14 Makanan Ini Anti Basi, Bisa nih Jadi Setok Jangka Panjang

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 5 Maret 2020 22:26
14 Makanan Ini Anti Basi, Bisa nih Jadi Setok Jangka Panjang
Kesel banget nggak sih, nemuin tumpukan makanan di kulkas, tapi udah pada basi atau kedaluarsa semua?

Makanan yang jadi basi atau kedaluarsa memang adalah hal yang wajar terjadi. Perubahan tekstur, rasa, warna, dan aroma adalah tanda umum sebuah makanan sudah basi atau kedaluarsa. Proses perubahan makanan menjadi basi pun bervariatif.

Tapi makanan di bawah ini punya kelebihan dari pada yang lainnya. Karena cenderung punya daya simpan dan daya tahan jauh lebih lama dibanding ya lain. Alias masa untuk jadi basi atau kedaluarsa jadi lebih lama. Check this out!

1 dari 14 halaman

1. Kurma

Ilustrasi Buah Kurma © Diadona

Buah yang kerap kita jumpai di bulan ramadhan ini memang dikenal punya banyak sekali manfaat. Kurma adalah pilihan buah yang baik bagi kamu yang sedang dalam program diet, karena ia adalah buah yang mengenyangkan.

Kurma bisa bertahan di suhu ruangan sampai beberapa bulan, dan jika kamu mendinginkannya, kurma bahkan bisa tahan sampai satu tahun.

2 dari 14 halaman

2. Madu

Ilustrasi Madu © Diadona

Cairan yang punya rasa manis alami ini juga penuh dengan manfaat. Madu mengandung kadar air yang rendah dan tinggi gula, inilah yang buatnya masih nikmat untuk dikonsumsi dalam jangka yang panjang. Hydrogen peroksida yang terdapat dalam madu juga mampu menghambat pertumbuhan mikroba.

3 dari 14 halaman

3. Beras Putih

Ilustrasi Beras Putih © Diadona

Beras memang punya banyak jenis, selain beras putih, juga ada beras merah dan beras cokelat. Namun tidak semua beras diciptakan sama. Dari semua jenis beras, beras putih lah yang punya daya simpan paling lama di antara jenis yang lain. Kalau kamu menyimpannya di kotak kedap udara dalam suhu di bawah 15C, maka beras putih bisa bertahan hingga 30 tahun. Berbeda dengan beras merah yang hanya bisa bertahan 6 bulan.

4 dari 14 halaman

4. Kacang Kering

Ilustrasi Kacang Almond © Diadona

Sama seperti beras, tidak semua jenis kacang punya kelebihan ini. Jenis kacang kering yang paling awet adalah kacang lentil, polong, dan almond. Apalagi jika kamu menyimpannya di wadah kedap udara, ia bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Kalau kamu menyimpannya pada suhu ruangan, ia akan bertahan hanya selama beberapa bulan.

5 dari 14 halaman

5. Minyak Zaitun

Ilustrasi Minyak Zaitun © Diadona

Minyak ini dipercaya adalah jenis minyak yang paling sehat, karena yang paling rendah kandungan lemak jenuhnya. Jika kamu punya sebotol minyak zaitun yang belum dibuka, ia dapat pertahan selama satu tahun pada suhu ruangan. Dan jika sudah dibuka, ia dapat bertahan selama 6 bulan.

6 dari 14 halaman

6. Gula

Ilustrasi Gula Pasir © Diadona

Kalau yang satu ini sih seperti bakal wajib ada deh di tiap rumah. Jenis gula pun beragam, dan yang paling lama daya simpannya adalah gula jenis gula pasir putih dan gula batu yang tidak memiliki batas kedaluarsa.

Sedangkan untuk jenis gula halus, brown sugar, dan gula diet masa terbaik untuk mengonsumsinya hanya sebatas kurang dari dua tahun.

7 dari 14 halaman

7. Garam

Ilustrasi Garam © Diadona

Yak, dia adalah satu kesatuan dengan gula, sudah ibarat sepasang kekasih di dapur yang tidak bisa dipisahkan. Sama halnya dengan gula, garam juga punya kemampuan untuk tidak membiarkan mikroorganisme hidup dan berkembang. Inilah alasan kenapa banyak makanan yang diawetkan dengan cara diasinkan.

8 dari 14 halaman

8. Minuman Keras

Ilustrasi Minuman Keras © Diadona

Minuman beralkohol memang dikenal makin enak kalau masa simpannya sudah sangat lama. Apalagi jika wadah untuk menyimpannya dalam keadaan tertutup rapat, minuman keras bisa bertahan sampai puluhan tahun.

9 dari 14 halaman

9. Minyak Samin (Ghee)

Ilustrasi Minyak Samin © Diadona

Ini adalah sejenis mentega yang terbuat dari lemak hewani yang dimurnikan. Mentega ini berasal dari kawasan timur laut anak benua India.

10 dari 14 halaman

10. Kecap

Ilustrasi Kecap Manis © Diadona

Kalau kecap, karena memang ada kandungan garam di dalamnya jadi bisa bertahan lebih lama apalagi dengan wadah yang tertutup rapat.

11 dari 14 halaman

11. Cuka Putih

Ilustrasi Cuka Putih © Diadona

Cuka putih juga bisa banget bertahan lama jkalau disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

12 dari 14 halaman

12. Sirup Maple Murni

Ilustrasi Sirup Maple © Diadona

Punya sifat yang sama seperti gula dan madu, sirup maple juga bisa melawan pertumbuhan mikroba dan jamur, jadi ia bisa bertahan lama.

13 dari 14 halaman

13. Susu Bubuk

Ilustrasi Susu Bubuk © Diadona

Susu bubuk juga punya daya tahan yang cukup lama, walau memang rasanya akan sedikit berubah.

14 dari 14 halaman

14. Pemmican

Ilustrasi Pemmican © Diadona

Makanan satu ini adalah makanan ciptaan suku asli Amerika. Terbuat dari daging rusa atau daging banteng kering yang kemudian digiling menjadi bubuk, baru kemudian dicampur dengan buah-buah berry dan lemak. Pemmican sangat tinggi akan protein, makanya jadi makanan favorit untuk bertahan hidup.

Beri Komentar