Siapa Bilang Salmon Sushi Berasal dari Jepang? Nggak Usah Sok Tahu deh

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 30 Maret 2020 16:06
Siapa Bilang Salmon Sushi Berasal dari Jepang? Nggak Usah Sok Tahu deh
Mungkin selama ini kita sudah salah kaprah, jadi ayo terus baca untuk tahu bagaimana sejarah yang sebenarnya.

Salmon Sushi

Jadi begini kisah yang sebenarnya. Sebelum tahun 1995, salmon mentah tidak dikonsumsi di Jepang, ini karena satu alasan besar. Yaitu salmon yang berasal dari laut pasifik memiliki parasit.

Salmon Sushi

Tapi berterimakasihlah pada pria ini, Bjorn. Pria asal Norwegia ini lah yang punya jasa besar bagi tiap salmon yang warga Jepang dan bahkan kamu makan sampai saat ini.

1 dari 2 halaman

Salmon Sushi © Diadona

Jadi pada tahun itu, orang-orang Norwegia punya banyak stok ikan salmon yang berasal dari laut atlantik, yang berarti tidak punya parasit layaknya salmon dari laut pasifik. Namun orang-orang Norwegia punya kendala pada pasar mereka yang terlalu kecil.

Maka dengan cerdik mereka mencari negara di wilayah timur yang kira-kira berpotensi untuk menjadi pasar bagi salmon-salmon mereka. Maka jadilah Jepang yang mereka pilih. Warga Jepang sangat suka dengan ikan mentah, apalagi popularitas sushi mereka yang sudah mendunia.

2 dari 2 halaman

Salmon Sushi © Diadona

Namun usaha mereka tidak semulus yang dibayangkan, walaupun orang Jepang suka mengonsumsi ikan mentah, tidak semudah itu membuat mereka mau mengonsumsi salmon, apalagi yang membawa ikan ini adalah 'pria asing' yang berasal dari luar negeri.

Usaha mereka sampai membutuhkan kira-kira 10 tahun untuk akhirnya berhasil meyakinkan warga Jepang, bahwa salmon mereka baik dan enak.

Jadi yang awalnya salmon sushi tidak esksis sebelum semua usaha ini, sampai pada akhirnya di tahun 1995 semuanya keadaan berubah. Terimakasih Norwegia.

Beri Komentar