10 Cara Membuat Kue Basah Kukus, Aneka Sus, Pia, Lapis, Pastel yang Praktis dan Mudah

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 13 Februari 2020 23:19
10 Cara Membuat Kue Basah Kukus, Aneka Sus, Pia, Lapis, Pastel yang Praktis dan Mudah
Kue basah yang lezat selalu menjadi promadona jajanan hingg kini. Simak resep selengkapnya cara membuat kue basah aneka varian berikut!

Jajanan basah baik modern dan tradisional memang menjadi icon olahan setiap daerah yang menarik. Selain enak, kue basah memiliki banyak variasi bentuk dan jenisnya. Mulai dari lapis, nagasari, talam, kue lumpur, dan masih banyak lainnya.

Kue ini oleh masyarakat Jawa biasa disebut sebagai jajanan pasar. Tak jarang pula olahan kue basah jajanan pasar ini menjadi salah satu hidangan dalam acara keluarga seperti arisan dan syukuran.

Jika biasanya kamu membeli kue basah ini di pasar atau lapak pedagang tenda dan toko kue maupun roti, maka nggak ada salahnya jika kamu membuat olahan ini sendiri di rumah. Cara membuatnya cukup sederhana. Yuk langsung saja simak resep cara membuat kue basah yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Kue Basah Kukus

Ilustrasi Kue Basah KukusIlustrasi Kue Basah Kukus © Plus.kapanlagi.com

Kue basah kukus atau bolu kukus bisa menjadi salah satu pilihan pertama yang bisa kamu buat di rumah. Berikut resep cara membuat kue basah kukus selengkapnya.

Bahan:
- 1 gelas royalex terigu
- 1/2 gelas royalex gula pasir
- 3 butir telur ayam utuh
- 1/4 sdt baking powder
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 1 bungkus susu dancow
- 1/4 sdt pewarna kuning telur
- Sesuai selera perisa mocca
- 1 sdm tepung maizena
- 1/4 sdt emulsifer atau SP
- 100 gram mentega lelehkan

Cara membuat kue basah kukus:

  1. Mixer gula dan telur ayam kuramng lebih selama 10 menit dengan kecepatan tinggi. Sambil tetap di mixer dengan kecepatan tinggi masukkan SP, susu bubuk dancow, vanili, baking powder, pewarna kuning telur dan perasa mocca. Aduk selama 5 menit.
  2. Turunkan hingga kecepatan terendah, sambil masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Masukkan 1 sendok tepung maizena.
  3. Setelah tercampur rata, masukkan mentega, aduk hingga rata. Kukus kurang lebih 20-30 menit hingga matang. Bisa dicek menggunakan tusuk gigi jika tidak menempel berarti sudah matang. Angkat dan sajikan.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Aneka Kue Basah

Ilustrasi Kue Basah NagasariIlustrasi Kue Basah Nagasari © Instagram.com/@hobimasak.id

Banyak sekali aneka kue basah yang bisa kamu buat. Berikut ini adalah resep cara membuat kue basah nagasri dan kue lumpur yang bisa kamu buat di rumah. Selamat mencoba!

NAGASARI
Bahan:
- 200 gram tepung beras
- 100 gram tepung tapioka
- 12 sdm gula pasir
- 1/4 sdt vanili
- Sejumput garam
- 1 helai daun pandan
- Secukupnya pisang raja
- 800 ml santan
- Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat kue basah nagasari:

  1. Masukkan tepung, gula, santan, vanili daun pandan dan garam ke dalam panci. Aduk hingga tidak ada gumpalan baru nyalakan api dan masak hingga mengental.
  2. Tuang 2 sdm adonan bubur di atas daun pisang, pipihkan kemudian isi dengan pisang lalu bungkus. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Nagasari siap disajikan.

Ilustrasi Kue LumpurIlustrasi Kue Lumpur © Instagram.com/@putriepatput

KUE LUMPUR
Bahan:
- 1 butir telur
- 70 gram gula pasir
- 1 sdt Vanili
- 250 ml santan cair
- 125 gram kentang halus
- 125 gram tepung terigu
- 25 gram mentega cair
- Secukupnya bubuk coklat

Cara membuat kue basah lumpur:

  1. Pecahkan telur ke dalam wadah, lalu masukkan gula dan kocok menggunakan wisk sampai tercampur rata. Masukkan vanili aduk lagi, masukkan santan cair dan aduk kembali.
  2. Masukkan kentang secara bertahap, aduk lalu masukkan terigu aduk lagi lakukan sampai habis lalu terakhir masukkan mentega cairnya. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Ambil 2 sendok makan adonan untuk diberi bubuk coklat buat motif atasnya, lalu panaskan cetakan masukan adonan beri motif tutup sampai matang.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Kue Basah Tradisional

Ilustrasi Kue Basah Lemet SingkongIlustrasi Kue Basah Lemet Singkong © Resepkoki.id

Salah satu kue basah tradisional yang bisa kamu buat sendiri adalah lemet singkong dengan gula merah ini. Yuk simak resep cara membuat kue basah berikut ini.

Bahan:
- 1 kg singkong?
- 1 ons gula merah?
- 4 sdm gula putih?
- 1/2 butir kelapa
- 1/2 sdt garam?
- 50 cc air panas?
- Daun pisang yang sudah dipotong dan dibersihkan
- Tusuk gigi

Cara membuat kue basah tradisional lemet singkong:

  1. Kupas singkong, cuci bersih kemudian serut. Bersihkan kelapa dari kerak yang berwarna coklat lalu diserut, lalu sisir gula merah.
  2. Masukan kelapa parut, tepung terigu, tepung tapioka, gula merah, gula putih dan garam. Aduk rata kemudian tambahkan sedikit demi sedikit air panas aduk lagi sampai rata.?
  3. Ambil 2 sendok adonan tepung taruh di atas daun pisang, gulung dan sematkan tusuk gigi ke daun pisang, lakukan sampai adonan singkongnya habis.?
  4. Kukus di tempat pengukusan selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang, angkat dan sajikan di atas piring.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Kue Sus Basah

      View this post on Instagram    

Assalamualaikum... . Selamat siang... Tadi pagi bikin kue sus dan alhamdulillah kayaknya berhasil dehh ???????? secara 3x bikin dan baru kali ini bs ngembang dan gk kempes setelah baca tips2 dari teman senior yg jago bikin sus.. pake resepnya mbak @fitrisasmaya dng dikit tambahan.. dan ini enak sekali, udah kayak yg di jual rasanya.. garing di luar dan lembut di bagian dalam.. so yummi ???????? Dan sekalian mau ikut GAnya mbak say @sukmawati_rs Dan @kebabkebudd.bandung yg ngambil tema Cemilan Favorit.. smg berkenan ???? Yuuk mbak2ku sayang ikutan bikin juga @mamimiko01 @dessivilast @ernie_varianiva ???? KUE SUS VLA VANILLA Bahan : 125 gr margarin 250 ml air 140 gr tepung terigu 1 sdt gula pasir Sejumput garam 4 butir telur Bahan Vla : 2 butir telur 75 gr maizena 100 gr gula pasir 600 ml susu cair 1 sdt pasta vanilla 2 sdm margarin Sejumput garam Cara membuat : ???? KULIT : 1. Campur margarin, air, gula dan garam.. masak sampai mendidih dan margarin larut, matikan api dan masukkan terigu perlahan2, aduk cepat.. nyalakan api kecil dan aduk sampai kalis, angkat dan dinginkan (sampai benar2 dingin yaa). 2. Pindahkan adonan di wadah.. mixer adonan dan tambahkan telur satu persatu (jng sekaligus) tunggu telur satunya sampai rata baru masukkan telur berikutnya.. mixer sampai kental dan mengkilap. 3. Siapkan plastik segitiga dan spuit bintang.. masukkan adonan dan cetak di atas loyang bersemir margarin sesuai selera. Oven dng api besar 20 menit, kemudian api sedang 20 menit (jangan di buka2 selama proses oven). Ambil dan dinginkan. ???? VLA VANILLA 1. Campur semua bahan kecuali margarin.. aduk rata dan saring. Taruh dalam panci dan masak di atas api kecil.. aduk cepat dng whisk supaya tdk menggumpal.. masukkan margarin. 2. Jika sudah meletup2, angkat dan dinginkan. Masukkan pd plastik segitiga.. dan isikan pd kue sus. 3. Kue sus vla vanilla siap di sajikan. #GAkebabkebuddxSukmawati #cemilanfavorit #kuesus #resepkuesus #kuesusvla

A post shared by Dhiah Oddie (@dhiahoddie) on

Kue basah selanjutnya yang bisa kamu buat adalah sus dengan vla. Cara membuatnya sangatlah mudah. Yuk, daripada penasaran cek langsug resep cara membuat kue basah sus vla berikut ini.

Bahan:
- 125 gram margarin
- 250 ml air
- 140 gram tepung terigu
- 1 sdt gula pasir
- Sejumput garam
- 4 butir telur

Bahan vla :
- 2 butir telur
- 75 gram maizena
- 100 gram gula pasir
- 600 ml susu cair
- 1 sdt pasta vanilla
- 2 sdm margarin
- Sejumput garam

Cara membuat kue basah sus:

  1. Buat kulit dengan mencampurkan margarin, air, gula dan garam. Masak sampai mendidih dan margarin larut, matikan api dan masukkan terigu perlahan-lahan, aduk cepat. Nyalakan api kecil dan aduk sampai kalis, angkat dan dinginkan.
  2. Pindahkan adonan di wadah. Mixer adonan dan tambahkan telur satu persatu. Tunggu telur satunya sampai rata baru masukkan telur berikutnya. Mixer sampai kental dan mengkilap.
  3. Siapkan plastik segitiga dan spuit bintang. Masukkan adonan dan cetak di atas loyang bersemir margarin sesuai selera. Oven dengan api besar 20 menit, kemudian api sedang 20 menit.
  4. Buat vla dengan cara campur semua bahan kecuali margarin. Aduk rata dan saring. Taruh dalam panci dan masak di atas api kecil. Aduk cepat dengan whisk supaya tidak menggumpal dan masukkan margarin.
  5. Jika sudah meletup-letup, angkat dan dinginkan. Masukkan pada plastik segitiga dan isikan pada kue sus. Kue sus vla vanilla siap di sajikan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Kue Basah yang Praktis dan Mudah

Ilustrasi Kue Basah WingkoIlustrasi Kue Basah Wingko © Resepkoki.id

Kue basah yang praktis dan mudah bisa kamu buat sendiri di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat kue basah wingko berikut ini.

Bahan:
- 250 gram tepung ketan
- 250 gram kelapa parut
- 150 ml air kelapa
- 110 gram gula pasir
- 30 gram margarine yg dilelehkan
- Vanili
- Garam
- 1 butir telur

Cara membuat kue basah wingko babat yang praktis dan mudah:

  1. Campur semua bahan kecuali margarine leleh, aduk sampai rata. Setelah tercampur rata tambahkan margarine yang sudah dilelehkan. Aduk sampai margarine bener-benar tercampur merata.
  2. Tuang dalam cetakan martabak mini/teflon yang sudah dipanaskan dengan api sedang cenderung kecil kemudian tutup teflon tunggu hingga bawahnya kering kecoklatan.
  3. Setelah bagian bawah kering, balik adonan agar sisi bagian yang satunya garing kecoklatan, setelah kering angkat wingko dan siap disajikan.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Kue Basah Modern

Ilustrasi Kue Basah Pukis ModernIlustrasi Kue Basah Pukis Modern © Sukamasak.com

Kue basah modern yang bisa kamu praktikkan sendiri resepnya adalah pukis sederhana ini. Penasarankan bagaimana cara membuatnya? Simak langsung resep cara membuat kue basah pukis modern berikut.

Bahan:
Adonan biang:
- 1/3 sdt fernipan
- 5 sendok terigu segitiga
- 1/3 sdt baking powder
- 5 sdm gula pasir
- Secukupnya air mineral hangat

Bahan:
- 250 gram terigu segitiga
- 5 telur ayam
- 100 gram margarin, lelehkan
- 200 gram gula pasir
- 1/3 sdt fernipan
- 1 sdt SP
- 2 bungkus kara instan
- 100 ml susu SKM
- 1/3 sdt baking powder
- 200 cc air mineral
- 2 saset vanilli bubuk
- 1 sdm coklat bubuk
- 1 sdt pasta coklat

Cara membuat kue basah pukis modern:

  1. Campur adonan biang dan aduk rata lalu diamkan 30 menit. Dalam wadah berbeda, masukkan telur, gula, fernipan dan SP lalu kocok sampai mengembang.
  2. Masukkan vanilli, susu yang sdh di seduh dengan air dan santan. Masukkan adonan biang, terigu dan aduk rata, diamkan sebentar.
  3. Ambil adonan sebagian, beri coklat bubuk dan pasta coklat lalu aduk rata. Panaskan cetakan dan olesi dengan margarine. Tuang adonan putih dahulu lalu adonan coklat. Tutup sampai adonan matang lalu angkat. Lakukan sampai selesai. Pukis siap di hidangkan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Kue Pia Basah

      View this post on Instagram    

Resep by @manty_ravika Sambil nungguin anak2 bangun sore bikin kue Jadul ini., cemilan nya udh selesai eh..anak2 nya blon jg pd bangun ????????..cepatt dan praktis banget buat nya, cuman pake teflon jd gak rempong buat cuci2 peralatan lg ????? yg ini aku buat rasa pandan utk kulit bakpia nya jd berasa wangi nya dan isi nya kacang ijo kupas... enakkk ???????? ---- Bakpia Basah Pandan / Roti jadul Pandan Bahan kulit : 200 gr tepung terigu 1/2 sdt ragi instan 2 sdm gula halus 2 sdm margarin 2 tetes pasta pandan Garam secukupnya Air hangat secukupnya Bahan isi : 100 gr kacang hijau kupas , rendam 20 mnt 100 ml santan dr 1/2 btr kelapa 50 gr gula pasir 1/4 sdt garam 1 lbr daun pandan , simpulkan Cara Membuat Isian : Rebus kacang hijau kupas sampai empuk , lalu blender dgn santan. Masukkan ke wadah bersama gula pasir, garam, daun pandan Masak sampai benar2 kental sehingga adonan dpt dipulung. Dlm keadaan hangat bentuk bulat masing2 10gr, sisihkan. Cara membuat kulit : Campur terigu, gula, ragi aduk-aduk sampai rata. Masukan garam dan margarin uleni, masukan sedikit demi sedikit air hangat , 2 tetes pasta pandan sambil terus uleni sampai adonan kalis. Diamkan selama 30 menit. Setelah didiamkan ambil sesendok adonan pipihkan dan isi dengan adonan isi bulatkan. Diamkan kembali 15-30 menit, lalu panggang diatas teflon dengan api kecil. Bolak balik sampai kecoklatan kedua sisinya, angkat dan sajikan. . . Selamat mencoba ? #reseppia #reseppiabasah #resepi #resepkue #recipes

A post shared by Resep Masakan dan Kue (@resepmasakan13) on

Kue basah selanjutnya yang b isa kamu buat di rumah adalah pia. Pia isi kacang hijau ini sangat cocok kamu hidangkan dengan teh panas. Simak resep cara membuat kue basah pia kacang hijau berikut ini.

Bahan kulit:
- 200 gram tepung terigu
- 1/2 sdt ragi instan
- 2 sdm gula halus
- 2 sdm margarin
- 2 tetes pasta pandan
- Garam secukupnya
- Air hangat secukupnya

Bahan isi:
- 100 gram kacang hijau kupas, rendam 20 mnt
- 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 50 gram gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat kue basah pia:

  1. Buat isian dengan cara rebus kacang hijau kupas sampai empuk, lalu blender dengan santan. Masukkan ke wadah bersama gula pasir, garam, dan daun pandan.
  2. Masak sampai benar-benar kental sehingga adonan dapat dipulung. Dalam keadaan hangat bentuk bulat masing-masing 10 gram, sisihkan.
  3. Buat kulit pia dengan cara campur terigu, gula, dan ragi lalu aduk-aduk sampai rata. Masukkan garam dan margarin lalu uleni. Masukan sedikit demi sedikit air hangat, 2 tetes pasta pandan sambil terus uleni sampai adonan kalis. Diamkan selama 30 menit.
  4. Setelah didiamkan ambil sesendok adonan pipihkan dan isi dengan adonan isi bulatkan. Diamkan kembali 15-30 menit, lalu panggang diatas teflon dengan api kecil. Bolak balik sampai kecoklatan kedua sisinya, angkat dan sajikan.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Kue Lapis Basah

      View this post on Instagram    

Kue Lapis Kopi Moka By @moms2a . . Bahan : 150 gr Tepung sagu 100 gr Tepung beras 500 ml Santan sedang ½ sdt Garam . Air Gula 250 gr Gula 200 ml Air . 1 sdt Pasta moka 1 sdt Kopi instant ( sy nescafe ) larutkan dgn 4 sdm air panas . HTC : ???? Campur kopi dan pasta, siaihkan ???? Rebus gula hingga larut kemudian biarkan sampai min. hangat² kuku ???? Panaskan kukusan jika tutup nya tidak cekung alasi dgn serbet agar air tidak menetes, siapkan loyang dan olesi dgn minyak sayur yg baru, sisihkan ???? Campur santan dan garam aduk rata, kemudian tuang ke dalam tepung aduk rata, tuangkan air gula aduk rata kembali sampai halus, bagi 2 adonan dan beri pasta di salah 1 adonan, konsistensi adonan encer ya ???? Siapkan wadah, timbang masing² adonan dgn berat yg sama agar tinggi lapisan tiap warna sama ???? Tuang ke dalam loyang, kukus selama 5 menit per warna, terakhir kukus selama 20 menit, angkat dan tunggu dingin . Note : Saat memotong lapisi pisau dgn plastik atau olesi pisau dgn minyak . . . . . #lapissagu #lapisberas #lapismocca #lapismocha #lapiskopi #kuelapis #kuelapisberas #kuelapissagu #reseplapis #reseplapissagu #reseplapisberas #resepkuelapis #resepkuelapisberas #resepkue #buatkue #resep #kuetradisional #kuebasah #jajananpasar #jajanantradisional #camilantradisional #kueindonesia #khasindonesia

A post shared by Resep Buat Kue (@buatkue) on

Kue basah selanjutnya yang bisa kamu buat di rumah adalah lapis kukus dengan bahan dasar tepung sagu dan beras. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kue basah lapis kukus berikut ini.

Bahan:
- 150 gram tepung sagu
- 100 gram tepung beras
- 500 ml santan sedang
- 1/2 sdt garam

Air Gula:
- 250 gram gula
- 200 ml air
- 1 sdt pasta moka
- 1 sdt kopi instan, larutkan dengan 4 sdm air panas

Cara membuat kue lapis basah:

  1. Campur kopi dan pasta, sisihkan. Rebus gula hingga larut kemudian biarkan sampai hangat kuku.
  2. Panaskan kukusan jika tutup nya tidak cekung alasi dengan serbet agar air tidak menetes, siapkan loyang dan olesi dengan minyak sayur, sisihkan.
  3. Campur santan dan garam aduk rata, kemudian tuang ke dalam tepung aduk rata. Tuangkan air gula aduk rata kembali sampai halus, bagi 2 adonan dan beri pasta di salah satu adonan.
  4. Siapkan wadah, timbang masing-masing adonan dengan berat yang sama agar tinggi lapisan tiap warna sama. Tuang ke dalam loyang, kukus selama 5 menit per warna, terakhir kukus selama 20 menit. Angkat dan tunggu dingin.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Kue Pastel Basah

      View this post on Instagram    

Cara membuat Pastel Renyah Lembut by @rimita_2 Bahan Kulit: 250 gr tepung terigu 50 gr margarin 30 ml minyak goreng 80 ml air 1/2 sdt garam 1/2 sdt gula Bahan Isian: 2 buah wortel 1 buah kentang besar 100 gr daging ayam cincang kasar 1 bawang bombay cincang kasar 2 siung bawang putih cincang halus 2 sdm margarin untuk menumis 1sdm saus tiram (skip lg kosong) 1 sct kental manis 1 sdm maizena Air secukupnya Daun bawang iris tipis Lada Garam Gula Langkah bahan kulit: 1. Panaskan margarin dengan minyak sampai larut. 2. Dalam keadaan panas tuang kedalam campuran tepung terigu, gula dan garam. Aduk rata dengan sendok kayu. 3. Beri air sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutupi kain bersih. 4. Ambil adonan. Saya bagi sekitar 18 buah jadi ukuran sedang. Gilas tipis membentuk bulatan dan beri isian. Tutup membentuk setengah lingkaran dan pilin pinggirannya. Goreng hingga kuning keemasan. Langkah bahan isian: 1. Cuci bersih wortel dan kentang. Potong dadu kecil kemudian rebus setengah matang, tiriskan. 2. Panaskan wajan. Tumis margarin dengan bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukan daging ayam dan lada. 3. Tambahkan wortel, kentang, dan kental manis. Tuang air secukupnya dan tunggu hingga empuk. 4. Masukan tepung maizena yg dilarutkan dg sdkt air. Beri gula dan garam juga masukan potongan daun bawang. Aduk rata dan tes rasa. Masaknya jangan terlalu kering. 5. Dinginkan dan siap digunakan. #reseppastel #kuepastel #kuepastelenak #resepkuebasah #resepkuepastel #pastelayam #pastelrenyah

A post shared by kreasi masakan anti lapar (@masakankreasi) on

Kamu juga bisa mmebuat kue pastel basah dengan isian wortel dan kentang juga daging. Langsung saja simak resep cara membuat kue basah pastel dengan isian berikut ini.

Bahan:
Bahan kulit:
- 250 gram tepung terigu
- 50 gram margarin
- 30 ml minyak goreng
- 80 ml air
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt gula

Bahan isian:
- 2 buah wortel
- 1 buah kentang besar
- 100 gram daging ayam cincang kasar
- 1 bawang bombay cincang kasar
- 2 siung bawang putih cincang halus
- 2 sdm margarin untuk menumis
- 1 sdm saus tiram
- 1 saset kental manis
- 1 sdm maizena
- Air secukupnya
- Daun bawang, iris tipis
- Lada
- Garam
- Gula

Cara membuat kue basah pastel:

  1. Buat bahan kulit dengan cara panaskan margarin dengan minyak sampai larut. Dalam keadaan panas tuang kedalam campuran tepung terigu, gula dan garam. Aduk rata dengan sendok kayu.
  2. Beri air sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutupi kain bersih. Ambil adonan dan bagi sekitar 18 buah jadi ukuran sedang. Gilas tipis membentuk bulatan dan beri isian. Tutup membentuk setengah lingkaran dan pilin pinggirannya. Goreng hingga kuning keemasan.
  3. Buat bahan isian dengan cara cuci bersih wortel dan kentang. Potong dadu kecil kemudian rebus setengah matang, tiriskan.
  4. Panaskan wajan dan tumis margarin dengan bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukan daging ayam dan lada. Tambahkan wortel, kentang, dan kental manis. Tuang air secukupnya dan tunggu hingga empuk.
  5. Masukkan tepung maizena yg dilarutkan dengan sedikit air. Beri gula dan garam juga masukan potongan daun bawang. Aduk rata dan tes rasa. Masaknya jangan terlalu kering. Dinginkan dan siap digunakan.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Kue Basah dari Tepung Beras

Ilustrasi Kue Basah TalamIlustrasi Kue Basah Talam © Youtube.com/@Dapur Dina

Kue talam dengan pasta pandan yang sedap juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep selengkapnya cara membuat kue basah talam di bawah ini.

Bahan:
Bahan lapisan hijau:
- 80 gram tepung beras
- 20 gram tepung tapioka
- 80 gram gula pasir
- 1 sdt garam
- 2 tetes pasta pandan
- 400 ml air

Bahan lapisan putih:
- 40 gram tepung tapioka
- 65 ml santan kental (aku pakai sun kara)
- 1 sdt garam
- 200 ml air

Cara membuat kue basah dari tepung beras (Talam):

  1. Panaskan kukusan. Campur semua bahan lapisan hijau, aduk rata dengan whisk. Di wadah terpisah, campur semua bahan lapisan putih, aduk rata dengan whisk.
  2. Siapkan cetakan, olesi dengan minyak sayur. Tuangkan adonan lapisan hijau hingga 3/4 tinggi cetakan. Kukus selama 15 menit.
  3. Setelah 15 menit, tuangkan adonan lapisan putih di atas lapisan hijau hingga cetakan penuh. Kukus kembali selama 15 menit. Angkat, keluarkan dari cetakan, dan sajikan.

Nah, itulah berbagai resep cara membuat kue basah tradisional dan modern yang bisa kamu buat di rumah dengan cara sederhana dan tentunya anti gagal. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

Beri Komentar