12 Tempat Wisata Kuliner Surabaya yang Murah Meriah 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 3 Februari 2020 21:43
12 Tempat Wisata Kuliner Surabaya yang Murah Meriah 2019
Wisata kuliner Surabaya memang nikmat.

Kota Surabaya, sebagai kota besar kedua di Pulau Jawa tak hanya menyuguhkan deretan gedung dan tempat wisatanya yang menarik saja, tapi juga beragam kulinernya yang menggugah selera. Pastinya, saat berwisata ke Surabaya kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi kulinernya. Banyak kuliner legendaris sekaligus khas yang wajib kamu coba di Kota Pahlawan ini.

Buat kamu yang akan berkunjung ke Surabaya sekaligus berburu kulinernya, berikut ini sederet makanan legendaris dan populer di Kota Pahlawan. Tak ketinggalan juga rasanya yang tentu saja menggugah selera. Langsung saja simak beragam rekomendasi wisata kuliner Surabaya yang telah dirangkum dari berbagai sumber (03/02) di bawah ini, ya!

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Surabaya Murah Meriah

Buat kamu yang ingin berwisata kuliner dengan budget yang tipis. Nah, beragam kuliner di bawah ini bisa kamu coba.

1. Tahu Campur Pak Hasyim

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bayu Sulistyo (@bayusulistyoo) pada

Tahu Campur Pak Hasyim ini merupakan salah satu tahu campur legendari yang ada di Surabaya. Tentu saja rasanya enggak perlu diragukan lagi. Harganya pun cukup terjangkau. Tak hanya tahu campur saja, tempat wisata kuliner Surabaya ini juga menyajikan beragam menu lainnya seperti tahu tek, tahu telor, nasi rawon dan lainnya. Tahu Campur Pak Hasyim ini terletak di Jl. Rungkut Madya No.79, Rungkut Kidul, Surabaya.

2. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jelajah Rasa Surabaya (@jelajahrasasurabaya) pada

Kuliner Surabaya selanjutnya yang enggak boleh kamu lewatkan yakni Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lontong Balap sendiri terdiri dari campuran lentho, taoge, kecap, tahu goreng, dan sambal yang diguyur dengan kuah segar. Sebagai pelengkap, sajian ini ditaburi dengan bawang goreng. Kuah yang segar berpadu dengan rasa asin, manis, dan gurih sangat nikmat saat masuk ke mulut. Nah, kamu bisa mencoba kuliner ini secara langsung di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11, Surabaya.

3. Lontong Kupang Bu Wito

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies) pada

Lontong kupang memang memiliki rasa yang lezat. Kupang sendiri merupakan hewan laut semacam kerang yang memiliki ukuran kecil. Masakan kupang ini disajikan bersama lontong, lentho, sate kerang, dan kuah petis yang nikmat.

Salah satu warung lontong kupang yang terkenal di Surabaya yakni Lontong Kupang Bu Wito. Lokasi wisata kuliner Surabaya ini terletak di Jl. Raya Tenggilis 128, Surabaya. Harganya pun juga cukup terjangkau.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Surabaya Pak Bondan

Pasti sebagian besar dari kita sudah familiar dengan Almarhum Pak Bondan ya. Di bawah ini, kamu juga bisa mencoba kuiner rekomendasi Pak Bondan di Surabya. Langsung saja gulir ke bawah ya untuk selengkapnya!

1. Sego Sambel Mak Yeye

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????????????????????????? ???????????????????????????????? | ???????????????????????????? ???????????? (@kenyangmakan) pada

Berdiri sejak 1982, Sego Sambel Mak Yeye ini enggak boleh kamu lewatkan. Terutama buat kamu yang pecinta makanan pedas. Menu yang paling populer di warung nasi ini yakni penyet ikan pe-nya. Jika kamu kurang suka dengan ikan pe, Sego Sambel Mak Yeye juga menyediakan menu lainnya. Nah, jika kamu enggak sabar untuk segera mencoba kenikmatan Sego Sambel Mak Yeye ini kamu bisa langsung menuju Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Jagir, Wonokromo yang mulai buka jam 9 malam sampai 4 pagi.

2. Soto Gubeng Pojok

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood) pada

Soto Gubeng Pojok ini terletak di Jl. Kusuma Bangsa 30 Suarabaya. Menjadi salah satu soto legendaris di Surabaya yang berdiri sejak tahun 1950an, tentu saja kuliner di tempat memiliki rasa yang sudah enggak perlu diragukan lagi kelezattannya. Ada satu menu andalan yang harus kamu coba di Soto Gubeng Pojok yakni soto maduranya. Dagingnya yang empuk ditambah guyuran kuah yang gurih akan memanjakkan lidahmu saat menyantap makanan satu ini.

3. Bebek Tugu Pahlawan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood) pada

Kamu penyuka hidangan bebek? Jika berwisata ke Kota Pahlawan, boleh nih kamu mampir ke Bebek Tugu Pahlawan yang populer di Surabaya. Perpaduan rasa bebek dengan sambal khas Madura di tempat makan ini sangat menggugah selera. Apalagi ditambah dengan kerenyahan tepung di luar dagingnya yang membuat rasanya semakin nikmat.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Malam Surabaya

Bila kamu penyuka berburu kuliner di malam hari, sederet tempat wisata kuiner malam Surabaya ini wajib kamu coba. Apa saja? Berikut ini beragam daftarnya. 

1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ridwan MD | KulinerSby (@laparlagimakanlagi) pada

Meski bernama klopo atau dalam bahasa Jawa berarti kelapa, Sate Klopo Ondomohen ini nggak sepenuhnya terbuat dari kelapa lho. Kuliner ini tetap berbahan dasar daging sapi, ayam, udang, sumsum atau usus yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti pada umumnya. Yang membedakan yakni irisan satenya sudah dibumbui dulu dengan kelapa yang telah disangarai. Nah, hal inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen memiliki rasa gurih.

Salah satu Sate Klopo Ondomohen yang terkenal di Suarabaya yakni Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Warung ini terletak Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng. Kamu bisa nih mencoba kuliner nikmat ini saat malam hari karena Sate Klopo Ondomohen Bu Asih ini buka dari jam 7 pagi - 11 malam.

2. Rawon Setan Mbak Endang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh narco (@narco.santoso25) pada

Malam-malam menyantap nasi rawon yang hangat dan pedas memang nikmat ya. Kamu bisa nih menyantap rawon yang sedap di Rawon Setan Mbak Endang. Tapi, berbeda dengan yang lainnya Rawon Setan Mbak Endang di Surabaya ini adalah rawon setan pertama dan asli Indonesia.

Rawon ini akan semakin nikmat jika kamu santap dengan tambahan lauk lainnya seperti perkedel kentang, empal, telur asin, atau tempe. Untuk harganya, seporsi rawon setan dipatok dengan harga sekitar Rp. 25 ribu.

3. Nasi Cumi Waspada

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh food seeker based in Madiun (@sam_kuliner) pada

Nasi cumi Waspada memang sudah terkenal dengan rasanya yang lezat di Surabaya. Lokasinya terletak di Jl. Waspada No. 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya. Nasi hangat dengan dipadu cumi yang nikmat pastinya akan sangat memanjakkan lidah. Tak hanya nasi cumi saja, di tempat wisata kuliner Surabaya ini juga tersedia beragam menu lainnya. Diantaranya ada nasi paru, nasi ayam, nasi tongkol, dan menu lainnya.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Bakso Surabaya

Bakso menjadi salah sattu kuliner favorit sebagian besar orang. Surabaya juga memiliki bakso yang lezat. Di bawah ini beberapa rekomendasi bakso Surabaya yang bisa kamu coba.

1. Bakso Solo Rindu Malam

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh AfterWorking (@afterworking) pada

Bakso Solo Rindu Malam ini menjadi salah satu bakso yang terkenal di Surabaya. Lokasinya berada di Jl. Ciliwung No. 123, Darmo, Sawunggaling, Wonokromo. Bakso di tempat ini memiliki rasa yang lezat, terutama kuahnya yang bercita rasa gurih. Salah satu tempat wisata di Surabaya ini buka mulai dari jam 10 pagi sampai dengan 10 malam.

2. Bakso Klenger

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Irfani Madhania (@irfani_madhania) pada

Sama seperti namanya, bakso ini akan membuat kamu klenger saat menyantapnya. Bagaimana tidak, Bakso Klenger memiliki ukuran yang jumbo dengan diameter 15 - 40 cm. Tenang saja, jika kamu enggak ingin klenger sendirian, kamu bisa memakannya beramai-ramai dengan teman atau keluarga. Lokasi tempat wisata kuliner di Surabaya ini berada di Jl. Rembang No. 8, Jepara, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

3. Bakso Jamur Keju Bintaro

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ling.ling (@ling2_lina) pada

Wisata kulner bakso yang terakhir dan juga enggak kalah menggoda yakni Bakso Jamur Keju Bintaro. Nah, kuliner yang terletak di depan ruko Jalan Bintaro ini sangat pas buat kamu yang ingin mencoba kreasi bakso yang lainnya. Rasa keju yang lumer di mulut dan kuah bakso yang lezat bakal membuat kamu ketagihan saat menyantapnya.

Kota Surabaya memang memiliki berbagai kuliner yang menggugah selera. Bagaimana, sudah merasa lapar dengan beragam sajian kuliner Surabaya di atas?

Beri Komentar