10 Cara Membuat Mochi Es Krim Aneka Rasa Sederhana Isi Coklat, Kacang dan Susu Khas Jepang

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 12 Maret 2020 22:08
10 Cara Membuat Mochi Es Krim Aneka Rasa Sederhana Isi Coklat, Kacang dan Susu Khas Jepang
Eh, udah mau weekend nih... Makan camilan yang unyu-unyu yuk! Buat aja mochi yang manis dan kenyal berikut ini.

Bingung ingin membuat olahan kekinian? Ingin ngemil tapi nggak tau mau makan apa? Eits, nggak perlu resah dan gelisah, buat aja olahan kekinian mochi yang imut dan unyu. Ito loh, kue bentuk bulat dengan taburan tepung putih di luarnya. Kamu akan merasakan sensasi lembut pada awal gigitan pertama dan lama kelamaan akan sedikit lengket dan kenyal.

Cara membuat kue mochi cukup mudah, kok. Nggak perlu skill dewa, kamu hanya memerlukan beberapa bahan untuk membuat kulit mochi dan isiannya. Penasarankan bagaimana sih cara membuat kue mochi berbagai rasa dan isinya yang lezat? Yuk langsung saja deh simak resep cara membuat mochi yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Kue Mochi

Ilustrasi Kue Mochi © Diadona

Kue mochi merupakan olahan Jepang yang terbuat dari tepung ketan dan ditumbuk halus sehingga terbentuk tektur lengket dengan berbagai isian. Cara membuat kue mochi ini sangatlah mudah, kok. Kamu tentunya bisa membuatnya dengan resep cara memuat mochi berikut ini. 

Bahan:
- 300 gram tepung ketan putih
- 3 sdm gula pasir
- 1/2 gelas santan kental
- 1/4 sdm vanili bubuk
- Air secukupnya

Isian:
- 200 gram kacang tanah
- 2 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 2 sdm air hangat
- 1 sdm minyak untuk menggoreng
- 1/4 gelas air

Cara membuat mochi kue:

  1. Buat isian dengan menggoreng kacang tanah dengan sedikit minyak, setelah matang lalu sisihkan. Blender kacang tanah dengan gula pasir, garam dan 2 sdm air hangat.
  2. Buat kulit moci dengan cara sangrai sebentar 50 gram tepung ketan putih selama 2 menit tanpa minyak dan jangan sampai gosong. Masukkan 250 gram tepung ketan putih dalam wadah, tambahkan 3 sdm gula pasir, vanili dan santan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.
  3. Tambahkan air dalam adonan hingga bertekstur cair dan kental. Siapkan wadah yang tahan panas lalu tuang adonan dan kukus selama 10-15 menit hingga semua adonan matang.
  4. Segera taburkan tepung ketan sangrai di atas wadah datar. Letakkan juga adonan yang baru selesai dikukus. Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi bahan isian kacang. Lumuri pinggirannya dengan air untuk menutup moci. Kue mochi siap dihidangkan.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Mochi Es Krim

 Ilustrasi Mochi Es Krim © Diadona

Es krim dengan tekstur lembut nggak hanya dibuat dengan rasa vanila dan bahan susu saja. Kamu tentunya bisa membuat olahan es krim dari mochi, loh. Nggak perlu ribet, cukup dengan menggunakan bahan sederhana tepung ketan dan whipcream bubuk, kamu bisa langsung menikmati sajian enak es krim kekinian mochi yang super duper lembut. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat mochi es krim di bawah ini.

Bahan:
- Tepung ketan
- 3 bungkus drink beng beng
- Whipcream bubuk
- Air dingin

Cara membuat mochi es krim:

  1. Persiapkan bahan dan alat cetakannya. Masukkan tepung ketan dan 2 bungkus beng beng drink ke dalam wadah. Beri air secukupnya hingga adonan cair kental.
  2. Masak adonan dalam panci sambil diaduk-aduk hingga menggumpal. Ambil sedikit tepung ketan untuk disangrai dan campurkan dengan 1 bungkus beng beng drink.
  3. Setelah menggumpal, angkat dan diamkan agar dingin. Ambil sedikit demi sedikit dan taruh di atas taburan tepung ketan sangrai kemudian pipihkan.
  4. Ambil whipcream bubuk dan mixer dengan air dingin. Setelah semua bahan siap, ambil pipiahkan tepung ketan matang dan taruh dalam cetakan.
  5. Masukkan juga whipcream dan tutup dengan adonannya. Taruh dalam kulkas agar tidak lembek. Mochi ice cream siap disajikan.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Mochi Aneka Rasa

Ilustrasi Mochi Aneka Rasa © Diadona

Banyak sekali varian mochi yang bisa kamu nikmati. Kamu bisa banget tuh membuat mochi gulung dengan berbagai perisa makanan dengan taburan wijen di luarnya. Nggak perlu ribet, langsung saja deh buat sendiri olahan mochi kekinian di rumah dengan melihat resep cara membuat mochi aneka rasa di bawah ini.

Bahan isian:
- 100 gram kacang tanah, sangrai dan chop kemudian sisihkan
- 25 gram gula pasir
- 2 sdm air panas

Bahan mochi:
- 175 gram tepung ketan
- 25 gram terigu serbaguna
- 15 gram susu bubuk
- 160 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 65 ml santan
- 200 ml air
- Perisa makanan sesuai selera
- Secukupnya wijen, sangrai untuk pelapis

Cara membuat mochi aneka rasa:

  1. Campur semua bahan isian menjadi satu lalu sisihkan. Buat mochinya dengan cara campur semua bahan mochi menggunakan wiskball hingga gula larut dan merata juga tidak ada bahan yang bergerindil.
  2. Bagi adonan menjadi dua bagian sama rata. Beri adonan perisa (durian dan strawberry) atau sesuai selera. Masukkan ke dalam loyang ukuran 20 kali 20 yang sudah diolesi minyak sayur. Masukkan dalam kukusan selama 20 menit.
  3. Segera keluarkan adonan dari kukusan setelah matang. Beri isian kacang cincang dan ratakan. Gulung adonan dan gulingkan di atas wijen sangrai. Potong sesuai selera dan siap dihidangkan.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Mochi Sederhana

 Ilustrasi Mochi Sederhana © Diadona

Ngaku anak hits, tapi masih aja enak-enakkan bobo saat weekend? Yah, nggak asik banget! Mending bergegas ke dapur dengan berkreasi memasak camilan kekinian. Yap, buat aja mochi sederhana aneka isian yang nempol abis. Simak saja langsung resep cara membat mochi sederhana di bawah ini.

Bahan mochi:
- 200 gr tepung ketan
- 2 sdm tepung maizena
- 300 ml santan hangat
- 1 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt garam
- 3 tetes pewarna hijau
- Essens Cocopandan
- 1 sdm minyak kelapa

Isian kacang:
- 1 cup kacang tanah sangrai
- 2 sdm gula merah
- 2 sdm gula putih
- 2 sdm air panas

Taburan:
- 2 sdm tepung maizena
- 2 lembar daun pandan

Cara membuat mochi sederhana:

  1. Siapkan semua bahan lalu campur dan aduk rata menggunakan whisk. Tambahkan minyak kelapa dan aduk lagi. Saring dan tuang dalam loyang yang sudah diolesi minyak.
  2. Kukus selama 20-15 menit hingga adonan matang. Alasi kain bersih pada tutup kukusan agar uap air tidak menetes.
  3. Aduk bahan isian hingga rata kemudian bulatkan. Angkat loyang dan diamkan sebentar lalu biarkan dingin. Pipihkan adonan menggunkana kertas roti atau plastik agar tidak lengket. Rolling 3-4 kali dan potong kotak-kotak agar mudah dibentuk.
  4. Ambil adonan dan tambahkan bahan isian lalu bulatkan. Lapisi tangan menggunakan plastik, rapikan dan gulingkan di tepung maizena yang sudah disangrai dengan daun pandan. Masukkan dalam kulkas dan siap dihidangkan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Mochi Kacang

Ilustrasi Mochi Kacang © Diadona

Olahan mochi cocok menjadi makanan hits yang bisa banget di bawa sebagai camilan dimana pun kamu berada.Yap, sebagai contoh kamu bisa banget tuh menunjukkan hasil masakan kamu kepada teman kantor. Memakan mochi saat sedang sibuk-sibuknya mengetik, bisa banget menjadi pelarian saat kamu merasa bosan di meja kerja. Yuk, buat saja mochi kacang yang simple ini di rumah dengan melihat resep cara membuat mochi di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram tepung ketan
- 300 ml air panas
- 5 sdm gula
- 2 sdm maizena sangrai

Bahan isian:
- Secukupnya kacang tanah sangrai
- Secukupnya gula
- Sejumput garam
- Sedikit air
- Secukupnya wijen sangrai

Cara membuat mochi kacang:

  1. Campurkan bahan tepung ketan dan gula, aduk perlahan dengan air panas hingga bahan tercampur rata. Tutup bahan dengan plastik wrap, sisikan dengan bagian ujung terbuka.
  2. Kukus dengan air mendidih selama 15 menit, aduk adonan, kukus lagi selama 10 menit atau hingga matang sempurna. Setelah matang, dinginkan hingga adonan bisa dibentuk.
  3. Campur kacang sangrai dan blender atau tumbuk bersama bahan gula dan garam. Pisahkan kacang di wadah terpisah. Tambahkan sedikit air agar bisa dibentuk.
  4. Ambil sedikit adonan dengan taburan tepung maizena agar tidak lengket. Bentuk bulatan dan pipihkan. Masukkan bahan isian kacang lalu bulatkan lagi. Mochi siap dihidangkan.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Mochi Isi Coklat

Ilustrasi Mochi Coklat © Diadona

Nggak hanya dengan menggunakan isian kacang, mochi enak dan unyu ini juga bisa kamu buat dengan bahan isi coklat lumer. Yap, cara membuatnya cukup mudah kok. Hanya dengan menggunakan bahan dark cooking chocolate yang bisa kamu beli di toko bahan kue, kamu bisa menikmati sajian istimewa mochi yang tentunya lembut ini. Pas banget buat kamu yang suka olahan manis. Simak saja langsung resep cara membuat mochi isi coklat di bawah ini.

Bahan:
- 100 gram tepung ketan
- 100 ml air
- Sejumput garam
- 1 keping gula merah
- Pewarna Hijau

Bahan isi:
- Dark Cooking Chocolate
- Tepung ketan, sangrai secukupnya

Cara membuat mochi isi coklat:

  1. Campur tepung ketan, air, gula merah yang telah disisir, pewarna dan sejumput garam. Aduk semua bahan hingg arta. Masukkan ke dalam kukusan selama 20 menit. Angkat dan dinginkan.
  2. Lumuri tangan dengan tepung etan yang telah disangrai. Ambil adonan yang sudah dingin 1 sendok atau sesuai selera masing-masing.
  3. Isi dengan coklat, lalu sisihkan. Lanjutkan hingga semua bahan habis. Mochi isi coklat siap dihidangkan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Mochi Jepang

Ilustrasi Mochi Jepang © Diadona

Mochi merupakan olahan yang berasal dari Jepang. Mochi ini memang sengaja dibuat oleh mayoritas mayarakat Jepang pada saat perayaan tradisional mochitsuki, itu loh, perayaan tahun baru Jepang. Nah, kamu juga bisa banget tuh membuat olahan kue Jepang ini dengan melihat resep cara membuat mochi berikut.

Bahan:
- 300 gram tepung ketan
- 100 cc santan kental
- Sejumput garam
- 1 sdt gula pasir

Bahan isian:
- 100 gram kacang tanah sangrai tanpa kulit ari
- Palm sugar sesuai selera
- 1 sdt gula pasir
- Tepung tapioka sangrai sebagai baluran

Cara membuat mochi Jepang:

  1. Aduk rata bahan tepung ketan bersama santan, garam dan gula menjadi satu hingga kalis. Adonan tidak terlalu encer. Kukus adonan selama 15 menit atau hingga matang.
  2. Diamkan adonan hingga dingin dan bisa dibentuk. Siapkan kacang yang telah digiling kasar. Campur dengan palm sugar dan gula pasir.
  3. Pipihkan adonan mochi di atas bidang datar yang telah ditaburi tepung tapioka. Isi dengan kacang dan balur lagi tepung tapioka. Mochi siap dihidangkan.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Mochi Sukabumi

Ilustrasi Mochi Sukabumi © Diadona

Nggak hanya di Jepang aja, mochi juga menjadi produk lokal yang bisa kamu temukan di kota Sukabumi. Kue mochi yang terkenal di Sukabumi adalah 'kiathong' dan kue mochi isi kacang. Kamu juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat mochi Sukabumi berikut.

Bahan:
- 500 gram tepung ketan
- 100 gram tepung beras
- 30 gram mentega putih
- 1/2 sdt essence vanila
- 1/2 sdt garam
- 150 gram gula pasir
- 650 ml air
- Secukupnya pewarna makanan

Bahan isi:
- 250 gram kacang tanah
- 150 gram gula pasir
- Secukupnya air

Bahan pelengkap:
- 100 gram tepung maizena

Cara membuat mochi Sukabumi:

  1. Buat bahan isian dengan cara blender atau tumbuk kacang tanah bertekstur kasar. Tambahkan juga gula dan sedikit air. Panaskan hingga gula larut dan tercampur rata.
  2. Buat kulit mochi dengan cara masak air dengan gula dan garam hingga mendidih dan larut. Siapkan bahan tepung ketan, tepung beras dan sirup gula hangat.
  3. Tambahkan sirup dalam adonan sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni. Masukkan juga mentega putih sambil terus diuleni.
  4. Tambahkan essence vanila dan pewarna makanan, uleni lagi adonan dan kukus selama 20 menit, angkat dan aduk adonan lalu kukus lagi hingga matang.
  5. Ambil satu sendok makan adonan kulit atau sesuai selera dan pipihkan. Tambahkan adonan isi di tengahnya lalu bulatkan. Guling di atas tepung maizena. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Mochi Susu

Ilustrasi Mochi Susu © Diadona

Nggak cukup dengan bahan isian coklat dan kacang, kamu juga bisa loh membuat olahan mochi dengan menggunakan isian susu yang khas. Dijamin kamu bakal suka dan ketagihan untuk terus ngemil olahan ini. Simak saja langsung resep cara membuat mochi susu yang mudah dan anti gagal berikut.

Bahan:
- 150 gram tepung ketan
- 2 bungkus susu bubuk 39 gram
- 90 gram gula pasir
- Isian bebas, boleh permen yupi, coklat, kacang, dan kurma
- 3 sdm tepung ketan, sangrai

Cara membuat mochi susu:

  1. Larutkan bahan susu dan gula ke dalam 2 gelas air. Tambahkan larutan tersebut ke dalam tepung kemudian aduk rata hingga tekstur encer.
  2. Kukus adonan dengan loyang yang sebelumnya telah dilumuri minyak goreng. Tunggu selama 20 menit hingga adonan matang.
  3. Bentuk dan masukkan isian apapun dalam kulit mochi. Balurkan dengan tepung ketan sangrai agar tidak lengket dan siap dihidangkan.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Mochi Goreng

Ilustrasi Mochi Goreng © Diadona

Nggak hanya olahan mochi es krim, kamu juga bisa kok megolah mochi dengan cara digoreng sederhana. Yap, nggak boleh lupa dengan wijen sebagai taburan kulit luarannya, ya. Mochi goreng atau sama dengan membuat onde-onde, mudah kok. Yuk simak resep cara membuat mochi goreng berikut ini.

Bahan:
- 500 gram tepung ketan
- 10-12 sdm gula halus
- 1 sdt garam
- Secukupnya air hangat
- 1 buah kue keranjang, potong sesuai selera
- Secukupnya wijen

Cara membuat mochi goreng:

  1. Siapkan tepung, gula, dan garam dalam wadah. Beri air hangat sedikit demi sedikit hingga bisa dibentuk. Ambil adonan dan pipihkan lalu beri isian dan bentuk sesuai selera.
  2. Celup dalam air dan gulingkan di wijen hingga merata. Panaskan minyak dan goreng hingga kecoklatan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat mochi yang bisa banget kamu pilih sebagai salah satu camilah hits kekinian. Nggak perlu lagi deh, ribet dan bingung untuk memakan camilan apa hari ini. Buat aja langsung mochi yang lembut dengan melihat resep cara membuat mochi lezat ini. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

Baca juga yuk: Masak Cookies Tanpa Oven Tanpa Mixer Ala Warganet, Hanya Butuh Tekat yang Bulat!

Beri Komentar