Selamatkan Anak dari Kecanduan Gadget

Reporter : Mila
Jumat, 27 Desember 2019 17:05
Selamatkan Anak dari Kecanduan Gadget
Pengaruh teknologi telah sampai pada anak-anak sehingga mereka kecanduan.

Dengan kemajuan teknologi, sarana komunikasi telah menjadi semakin canggih. Seseorang dapat terhubung dengan orang-orang yang duduk di berbagai penjuru dunia hanya dalam beberapa detik. Meskipun membuat hidup kita nyaman, ada juga tantangan yang harus kita hadapi dengan adanya kemajuan teknologi. Pengaruh teknologi telah sampai pada anak-anak sehingga mereka kecanduan.

Seringkali orang tua mencoba menghentikan anak-anak untuk bermain gadget, namun yang kemungkinan besar terjadi adalah anak-anak yang menangis. Sebagai orang tua, inilah tanggung jawab untuk mengajari anak cara yang benar untuk menggunakan teknologi dalam gadget.

1 dari 6 halaman

Buat Aturan

Dilansir dari boldsky (27/12), untuk membuat anak menggunakan teknologi dalam gadget dengan benar, orang tua harus membuat beberapa aturan untuk anak. Misalnya membatasi berapa jam mereka boleh untuk menggunakan gadget, sementara waktu lainnya digunakan untuk bersosialisasi dengan lingkungan nyata. Hal ini dikarenakan jika teknologi dipergunakan tidak semestinya, maka ini akan membahayakan bagi anak.

2 dari 6 halaman

Mengetahui Apa yang Anak Lakukan dengan Gadgetnya

Menyerahkan sepenuhnya kendali atas gadget yang digunakan anak, bisa menjadi bumerang bagi orang tua. Tidak menutup kemungkinan anak akan mengunjungi situs yang tidak sesuai usianya. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk selalu memantau dan mengetahui apa yang anak lakukan saat membuka gadget.

3 dari 6 halaman

Perhatikan Waktu yang Anak Gunakan untuk Gadgetnya

Selain mengetahui apa yang dilakukan anak dengan gadgetnya, orang tua juga perlu melihat seberapa lama mereka menggunakan waktunya untuk bermain gadget. Jika dirasa waktu yang mereka habiskan untuk bermain gadget terlalu banyak, orang tua dapat menggunakan cara pertama tadi yaitu membuat aturan, agar anak menggunakan gadget seperlunya.

4 dari 6 halaman

Ikut Berpartisipasi

Saat anak sedang menonton di laptop atau gawainya, cobalah untuk berpartisipasi di dalamnya. Menonton dan bermain bersama dapat membantu membangun ikatan antara orang tua dan anak, serta mempelajari hal-hal baru.

5 dari 6 halaman

Orang Tua yang Kecanduan Gadget

Jika orang tua memiliki kecanduan gadget, kemungkinan besar anak mempelajari hal yang sama dan menjadi kecanduan gadget juga. Hal itu karena anak-anak meniru apa pun yang orang tua mereka lakukan. Maka, orang tua harus jadi contoh dan panutan yang baik bagi anak, dengan membatasi penggunaan gadget.

6 dari 6 halaman

Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Gadget

Penting bagi anak untuk memiliki informasi tentang gadget yang mereka gunakan. Karena itu, orang tua dapat memberi tahu anak tentang keuntungan dan kerugian menggunakan gadget. Orang tua juga dapat mengatakan tentang bagaimana penggunakan gadget yang berlebihan dapat memengaruhi pengelihatan dan studi mereka. Pastikan apa pun yang orang tua katakan disetai contoh dan fakta yang nyata sehingga anak-anak lebih paham.

Beri Komentar