10 Cara Membuat Pizza Sederhana dan Mudah di Rumah dengan Roti Tawar Goreng Topping Sosis

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 20 Februari 2020 20:05
10 Cara Membuat Pizza Sederhana dan Mudah di Rumah dengan Roti Tawar  Goreng Topping Sosis
Makanan nikmat dengan banyak slice yang cocok untuk menu nongkrong bareng teman, nih. Yuk, coba buat sendiri pizza kesukaan dengan mudah di rumah!

Acara nongkrong makin keren dan berkesan pastinya dengan teman menu makanan yang nikmat, dong. Yap! Banyak sekali olahan makanan yang wajib banget dihidangkan bareng teman dan keluarga saat bercakap-cakap. Salah satu menu wajib yang ada adalah olahan yang khas dengan bentuk bundar yang di slice menjadi beberapa bagian. 

Tentunya kamu pasti sudah nggak asing lagi dong dengan pizza yang merupakan makanan hits anak zaman now. Jika biasanya kamu dan "The Gangs" memilih membeli di gerai terkenal atau delivery, maka nggak ada salahnya kamu untuk membuat olahan makanan pizza ini. Tenang, cara membuatnya sangatlah mudah, kok. Berikut telah Diadona ulas resep cara membuat pizza sederhana yang tentunya bisa banget kamu praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Pizza Teflon Sederhana

Ilustrasi Pizza © Diadona

Sangat bisa sekali jika kamu ingin membuat olahan pizza yang mudah ini di rumah. Yap, hanya dengan alat teflon yang sederhana kamu sudah bisa menikmati olahan pizza yang tentunya lezat. Langsung saja simak resep cara membuat pizza sederhana dengan teflon di bawah ini " No ribet-ribet club" !

Bahan:
- 1 1/2 sdt ragi instan
- 2 sdt gula pasir
- 240 ml air hangat
- 200 gram tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm minyak sayur
- 4 pcs sosis sapi
- 5 sdm saus tomat
- 1 siung bawang bombay
- 50 gram paprika hijau
- 50 gram paprika kuning
- 40 gram keju melt

Cara membuat pizza sederhana dengan teflon:

  1. Larutkan gula pasir dan ragi instan ke dalam 100 ml air hangat. Diamkan selama 15 menit hingga muncul busa. Campur tepung terigu, garam, dan minyak kemudian masukkan air ragi ke dalam campuran tersebut. Tambahkan sisa air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  2. Tutup adonan dengan kain basah selama 1 jam hingga mengembang. Siapkan teflon yang sudah diolesi minyak. Masukkan adonan ke dalam teflon hingga menutupi permukaan teflon.
  3. Tusuk-tusuk adonan pizza dengan garpu, kemudian oleskan saus tomat serta tata topping yang sudah disiapkan seperti bawang bombay, paprika, sosis, dan terakhir taburi keju melt.
  4. Panggang di atas kompor dengan api kecil dan tidak lupa untuk menutup teflon agar matangnya merata. Cek secara berkala agar tidak gosong. Jika sudah matang angkat dan segera sajikan saat hangat.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Pizza Sederhana di Rumah

Ilustrasi Pizza © Diadona

Daripada kamu dan The Gang membeli olahan pizza yang dibandrol dengan harga yang lumayan " mehong" , mending kamu buat sendiri pizza super sederhana yang tentunya memiliki rasa yang nggak kalah dengan yang dijual di gerai brand ternama. Langsung saja simak resep cara membuat pizza sederhana berikut ini.

Bahan:
- 200 gram Tepung Cakra (protein Tinggi)
- 1 sdt ragi Instan
- 1 sdt garam
- 1 bungkus susu bubuk, dancow putih
- 1 sdm gula
- 20 ml minyak goreng
- Saus bolongnise/saus tomat
- Keju parut, esuai selera
- Daging cincang/cornet
- Bawang Bombay
- Sosis
- Daun oregano
- 125 cc air hangat
- Margarin

Cara membuat pizza sederhana di rumah:

  1. Larutkan Ragi dan gula pada air hangat. Tunggu 15 menit hingga air berbusa. Siapkan toping pizza, isi bisa dimodifikasi sesuai selera. Tumis bawang bombay, sosis, daging cincang/kornet. Jangan terlalu matang.
  2. Campur Tepung, garam dan susu bubuk pada wadah. Aduk dengan air gula ragi hingga merata. Campur dengan minyak dan uleni hingga kalis. Bentuk bulat dan letakkan di wadah yang telah dioles minyak. Tutup dengan serbet basah. Tunggu 15 menit hingga mengembang.
  3. Pipihkan pada wajan teflon yang telah dioles margarin lalu di tusuk-tusuk dengan garpu. Oles dasar adonan dengan saus tomat/bolongnise sebelumnya. Atur toping diatas adonan.
  4. Masak pada kompor dengan api yang sangat kecil selama 15 menit dengan teflon ditutup. Cek dasar adonan, pastikan tidak gosong.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Pizza Sederhana dengan Roti Tawar

Ilustrasi Pizza Sederhana Roti Tawar © Diadona

Olahan pizza sederhana ini juga bisa kamu buat dengan roti tawar, loh. Gimana, simple kan? Langsung saja, yuk kita simak bersama resep mudah cara membuat pizza sederhana dengan memanfaatkan bahan roti tawar di bawah ini.

Bahan:
- 3 lembar roti tawar, tanpa pinggiran
- 2 buah sosis, potong bulat tipis
- Secukupnya saos pasta bolognese
- 1 sdm saos tomat/sambal
- Secukupnya keju mozzarella/quick melt, parut
- Secukupnya margarin
- Sedikit air

Cara membuat pizza sederhana sengan roti tawar:

  1. Potong serong menjadi dua roti tawar. Panaskan margarin, tumis sosis, masukkan saos bolognese dan saos tomat/sambal. Aduk rata dan tambahkan sedikit air. Masak sampai air menyusut atau kekentalan sesuai selera.
  2. Ambil roti, kemudian oleskan saus sosis, taburi di atasnya parutan keju. Panggang dengan api kecil di atas teflon yang sudah diberi margarin sampai keju meleleh. Tutup teflon dan setelah matang angkat kemudian sajikan.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Pizza Sederhana Tanpa Teflon

Ilustrasi Pizza © Diadona

Tanpa teflon, kamu juga bisa membuat pizza sederhana sendiri di rumah. Paket komplit yang enak, murah dan anti ribet. Langsung saja praktikkan resep cara membuat pizza sederhana tanpa teflon berikut ini.

Bahan:
- 300 gram terigu protein tinggi
- 150 ml air hangat
- 6 gram ragi instan
- 50 ml olive oil atau minyak sayur
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/4 sdt garam

Bahan isian:
- 5 buah sosis potong kotak-kotak
- 1 buah tomat merah buang isi dan potong kotak
- 1 batang daun bawang iris halus
- 1/2 buah bawang bombay potong kotak kecil-kecil
- Saus tomat
- Saus Bolognaise
- Secukupnya oregano dan basil kering
- Bahan oles 1 butir kuning telur

Cara membuat pizza sederhana tanpa teflon:

  1. Campur ragi instan dengan air dan gula pasir. Air bisa pakai sebagian dari ukuran. Lalu diamkan selama 8 menit hingga berbuih.
  2. Ayak tepung terigu, lalu tambahkan garam, campur rata. Buat lubang ditengah lalu tambahkan minyak olive atau minyak sayur. Lalu tuangkan cairan ragi, aduk sambil dituang sisa air sedikit-sedikit. Uleni dengan tangan sampai semua tercampur rata.
  3. Diamkan selama 10 menit dengan ditutup kain bersih supaya adonan rehat lalu uleni kembali 10 menit. Bulatkan adonan dengan dilumuri minyak, lalu tutup dengan kain selama 45 menit atau sampai ukurannya menjadi 2 kali lipat besarnya. Setelah itu kempeskan adonan, giling dan pipihkan adonan.
  4. Beri topping pada adonan dengan olesan saus tomat, saus bolognaise. Taburkan potongan daun bawang dan bawang bombay, potongan tomat merah dan sosis. Daun oregano dan juga basil. Taburkan keju mozarella parut.
  5. Gulung adonan secara perlahan. Potong- potong adonan sebesar 2 cm, tata di atas loyang dengan diberi jarak, lakukan hingga selesai.
  6. Oles dengan kocokan kuning telur secara tipis, lalu semprotkan sedikit mayonais di atas adonan yang telah ditata. Panggang dengan suhu 200 derajat api atas bawah selama 10-15 menit. Angkat dan dinginkan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Pizza Mini Sederhana Tanpa Oven

Ilustrasi Pizza © Diadona

Jika biasanya kamu menikmati pizza bundar yang lebar, maka nggak ada salahnya kamu untuk mencoba varian pizza mini sederhana tanpa dioven ini. Yuk, langsung saja cus... simak resep cara mudah membuat pizza sederhana mini di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram tepung terigu
- 1 sdt ragi instan, fernipan
- 2 sdm gula pasir
- 120 ml air dingin
- 1 sdt margarin
- 1/4 sdt garam
- 5 sosis long, sesuai selera topping
- Secukupnya bawang bombay
- Secukupnya keju, parut
- Saus secukupnya

Cara membuat pizza mini sederhana tanpa oven:

  1. Campurkan semua bahan tepung terigu, gula, ragi instan, air dingin, margarin dan garam. Remas bahan hingga kalis lembut dan tidak lengket di tangan. Diamkan selama 1 jam wadah adonan di tutup dengan lap yang bersih.
  2. Kempeskan adonan jika sudaah mengembang, entuk bulat-bulat, lalu dipipihkan, beri topping saus bolognese sosis dan parutan keju. Lanjutkan sampai adonan habis.
  3. Panaskan teflon, kemudian beri blueband sedikit tunggu teflon panas. Masukan adonan pizza yang sudah diberi topping. Masak dengan api yang kecil.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Pizza Mie Sederhana

Ilustrasi Pizza Mie © Diadona

Selain roti tawar, kamu juga bisa dong membuat pizza sederhana dengan bahan mie. Yap, cara membuatnya sangatlah simle dan mudah untuk ditirukan di rumah. Simak resep cara membuat pizza sederhana dengan mie di bawah ini.

Bahan:
- 1 bungkus mie instan kuah
- 1 butir telur
- Keju cheddar
- Saos bolognese rasa ayam
- Margarin untuk olesan teflon

Cara membuat pizza mie sederhana:

  1. Masak mie seperti biasa, campur bumbu dan cabe karena akan dibuat omelette, mienya ditiriskan, baru campur bumbu dan cabenya. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok ke dalam mie tadi.
  2. Panaskan teflon, masukkan margarin secukupnya. Setelah teflon panas, masukkan mie. Masak dengan api kecil. Balik mie, setelah mie kering biarkan salah satu sisi setengah matang, masukkan saos bolognese, ratakan. Masak sampe matang, angkat pizza mie, sajikan dengan taburan keju cheddar.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Topping Pizza Sederhana

Ilustrasi Pizza © Diadona

Topping saus yang khas dari olahan pizza juga bisa kamu buat sendiri di rumah, loh. Penasarankan, bagaimana sih cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak resep cara membuat pizza sederhana untuk bumbunya sebagai topping di bawah ini.

Bahan:
- 3 sdm saus bolognese
- 10 sdm saus tomat
- 2 buah tomat besar
- 2 sdm gula pasir
- 10 buah sosis
- 3 sdm kornet sapi
- Minyak untuk menumis
- Daun bawang
- 2 siung bawang putih cincang
- Jagung pipil

Cara membuat pizza untuk topping saus sederhana:

  1. Belah tomat 4 bagian jangan sampai putus. Belah agar mudah di kupas kulitnya. Rebus selama 4 menit. Setelah matang, kupas, buang biji lalu haluskan/blender. Sisihkan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum. Beri sedikit air. Tambahkan semua bahan kecuali jagung dan daun bawang.Aduk rata, masak hingga setengah matang. Masukkan jagung dan daun bawang. Masak sebentar. Saus siap digunakan.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Pizza Sederhana dan Mudah

Ilustrasi Pizza © Diadona

Cara membuat pizza sederhana di rumah memang lebih ekonomis dan tentunya lebih mudah. Langsung saja simak resep cara membuat pizza super simple di bawah ini.

Bahan:
- 8 helai Roti tawar kulit
- 6 sdm Saus tomat/bolognese
- 4 pcs Sosis
- Keju mozarella / Quickmelt
- secukupnya Oregano

Cara membuat pizza sederhana dan mudah:

  1. Potong roti tawar menjadi 2 bagian. Oles dengan saus bolognese/saus tomat. Kasih topping sosis yang sudah dipotong sesuai selera.
  2. Taburi keju quickmelt dan oregano secukupnya. Panggang sampai keju meleleh dan roti keemasan suhu 170 derajat selama 10 menit, sesuaikan oven masing-masing. Atau bisa menggunakan double pan atau teflon. Setelah matang, angkat dan sajikan.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Pizza Goreng Sederhana

Ilustrasi Pizza Goreng © Diadona

Nah, untuk resep yang satu ini merupakan varian pizza goreng yang juga wajib kamu coba untuk dibuat sendiri di rumah. Yuk, langsung saja simak langsung cara membuat pizza sederhana dengan cara digoreng berikut ini. 

Bahan:
- Roti tawar
- 2 butir telur
- Tepung panir

Bahan isian:
- Secukupnya keju
- Secukupnya mayones
- 1/4 kg ayam
- 3 sosis, 1 sosis dicampur isian dan 2 sosis dipotong panjang
- Tomat
- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 bawang bombai
- Daun prey
- Tomat
- Saos tomat
- Origano secukupnya
- Merica bubuk
- Kaldu bubuk secukupnya
- Gula dan garam
- 1/2 sdm tepung tapioka

Cara membuat pizza sederhana goreng:

  1. Buat isian pizza denagn cara geprek bawang putih, bawang merah, rajang bawang bombai, lalu tumis dengan margarin sampai harum.
  2. Masukkan tomat sampai layu baru masukkan ayam yang sudah dipotong kotak bersama sosis, beri air sedikit tunggu setengah matang baru masukkan paprika, tambah gula, garam, kaldu bubuk, origano, merica, dan saos tomat aduk rata. Setelah matang beri tepung tapioka sedikit biar agak kental baru tes rasa.
  3. Ambil 1 lembar roti tawar lalu giling dengan gelas/rool kue pipihkan, setelah pipih isi dengan isian pizza, dan tambah sosis utuh di tengahnya dan taburi mayo dan parutan keju/mozarella. Gulung, rekatkan kanan kirinya dengan telur kocok.
  4. Setelah tergulung rapi celupkan di telur kocok tadi lalu gulingkan di tepung panir. Lalu masukkan ke dalam kulkas biar tepung panir menempel, baru digoreng dengan minyak yang sedang jangan terlalu panas dan pizza goreng sederhana siap dihidangkan.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Pizza Sosis Sederhana

Ilustrasi Pizza © Diadona

Pizza sederhana yang ditaburi topping sosis sederhana juga bisa menjadi pilihan menu olahan varian pizza yang cocok dinikmati bersama-sama. Langsung saja simak resep cara membuat pizza sederhana dengan sosis berikut ini.

Bahan:
Bahan kulit:
- 300 gram tepung terigu
- 20 ml minyak
- 200 ml air
- 1 sdt garam
- 1 sdt fermipan
- 1 sdt gula

Bahan isi:
- sosis 3 buah dipotong bulat kecil
- 1/2 bawang bombay
- 2 buah jagung manis
- 100 gram keju mozarella
- 6 sdm saos bolognes

Cara membuat pizza sederhana sosis:

  1. Masukkan bahan kulit bersama-sama kemudian aduk dan uleni sampai kalis. Didiamkan adonan selama 1 jam sampai mengembang. Bagi adonan menjadi 3 bagian lalu bentuk bulat tipis.
  2. Setelah itu bisa olesi saos dan diberi toping sosis, bawang bombay, jagung dan mozarella. Oven dengan suhu 200 derajat celcius dengan api atas bawah selama 20 menit. Setelah matang keluarkan dan siap dihidangkan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat pizza sederhana yang tentunya mudah dan nggak ribet untuk dipraktikkansendiri di rumah. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya? Jika demikian, yuk segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Beri Komentar