Tips Fokus Kerja Tanpa Diganggu Anak saat WFH, Apa Aja Tuh?

Reporter : Mila
Kamis, 19 Maret 2020 05:00
Tips Fokus Kerja Tanpa Diganggu Anak saat WFH, Apa Aja Tuh?
Soalnya anak dan kantor pasti sama-sama butuhin kita

Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 memaksa semua kegiatan di luar rumah, seperti bekerja dan sekolah dialihkan ke rumah. Artinya kamu dan anak bakal sama-sama ada di rumah. Mungkin anak masih bisa bermain dan bersantai di rumah, tapi kamu? Jelas nggak bisa, karena kerjaan akan tetap menunggu.

Itulah yang menjadi dilema banyak orang tua pekerja, khususnya ibu. Dengan adanya pengalihan kerja di rumah ini, membuat orangtua nggak bisa fokus karena anak yang selalu meminta perhatian, sementara kerjaan masih menumpuk. 

Tapi, jangan khawatir, kami akan memberikan cara terbaik biar orangtua bisa tetap bekerja di rumah dengan nyaman tanpa harus membiarkan anak sendirian.

1 dari 4 halaman

Buat Jadwal

Ilustrasi Mengatur Jadwal © Diadona

Sangat penting untuk mengatur jadwal saat kamu bekerja dari rumah. Berapa jam waktu kamu akan bekerja, berapa jam waktu yang kamu butuhkan untuk presentasi di depan klien, dan berapa jam kamu akan menghabiskan waktu bersama anak. Jadi, kamu bisa menyesuaikan waktu yang tepat untuk tetap bekerja dan meluangkan waktu bersama si kecil.

2 dari 4 halaman

Manfaatkan Tidur Siang

Ilustrasi Anak Tidur Siang © Diadona

Jika anak sudah terbiasa tidur siang, itu hal yang bagus. Setidaknya 2-3 jam anak akan tertidur pulas, sementara kamu bisa fokus bekerja tanpa ada gangguan. Cara ini memang agak tricky, tapi bisa kamu coba sesuai ritme tidur siang anak ya!

3 dari 4 halaman

Biarkan Anak Tetap Terhibur

Ilustrasi Anak Menonton TV © Diadona

Biasanya anak akan fokus dan terhibur kalau lagi apa? Nonton TV? Maka cara itulah yang harus kamu terapkan. Misal dengan menonton TV dia akan teralihkan 1,5-2 jam, maka waktu itu bisa kamu manfaatkan untuk keperluan kerjaanmu di rumah. Jangan lupa juga berikan mereka pengertian, seperti contohnya, " Ayah/ibu mau bekerja dulu, kamu menonton tv yang tenang ya" .

4 dari 4 halaman

Hubungi Bantuan

Ilustrasi Menelpon Bantuan © Diadona

Jika anak sudah diluar batas dan sangat membantu, kamu nggak perlu sungkan lho meminta bantuan, entah itu dari saudara atau tetangga untuk menjaga anak sementara waktu. Tapi perlu diingat, titipkan anak hanya pada orang-orang yang benar-benar kamu percaya.

Semoga kebijakan work from home atau bekerja dari rumah ini nggak mengganggu peran orangtua ya. Karena bagaimanapun anak adalah yang utama. Semoga kamu bisa bersikap bijak! :)

Beri Komentar