10 Makanan Khas Makassar yang Ringan dan Cocok untuk Dijadikan Oleh-Oleh

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 21 Januari 2021 07:56
10 Makanan Khas Makassar yang Ringan dan Cocok untuk Dijadikan Oleh-Oleh
Makanan khas Makassar ini wajib kamu cobain untuk kamu yang berencana travelling ke sana.

Kalau ngomongin makanan khas makassar sih tentu saja coto makassar. Tapi gimana dengan makanan ringannya yang cocok dijadikan oleh-oleh?

Ada beragam makanan ringan khas Makassar yang bisa kamu buru untuk jadi camilan menikmati keindahan alamnya atau untuk oleh-oleh saudara di rumah. Cita rasnya mungkin berbeda dengan daerah asalmu, tapi bukankan itu nikmatnya mencicipi makanan dari daerah lain?

Di ulasan Diadona tentang makanan ringan khas Makassar ini bakalan diceritain dikit mengenai bahan dan gimana rasanya, jadi kamu bisa menentukan kira-kira camilan mana nih yang pengen kamu coba dan bawa pulangg. Yuk simak!

1 dari 3 halaman

Makanan Ringan Khas Makassar

Berikut ulasan singkat mengenai makanan khas Makassar apa nih yang kudu kamu coba dan cocok buat oleh-oleh sanak saudara di rumah.

Dangke

Makanan Khas Makassar - Dangke © Diadona

Adalah makanan khas makassar yang cocok banget buat dijadiin olhe-oleh. Dangke dibuat dari fermentasi susu kerbau dan cuman ada di Enrekang, kabupaten yang dikenal sebagai penghasil Kambing Etawa. Makanan ini punya rasa mirip keju dengan tekstur yang lembut seperti tahu.

Yup, dangke perlu diolah lebih lanjut dengan dibakar, ditumis, atau dibuat kerupuk. Kadang juga bisa dinikmati dengan beras ketan yang ddisebut dengan pulu mandoti. Sayangnya karena daya tahannya yang hanya sebentar, oleh-oleh makanan khas Makassar ini nggak cocok untuk kamu yang harus menempuh perjalanan yang panjang.

Kerupuk Jintan

Makanan Khas Makassar - Kerupuk Jintan © Diadona

Berbahan sagu dengan campuran jintan hitam, makanan khas Makassar ini punya bentuk yang nggak tipis. Makanya, agak mengherankan kenapa disebut dengan kerupuk. Hmm. Namun di beberapa daerah lain di Makassar, kerupuk jintan ini disebut juga dengan roti jintan.

Tekstur dari kerupuk jintan ini tergantung pada pengolahannya amsing-masing. Kalau adonan digoreng lama maka tercipta snack yang renyah sedangkan kalau digoreng sebentar maka teksturnya jadi renyah di luar dan lembut di dalam, mirip seperti roti deh!

Kacang Disco

Makanan Khas Makassar - Kacang Disco © Diadona

Namanya yang unik cocok banbet dengan rasanya yang asyik. Kacang disko adalah kacang berbalut tepung yang krispi dengan bumbu yang gurih. Pada beberapa merk makanan khas Makassar ini, kacang disko punya banyak varian rasa seperti rasa original, pedas atau rasa keju.

2 dari 3 halaman

Baruasa

Makanan Khas Makassar - Baruasa © Diadona

Adalah makan ringan khas Makassar yang dibuat dari tepung beras, telur dan kelapa parut kering. Dari komposisi itulah membuat rasanya jadi renyah dan gurih dengan kandungan lemak yang rendah.

Baruasa kerap dijumpai di gelaran pesta atau camilan di hari raya lebaran. Kalau kamu ingin membelinya untuk oleh-oleh, Bruasa bsai ditemukan dengan mduah di pusat oleh-oleh di kota ini.

Kue Kurma

Makanan Khas Makassar - Kue Kurma © Diadona

Namanya boleh kurma, tapi dibuat dari mentega, telur, maizena dan tepung terigu yang kemudian dibalut dengan caramel. Balutan karamel inilah yang menghasilkan warna keemasan yang mengkilat dan mirip seperti kurma.

Rasanya gimana? Tentu manis karean balutan caramelnya dan renyah berkat taburan potongan kacang di permukaannya.

Mantao Pare

Makanan Khas Makassar - Mantao Pare © Diadona

Bentuknya mirip banget dengan kue mantao dengan warna putih dan tekstur yang halus. Mantao pare harus digoreng dulu sebelum dimakan. Teksturnya empuk banget dengan bagian dalam yang empuk, garing dan gurih serta sederhana banget. Bikin ketagihan banget deh!

Berita baiknya kamu bisa membuat persediaan makanan khas Makassar ini karena bila disimpan di dlam freezer, mantao pare bisa bertahan sampai satu bulan lamanya.

3 dari 3 halaman

Oleh-Oleh Khas Makassar

Makanan ringan ini cocok banget untuk kamu jadikan oleh-oleh khas Makassar

Kacang Sembunyi

Seperti namanya, makanan khas Makassar ini adalah balutan adonan dengan kacang yang tersebunyi di dalamnya. Trus di bagian luar terdapat lapisan karamel yang manis dan legit. Wah, kebayang nggak gimana gurih dan renyahnya?

Kue Benang-Benang

Makanan Khas Makassar - Kue Benang Benang © Diadona

Namanya kemungkinan berasal dari bentuknya yangs eperti bening kusut yang dilipat-lipat. Dan tahu nggak sih kalau makanan khas Makassar ini masih banyak diproduksi secara tradisional, meski ada juga sih yang sudah menggunakan mesin modern.

Dari penampakannya sudha terbayang kan gimana rasa dari makanan khas Makassar satu ini. Yaitu manis dari bahan gula arennya.

Otak -Otak Tenggiri

Makanan Khas Makassar - Otak Otak Tenggiri © Diadona

Selain Palembang dan Jakarta, Makassar juga merupakan kota yang terkenal dengan otak-otaknya. Dibuat dari daging ikan tenggiri trsu dicocol dengan sambal yang menjadikan rasanya jauh lebih nikmat.

Deppa Tori

Makanan Khas Makassar - Deppa Tori © Diadona

Kalau di Jawa, makanan khas Makassar ini punya sebutan kue cucur. Bentuknya emang sederhana sih namun rasa manisnya cocok banget untuk camilan di kala senggang kamu. Karena bentuk dan cara penyajiannya, kue ini sering disebut dengan nama churros ala Toraja. Penasaran?

Bagea

Makanan Khas Makassar - Bagea © Diadona

Adalah kue kering dengan bentuk bulat dan berwarna putih pucat. Untuk kamu yang pertama kali menyantap makanan khas Makassar ini kudu berhati-hati yah karena tekstur bagea yang cenderung keras. Tapi ini tergantung dari cara mengolahnya kok.

Bagea merupakan salah satu olahan tepung sagu dan cocok banget dijadikan makanan cemilan ketika menikmati secangkir kopi atau teh

Beri Komentar