Stop Menyusui Sambil Bermain HP, Nanti Anak yang Kena Akibatnya, Lho!

Reporter : Mila
Rabu, 19 Februari 2020 11:00
Stop Menyusui Sambil Bermain HP, Nanti Anak yang Kena Akibatnya, Lho!
Menyusui itu sarana untuk bonding sama si kecil, jadi jangan sambil main HP, mom!

Jaman sekarang ini siapa sih nggak main smartphone atau HP? Ya, HP adalah benda yang nggak bisa dipisahkan dari siapapun di jaman yang sudah serba canggih ini. Entah, mengirim pesan ke teman, atau sekadar scrolling Instagram saja. Hayo ngaku, ibu pasti sering deh mainan HP waktu sedang menyusui bayi. 

Tapi, tahu nggak sih, ternyata menyusui bayi sambil bermain HP bisa membawa dampak buruk lho untuk bayi kedepannya. Nggak percaya? Simak yuk!

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Semua orang sudah tahu, kalau HP bisa memancarkan radiasi. Sementara tubuh mungil bayi rentan sekali menyerap radiasi. Yang ditakutkan adalah, radiasi tersebut dapat merusak struktur DNA bayi, sel-sel otak, dan menyebabkan kanker serta penyakit lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, radiasi ponsel sebagai Karsinogen Kelas 2B setara dengan timbal, bahan bakar jet, dan DDT. Jadi, sangat dianjurkan untuk menjauhkan ponsel dari bayi, bukan hanya saat menyusui, tetapi setiap saat.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Selain bahaya radiasi, bermain HP sambil menyusui juga bisa berisiko bayi over feeding. Profesor Alison Ventura, peneliti dari California Polytechnic State University, melakukan penelitian dan menemukan bahwa bunyi notifikasi HP punya daya tarik lebih besar daripada ‘sinyal kenyang’ yang ditunjukkan bayi. Sehingga ibu sering kali lupa untuk menghentikan aktivitas menyusui, padahal bayi sudah kenyang.

Ternyata nggak main-main ya risiko menyusui sambil main HP. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya letakkan HP dan nikmati momen menyusui bersama si kecil.

Beri Komentar