12 Tempat Wisata Kuliner Solo yang Terkenal dan Murah

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 21 Februari 2020 22:48
12 Tempat Wisata Kuliner Solo yang Terkenal dan Murah
Selain tempatnya, Solo juga terkenal dengan kulinernya. Ini dia rekomendasi tempat wisata kuliner Solo yang terkenal.

Kota Solo atau juga dikenal dengan nama Surakarta memiliki sederet wisata yang terkenal. Tak hanya wisata tempatnya saja, tapi juga kulinernya. Sayang banget kan jika kamu berkunjung ke Solo tapi enggak mencicipi kulinernya.

Solo memang menghadirkan beragam kuliner yang menggugah selera. Bahkan, ada yang menjadi langganan Presiden Jokowi, lho. Untuk itu, berikut Diadona sajikan rekomendasi tempat wisata kuliner Solo yang murah dan terkenal sebagaimana dilansir dari berbagai sumber (21/02) berikut ini. Gulir ke bawah yuk untuk selengkapnya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Solo

Banyak kuliner nikmat yang bisa kamu jelajahi di Solo. Bahkan, ada juga kuliner langganan Presiden Jokowi juga lho. Langsung gulir ke bawah ya untuk selengkapnya.

1. Sate Kambing Hj. Bejo

      View this post on Instagram      

A post shared by Sate Kambing Mbok Galak (@satembokgalak_solo) on

Saat berwisata ke Solo sayang banget jika kamu enggak mencoba sate buntelnya. Apa sih sate buntel? Buat kamu yang belum tahu, sate buntel adalah sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibuntel atau dibungkus dengan lemak kambing. Setelah itu baru dibakar. Cukup menggiurkan ya.

Salah satu warung penjual sate buntel yang terkenal di Solo yakni Sate Kambing Hj. Bejo. Kabarnya, bahkan Presiden Joko Widodo sudah berlangganan lho di warung yang berlokasi di Jalan Lojiwetan ini. Menarik ya.

2. Timlo Sastro

Meski terdengar sama, Timlo ini bukan nama band ya melainkan sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan bersama hati, ampela, sosis solo, potongan telur pindang, dan daging ayam suwir. Cukup menggugah selera, ya. Apalagi jika kamu tambahkan perasan jeruk nipis dan sambal, rasanya akan semakin sedap.

Salah satu penjual Timlo yang terkenal di Solo yakni Timlo Sastro. Warung ini juga termasuk salah satu warung legendaris yang ada di Solo lho yang sudah berdiri sejak tahun 1952. Kmau bisa mencicipi kenikmatannya secata langsung di Jalan Dr. Wahidin No.30, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Solo.

3. Serabi Notosuman

      View this post on Instagram      

A post shared by suryo mulyo (@suryomulyo6) on

Serabi Notosuman ini termasuk salah satu kuliner legendaris yang ada di Solo dan berdiri sejak tahun 1923. Sudah melegenda banget kan. Salah satu yang menarik, serabi ini masih dimasak secara tradisonal lho hingga sekarang. Kebayang kan bagaiamana cita rasa khasnya.

Ada dua varian serabi yang bis akamu nikmati di Serabi Notosuman yaitu rasa cokelat dan original. Biasanya, kuliner ini juga sering dijadikan oleh-oleh wisatawan saat berkunjung ke Solo. Jika kamu juga ingin membawanya sebagai oleh-oleh langsung saja menuju Jalan Mohammad Yamin No. 28, Jayengan, Kecamatan Serengan, Solo.

4. Nasi Liwet Wongso Lemu

Selain Serabi Notosuman, Nasi Liwet Wongso Lemu ini juga menjadi salah satu wisata kuliner Solo yang legendaris. Warung ini berdiri sejak tahun 1950 dan selalu ramai dengan pengunjung.

Nah, jika kamu belum familiar dengan nasi lewat, nasi lewat sendiri adalah nasi gurih yang memiliki cita rasa yang hampir sama dengan nasi uduk. Lalu, nasi uduk ini disajikan bersama ayam suwir, telur rebus, sayur labu, dan sedikit sambal.

Buat kamu yang ingin berwisata kuliner malam, kamu bisa memasukkan Nasi Liwet Wongso Lemu ke daftar tujuanmu. Wisata kuliner Solo ini buka setiap harinya dari jam 4 sore sampai 1 pagi di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Solo Bondan Winarno

Pasti sebagian besar dari kamu cukup familiar ya dengan Alm. Bondan Winarno, seorang pengamat sekaligus presenter kuliner senior yang terkenal ini. Saat berwisata ke Solo, kamu juga bisa mecoba sejumlah wisata kuliner yang katanya beliau juga pernah berkunjung ke sini. Ini dia beberapa tempat wisata kulinernya. 

1. Tengkleng Bu Edi

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies) on

Kamu pecinta tengkleng? Saat ke Pasar Klewer kamu harus coba nih Tengkleng Bu Edi yang berada di bagian utara gapura pasar. Biasanya, tengkleng ini super duper cepet lho ludesnya. Jadi, kamu bisa datang sebelum buka ya jika enggak mau kehabisan.

Nah, Tengkleng Bu Edi sendiri berisi nasi putih yang disajikan bersama tengkleng dan jeroan kambing, kemudian disiram dengan kuah kuning. Rasa gurih, segar, dan sedikit pedas dari kuahnya menyatu dengan baik bersama tengkleng yang nikmat.

 

2. Pecel Solo

Meski kamu bisa menjumpai kuliner ini dimana-mana, tapi tetap pecel Solo memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya beda. Salah satu menu anadalan dari Pecel Solo ini adalah pecel ndesonya. Kuliner ini enggak menggunakan nasi putih melainkan nasi merah.

Warung Pecel Solo ini bisa kamu kunjungi di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen. Untuk rasanya enggak perlu diragukan lagi. Kamu bisa mencobanya sendiri di warung yang buka setiap hari dari jam 7.30 - 22.00 ini.

3. Selat Solo Mbak Lies

      View this post on Instagram      

A post shared by kania (@kanioki) on

Selat solo ini merupakan sajian sejenis 'fresh-salad' ala Solo. Isiannya sendiri terdiri dari telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar mentimun, daging sapi masak semur, galantin, dan irisan bawang merah. Lalu, semuanya itu diguyur dnegan kuah segar dan mustard yang terbuat dari campuran kuning telur dan cuka yang nikmat. Lokasinya sendriri berada di sekitaran Jalan Veteran, persisnya di Gang II No. 42, Serengan.

3 dari 4 halaman

Galabo Wisata Kuliner Solo

      View this post on Instagram      

A post shared by kuliner solo & explore Solo (@kulinerdisolo) on

Galabo ini bisa dibilang sebagai pusat kuliner yang ada di Solo. Galabo sendiri bukan asal nama aja lho, melainkan sebuah singkatan yakni Gladag Langen Bogan Solo. Artinya, pusat makanan favorit Solo yang ada di daerah Gladag.

Galabo ini berada di halaman selatan Benteng Vastenburg yang ada di daerah Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Solo. Di wisata kuliner Solo ini ada sekitar 28 pedagang dengan beragam sajian makanan yang bisa kamu pilih.

Tempatnya juga tertata rapi. Menariknya, sebagian besar kuliner di Galabo ini merupakan kuliner legendaris yang ada di Solo seperti Sate Kere Yu Rebi, Rawon Penjara, Tengkleng Klewer Bu Ediyem, dan masih banyak lagi lainnya. Nah, buat kamu pemburu kuliner legendaris di Kota Batik, bisa banget langsung menuju ke Galabo.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Malam Solo

Mencicipi kuliner malam di Solo juga bisa jadi salah satu agenda wisata yang menarik untuk dicoba. Berikut ini sederet rekomendasi kuliner malam Solo yang terkenal dan menggugah selerah. Cek selengkapnya di bawah, yuk!

1. Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

      View this post on Instagram      

A post shared by Angelina Puspasari ???????? (@separuhakulemak) on

Enggak hanya di Jogja aja kamu bisa menjumpai gudeg, tapi di Solo juga. Rasanya juga enggak kalah nikmat. Salah satu gudeg solo yang wajib kamu cicipi yakni Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan.

Tempat wisata kuliner Solo ini sangat pas buat kamu yang mencari kuliner malam di Solo. Karena, Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan baru akan buka pada dini hari, tepatnya jam 2 pagi. Lokasinya sendiri ada di Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

2. Soto Seger Mbok Ronggeng

Cukup menarik ya namanya. Soto Seger Mbok Ronggeng juga merupakan salah satu tempat wisata kuliner malam yang ada di Solo. Warung ini mulai buka sekitar jam 11 malam di Jalan Prof. DR. Supomo No.55, Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Solo. Cocok banget kan sebagai teman menghabiskan malammu. Kamu bisa menikmati suasana malam Kota Solo sembari menyantap soto yang nikmat dan hangat.

3. Seafood Pak Petruk

      View this post on Instagram      

A post shared by Makan Bercerita | #KulinerSolo (@makanbercerita) on

Bersantap seafood di malam hari juga enggak kalah nikmat lho. Salah satu tempat makan yang menjajakan seafood lezat di Solo yakni Seafood Pak Petruk. Di sini, kamu bisa memanjakan lidahmu dengan beragam olahan seafood mulai dari udang goreng, kepiting bumbu padang, gurita goreng, dan masih banyak lagi lainnya. Wisata kuliner Solo ini buka setiap harinya dari jam 4 pagi sampai 11 malam di Jalan Gajahmada No.48, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Solo.

4. Soto Gading

Masih tentang kuliner soto, buat kamu yang ingin menikmati soto yang murah meriah dengan rasa yang nikmat, Soto Gading bisa jadi opsi yang tepat. Kuah soto yang kaya rempah dengan nasi, mie soon, dan suwiran daging ayam sebagai isiannya bakal menggugah seleramu saat mencicipinya.

Warung Soto Gading ini juga menyajikan beragam pilihan lauk lainnya lho sebagai pelengkap soto. Ada telur puyuh, tempe goreng, sosis, bakwan, dan berbagai lauk lainnya yang bisa kamu pilih sesuai selera. Soto Gading sendiri berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon.

Cukup menggugah selera ya semua wisata kuliner Solo di atas. Dari semuanya, ada enggak nih yang pernak kamu coba? Share jawabanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar