Waspadai 5 Jenis Alergi Kedelai pada Anak

Reporter : Mila I
Sabtu, 28 Desember 2019 12:24
Waspadai 5 Jenis Alergi Kedelai pada Anak
Gejalanya dari kesemutan di mulut sampai kesulitan bernapas.

Alergi pada anak menjadi topik yang hangat diperbincangkan oleh orang tua. Bagaimana tidak, orang tua pasti panik jika anaknya mengalami alergi. Alergi yang paling umum terjadi pada anak adalah alergi makanan, salah satunya alergi kedelai.

Menurut penelitian, alergi kedelai pada anak-anak dapat terjadi pada usia 3 sampai 10 tahun. Kedelai termasuk dalam jenis kacang-kacangan, maka anak yang alergi kedelai kemungkinan besar juga alergi terhadap kacang-kacangan lainnya.

Gejala alergi ini berlangsung setelah beberapa menit setelah mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai dan biasanya akan berlangsung selama berjam-jam. Beberapa gejala yang umum terjadi adalah kesemutan di mulut, gatal-gatal, bengkak pada bibir atau wajah, kesulitan bernapas, sakit perut, diare, dan muntah.

Untuk itu, penting bagi orang tua mengetahui jenis alergi kedelai macam apa yang anak alami. Berikut lima jenis alergi kedelai pada anak yang dilansir dari laman Boldsky (28/12).

1 dari 5 halaman

Soy Lecithin

Soy lecithin adalah bagian dari hasil dari proses pemurnian minyak kedelai, pengemulsi makanan, dapat membantu mengontrol kristalisasi gula dalam cokelat. Lesitin kedelai dapat memecahkan lemak makanan. Bagi mereka yang alergi terhadap kedelai harus berhati-hati. Sebaiknya hindari produk makanan yang mengandung lesitin kedelai.

2 dari 5 halaman

Protein Kedelai

Kandungan protein dalam kedelai dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan kanker. Meskipun baik untuk tubuh, namun kedelai mengandung sekitar 21 protein yang dapat menyebabkan penyakit asma.

3 dari 5 halaman

Susu Kedelai

Tidak semua bayi aman mengonsumsi susu kedelai karena ada sebagian yang memiliki reaksi alergi. Baru-baru ini, ditemukan bahwa susu tidak baik bagi mereka yang memiliki masalah yang berhubungan dengan asma. Umumnya, anak menderita alergi susu kedelai pada usia 3 tahun.

4 dari 5 halaman

Minyak Kedelai

Orang yang memiliki alergi minyak kedelai relatif sedikit. Sangat jarang ditemukan orang yang mengonsumsi minyak kedelai mengalami reaksi alergi yang parah. Walaupun jarang ditemukan, sebaiknya hindari menggunakan minyak kedelai untuk makanan jika anak alergi kedelai.

5 dari 5 halaman

Kecap (Soy Sauce)

Bahan utama pembuat kecap adalah kedelai. Alergi kecap dapat menyebabkan radang pada mulut dan kulit. Pemicu reaksi alergi akan berbeda pada setiap anak. Cari tahu penyebab pasti alergi pada anak dan ambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Beri Komentar