Udah Selesai Melahirkan Tapi Perut kok Tetep Bergelambir, Kenapa sih?

Reporter : Mila
Selasa, 14 April 2020 18:57
Udah Selesai Melahirkan Tapi Perut kok Tetep Bergelambir, Kenapa sih?
“Kok perut masih buncit, ya?”

Pasti ungkapan ini yang sering kamu dengar bahkan kamu keluhkan sendiri pasca persalinan. Perubahan bentuk tubuh adalah hal yang sangat wajar dialami ibu saat hamil, terutama di bagian perut. Karena perut adalah bagian tubuh yang elastis.

Seperti yang kita ketahui, perut ibu hamil akan membesar seiring dengan pertumbuhan janin. Namun, kalau perut ga juga kempes atau tak kunjung kembali ke bentuk semula, sekalipun berat badan awal sudah kembali normal, bisa jadi tanda bahwa kamu mengalami yang dinamakan diastatis recti.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Perut Bergelambir © Diadona

Seorang perawat di obstetrical and pediatric nursing, Saginaw Valley State University, Michigan, Chaunie Brusie, R.N., B.S.N, menjelaskan bahwa diastatis recti adalah kondisi hilangnya elastisitas otot perut. 

Hal ini karena selama kehamilan, otot perut melebar untuk menyediakan ruang bagi janin. Selain itu, hormon kehamilan terutama relaxin, menenangkan dan melembutkan jaringan di linea alba, yang merupakan jaringan ikat penghubung otot-otot perut.

Biasanya diastatis recti dialami oleh ibu-ibu yang sudah hamil beberapa kali, memiliki bayi yang besar ataupun bayi kembar.

2 dari 2 halaman

Untuk mengatasi diastatis recti memang nggak bisa instan. Terapi fisik dan yoga rutin bisa membantu memperbaiki otot perut. Kamu juga bisa mengatasinya dengan tindakan medis seperti operasi, tapi inget ya konsultasikan dulu ke dokter. Semoga informasi ini membantu!

Beri Komentar