10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam

Reporter : Wuri Anggarini
Senin, 24 Februari 2020 14:00
10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam
Dapatkan berbagai manfaat telur puyuh untuk kesehatan, yuk!

Telur ayam merupakan bahan makanan yang dijadikan sumber nutrisi yang mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Sayangnya, tidak sedikit yang mengalami alergi dan memicu berbagai reaksi, seperti gatal, muntah, sakit perut, hingga mual.

Jangan terlalu lama galau, bagi yang alergi terhadap telur ayam bisa menggantikannya dengan telur puyuh. Pasalnya, telur berukuran mungil ini memiliki alergen yang lebih rendah, bahkan menunjukkan sifat anti-alergi berkat protein khusus di dalamnya yang disebut ovomucoid. Manfaat telur puyuh bagi kesehatan juga sudah terbukti secara ilmiah.

Burung puyuh sebagai penghasil telur ini banyak diternakkan di Eropa, Afrika Utara, Amerika Serikat bagian selatan dan beberapa bagian Asia. Telur puyuh mudah dikenali berkat ukurannya yang lebih kecil dari telur ayam dan memiliki bintik berwarna kecokelatan yang tersebar di permukaannya. Namun, rasio kuning dan putih yang lebih tinggi daripada telur ayam, membuatnya kurang ideal untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang bermasalah dengan kolesterol tinggi.

1 dari 10 halaman

Nutrisi Telur Puyuh

10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam © Diadona

Banyak penelitian yang menunjukkan keunggulan manfaat telur puyuh dibandingkan telur ayam. Soal kadar protein misalnya, telur puyuh mampu memenuhi 13persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Selain itu, telur puyuh ini juga sangat kaya akan vitamin B, tepatnya vitamin B1 yang enam kali lebih banyak dan vitamin B2 yang 15 kali lebih banyak daripada telur ayam. Protein ovomucoid dalam telur yang banyak digunakan dalam pembuatan bento khas Jepang ini juga bergizi tinggi dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

2 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Sistem Pernafasan

Meningkatnya polusi udara dan stres saat menjalani aktivitas harian yang padat dapat mempengaruhi kesehatan sistem pernafasan. Hasilnya, semakin banyak anak-anak dan orang dewasa yang menderita asma dan bronchitis.

Manfaat telur puyuh yang kaya akan antioksidan merupakan cara yang efektif untuk mengurangi efek radikal bebas. Uniknya, telur puyuh ini pun sudah dimanfaatkan sejak zaman peradaban kuno untuk mengobati batuk dan asma. Konsumsi secara rutin untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.

3 dari 10 halaman

Mengurangi Risiko Anemia

10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam © Diadona

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacology and Therapeutics, telur puyuh kaya akan zat besi sebagai mineral penting yang bukan hanya meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga memicu pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya juga penting dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga tubuh terhindari dari gangguan kesehatan berupa anemia.

4 dari 10 halaman

Mempercepat Pemulihan

Bagi yang baru saja sembuh dari suatu penyakit, biasanya disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan tinggi protein untuk membantu pemulihannya. Telur puyuh bisa jadi pilihan yang tepat karena kandungan protein yang cukup tinggi.

Bukan hanya itu saja, kehadiran senyawa seperti mineral, antioksidan dan vitamin pun akan membantu mempercepat penyembuhannya, terutama saat mengalami flu atau pilek. Antioksidan pun menyumbang manfaat telur puyuh dalam menyembuhkan luka yang dapat mengurangi radikal bebas dan mencegah infeksi.

5 dari 10 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Banyaknya penyakit yang mengancam kesehatan mendorong pencarian akan bahan makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Bukan hanya bergantung pada superfood, manfaat telur puyuh untuk menjaga antibodi pun wajib dipertimbangkan.

Telur puyuh mengandung kadar vitamin C dan A yang cukup tinggi. Kelebihan ini dipercaya mampu menetralkan radikal bebas pemicu penyakit dan melindungi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

6 dari 10 halaman

Detoksifikasi Tubuh

10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam © Diadona

Istilah ini mungkin terdengar asing tapi melakukan detoks tubuh jadi cara yang terbukti ampuh untuk menjaga kesehatannya. Hal ini penting terutama bagi mereka yang beraktivitas di lingkungan yang dipenuhi polutan atau sering berinteraksi dengan logam berat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Journal menunjukkan jika penambahan telur puyuh dalam pola makan sehari-hari dapat membantu menghilangkan racun dari aliran darah.

Cara kerjanya, asam amino dalam telur puyuh dapat mengikat racun dalam darah. Sambil meningkatkan pergerakan dan pembersihan usus, kandungan gizi dalam telur puyuh membantu tubuh melakukan detoksifikasi.

7 dari 10 halaman

Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme tubuh yang sehat dapat mengurangi masalah pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Namun hal ini hanya bisa dicapai dengan mengubah pola atau kebiasaan makan kita.

Untungnya, manfaat telur puyuh dalam makanan sehari-hari bisa meningkatkan laju metabolisme. Vitamin B yang ada dalam telur puyuh meningkatkan aktivitas metabolism, termasuk fungsi hormon dan enzim yang akan memastikan proses dan kerja organ jadi lebih lancar.

8 dari 10 halaman

Meningkatkan Produktivitas

10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam © Diadona

Pernah mengalami minggu yang kurang produktif dan berpengaruh pada hasil kerjamu? Manfaat telur puyuh bisa membantumu. Mineral dan zat gizi mikro dalam telur imut ini akan memberikan lonjakan energi di pagi hari, apalagi jika dipasangkan dengan sumber protein dan karbohidrat. Sarapan seimbang dan padat nutrisi dengan olahan telur puyuh sering direkomendasikan pada orang-orang yang tergantung pada kafein atau stimulant lainnya yang digunakan untuk meningkatkan energi.

Di saat yang bersamaan, rutin konsumsi telur putuh juga dapat membantu fungsi kognitif. Vitamin A di dalamnya melindungi kerja saraf dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bukan hanya itu saja, lawan stres yang timbul di tengah giatnya bekerja dengan menikmati bekal makan siang berbahan telur puyuh. Kaya akan antidepresan, siapa sangka olahan telur ini mampu membantu melawan kecemasan dan stres yang berasal dari gaya hidup yang tidak sehat.

9 dari 10 halaman

Cocok Buat yang Lagi Diet

Telur memang sering jadi makanan wajib bagi mereka yang lagi fokus nge-gym atau menjalani diet ketat. Kini saatnya beralih ke manfaat telur puyuh yang punya protein 2% lebih banyak daripada ayam, lengkap dengan tingkat vitamin dan nutrisi yang lebih tinggi. Selain itu kadar vitamin B yang lebih banyak daripada telur ayam mampu menjaga tingkat energi tetap tinggi dan mempertahankan fokus selama menjalani pelatihan olahraga.

10 dari 10 halaman

Cantik dengan Telur Puyuh

10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam © Diadona

Banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk mempertahankan kecantikan, salah satunya dengan melawan penuaan dini. Sayangnya, stres dan kurangnya nutrisi esensial dari makanan dapat memicu tanda-tanda penuaan, salah satunya keriput.

Untungnya, manfaat telur puyuh yang kaya akan antioksidan dapat menjagamu tetap awet muda. Selain merawat kulit dari dalam dengan menjaga kelembapan kulit, gunakan juga masker kulit yang terbuat dari campuran telur puyuh dan sari jeruk lemon untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Bukan hanya mempertahankan kecantikan kulit, konsumsi telur puyuh juga dapat menjaga kuku tetap sehat dan kuat. Menjadi sumber asam lemak sehat dan protein yang baik, telur puyuh mampu mengurangi kerusakan dan membuat kuku lebih bersinar.

Beralih ke rambut, memperkenalkan telur puyuh dalam pola makan sehari-hari dapat mengurangi kerontokan rambut. Nutrisi di dalamnya, seperti sulfur, mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang akan membantu rambut tumbuh lebih kuat dan sehat.

Jangan remehkan ukurannya yang mungil, ternyata manfaat telur puyuh cukup berlimpah bagi kesehatan. Yuk, masukkan dalam pola makan sehari-hari! (eth)

Beri Komentar