan tetap biaa sehat sehingga puasa kita menjadi lancar sampai akhir bulan ramadhan. Berikut makanan yang cocok untuk buka puasa yang bisa kamu coba di rumah.

Tumis Brokoli Saus Tiram

Ilustrasi Tumis Brokoli © Diadona

Makanan buka puasa yang pertama ada tumis brokoli saus tiram. Seperti kita ketahui brokoli merupakan sayuran yang sehat dengan mengandung banyak serat serta vitamin. Di sini brokoli akan ditumis sehingga menjadi empuk dengan dibaluri bumbu saus tiram yang menambah kelezatannya.

Tumis Wortel Buncis

Ilustrasi Tumis Wortel Buncis © Diadona

Masih dengan makanan buka puasa berjenis tumisan, kamu bisa mencoba membuat rumis wortel buncis.Variasi warna yang tercipta dari masakan ini sangat memanjakan mata dan membuat nafsu makan seolah memuncak. Kamu bisa menambahkan bakso, telor, jagung atau yang lainnya sesuai seleramu.

Ayam Saus Karamel

Ilustrasi AYam Saus Karamel © Diadona

Jika biasanya ayam disajikan dengan dibakar atau digoreng, kamu bia mencoba variasi menu makanan buka puasa dengan sajian ayam saus karamel. Ayam begitu enak dan juga bergizi. Tentu makanan ini akan sangat digemari ditambah dengan saus karamel yang manis pedas akan menjadikan makanan ini cocok untuk menemani buka puasa kamu.

Capcay Kuah

Ilustrasi Capcay Kuah © Diadona

Capcay sangat baik jika disajikan sebagai makanan buka puasa, karena mengandung banyak sayuran bergizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Cara membuatnya mudah, hanya perlu mencampur bahan dan bumbu yang kemudian dimasak di atas kompor. Kamu juga bisa tambahan ayam atau udang di dalam Capcay kuah ini.

Sayur Lodeh

Ilustrasi sayur lodeh © Diadona

Rekomendasi makanan buka puasa yang terkahir adalah sayur lodeh. Yap, sayur lodeh merupakan sayur yang sudah biasa mungkin kamu makan sehari-hari namun untuk di bulan puasa kamu pun sangat bisa menikmatinya. Proses pembuatannya yang sederhana dan simple membuat makanan ini sangat mudah untuk kamu sajikan saat berbuka puasa. Jangan lupakan sambal untuk makin menambah kenikmatan menyantap sayur lodeh ini.

4 dari 4 halaman

Waktu berbuka puasa mungkin jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Setelah seharian menahan dahaga dan lapar, tentu Toppers ingin segera berbuka dengan menu buka puasa yang lezat, bukan?

Namun, agar ibadah puasa lancar kamu tentu nggak bisa sembarang memilih menu buka puasa atau kesehatanmu akan terganggu. Toppers juga bisa kok menghadirkan menu buka puasa yang sehat, namun juga tetap nikmat.

Berikut inspirasi makanan buka puasa yang sehat dan bisa jadi pilihan menu berbuka untuk keluarga!

Salad atau Gado-Gado

Ilustrasi Gado-gado © Diadona

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan vitamin dan serat yang cukup. Untuk itu, mengonsumsi sayur sangatlah baik untuk memenuhi kebutuhan akan dua zat penting tersebut. Sajikan menu salad, pecel sayur, ataupun gado-gado sebagai menu makanan buka puasa yang sehat.

Puding buah

Ilustrasi Puding Coklat Sederhana © Diadona

Puding dan buah-buahan adalah dua hidangan makanan buka puasa yang kaya akan serat dan vitamin. Hal ini membuat puding buah bisa jadi pencuci mulut untuk menyempurnakan hidangan buka puasa sehat keluarga.

Sup Ayam

Ilustrasi Sup Ayam © Diadona

Menu makanan buka puasa yang sehat selanjutnya adalah sup ayam. Ayam yang dimasak menjadi sup tak hanya membuatnya lebih kaya nutrisi karena vitamin dan protein yang larut pada air tidak terbuang sia-sia, kamu juga bisa mendapatkan serat yang cukup dari berbagai sayuran yang jadi bahan pelengkap dari hidangan sup ayammu.

Dengan berbagai pilihan menu makanan buka puasa di atas, tentu hidangan buka puasa menjadi jauh lebih bervariasi, lezat dan tentunya baik untuk bantu kamu jalani ibadah puasa dengan tubuh yang lebih sehat dan fit!

Beri Komentar