11 Kuliner Enak dengan Nama yang Jorok dan Ngeres

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 8 Februari 2020 00:01
11 Kuliner Enak dengan Nama yang Jorok dan Ngeres
Kuliner dengan nama 'Memek' sampai 'Kontol Sapi' ternyata ada di Indonesia.

Indonesia punya beragam makanan, apalagi kudapan. Mulai dari Sabang sampai Merauke punya makanannya masing-masing. Beberapa di antaranya sering kita temui sebagai hidangan saat hari raya. Yuk lihat daftar makanan-makanan di Indonesia yang menggunakan nama yang nyeleneh.

1 dari 11 halaman

1. Kue Tolpit

Ilustrasi Kue Kokam © Diadona

Tolpit adalah singkatan dari Kontol Kejepit. Jajanan satu ini juga dikenal dengan nama Adrem, makanan khas Bantul yang satu ini disamping rasanya manis dan gurih juga memiliki nama yang unik. Penganan yang terbuat dari adonan tepung beras yang ditambah dengan gula jawa, trus digoreng, paling enak dimakan selagi anget.

2 dari 11 halaman

2. Peli Kipu

Ilustrasi Peli Kipu © Diadona

Kue satu ini berasal dari Surabaya, jadi namanya ini berasal dari bahas Jawa. Peli berati penis, dan kipu yang berarti kotor. Yah.. Lumayan nampak jelas lah ya dengan tampilan dari jajanan satu ini, hahaha~

3 dari 11 halaman

3. Peler Bedebu

Ilustrasi Kue Peler Bedebu © Diadona

Jangan tertawa dulu, ini adalah nama kue khas dari Kepulauan Seribu, Jakarta. Sekilas bentuk dan teksturnya mirip dengan kue klepon. Konon kue ini sudah ada sejak 1970-an, sehingga jadi kue khas di Kepulauan Seribu. Nama kue ini sendiri berasal dari candaan masyarakat yang melihat bentuk dan tekstur kue ini yang lembek, serta ditutupi parutan kelapa.

4 dari 11 halaman

4. Kue Tete

Ilustrasi Kue Tete © Diadona

Nah yang satu ini adalah kue khas Betawi, namun kini kita sudah bisa menemuinya di berbagai pasar tradisional. Asal nama ini tidak muluk-muluk karena memang bentuk dari kue rasa pandan ini mirip seperti bagian ujung payudara.

5 dari 11 halaman

5. Dawet Jembut Kecabut

Ilustrasi Dawet Jembut Kecabut © Diadona

Eits! Bagi kamu yang tahu arti nama ini, jangan berpikir ngeres dulu lo. Es Dawet satu ini adalah hidangan penutup khas Purworejo. Asal-usul nama ini karena makanan ini sering dijajakan di tepi jalan Purworejo-Kebumen, Desa Butuh, Kecamatan Butuh, tepatnya di sebelah timur jembatan Butuh. Nah, jadi maksud dari kata 'jembut' ini adalah jembatan Butuh.

6 dari 11 halaman

6. Mie Pentil

Ilustrasi Mie Pentil © Diadona

Lagi-lagi jangan berpikir ngeres dulu ya~ Sebab pentil yang dimaksudkan di sini berarti karet penutup ban yang biasa disebut pentil. Diberi nama karet adalah karena mie khas Bantul ini kenyal-kenyal seperti karet, sebab bahan membuat mie ini adalah tepung tapioka.

7 dari 11 halaman

7. Nasi Kentut

Ilustrasi Nasi Kentut © Diadona

Nasi ini adalah makanan khas dari Medan. Meskipun dinamai kentut, tidak ada aroma kentut loh ya dalam nasi ini. Melainkan nasi ini menggunakan daun sembukan yang dikenal sebagai tanaman kentut di daerah Sumatra.

8 dari 11 halaman

8. Kupat Jembut

Ilustrasi Kupat Jembut © Diadona

Selain es dawet jembut tadi, lagi-lagi ada makanan yang turut menyertakan kata jembut dalam namanya. Makanan satu ini adalah ketupat yang ditambahi kecambah yang mencuat tak beraturan, makanya terlihat mirip seperti jembut (bulu kelamin) hehehe~ Tapi masalah rasa, makanan satu ini punya rasa yang gurih dan mantap.

9 dari 11 halaman

9. Kontol Sapi

Ilustrasi Kue Kontol Sapi © Diadona

Kue ini adalah makanan khas Cilegon. Mungkin agak tidak nyaman menyebutnya ya, lagi-lagi menurut masyarakat setempat, kue ini mirip dengan otongnya sapi. Kue ini terbuat dari adonan beras ketan dan kelapa, yang kemudian digoreng dan dilumuri cairan gula pasir hingga mengental dan mengering. Kue ini dengan mudah bisa kamu temui di pasar tradisional.

10 dari 11 halaman

10. Memek

Ilustrasi Memek © Diadona

Yak! Kita sampai di daftar yang terakhir. Lagi-lagi nama makanan ini akan memunculkan imajinasi yang aneh di benak kita, padahal makanan khas Simeulue Aceh ini memiliki arti mengunyah dalam bahasa setempat.

Jadi memek adalah olahan beras ketan yang sudah disangrai hingga meletus seperti popcorn. Biasanya memek diolah menjadi bubur.

11 dari 11 halaman

11. Kue Kokam

Jajanan ini banyak ditemui di beberapa penjual gorengan yang ada di Malang. Nama Kokam sendiri adalah akronim dari Kontol Kambing (alat kelamin kambing jantan).

Beri Komentar