Sekolah Diliburkan Sebagai Antisipasi Covid-19, yuk Kenali Platform Belajar Mandiri Berikut!

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 16 Maret 2020 13:03
Sekolah Diliburkan Sebagai Antisipasi Covid-19, yuk Kenali Platform Belajar Mandiri Berikut!
Biar tetap belajar walaupun raga nggak hadir di sekolah.

Penyebaran covid-19 di Indonesia semakin meluar. Presiden Joko Widodo pun mereaksinya dengan mengeluarkan beberapa instruksi. Salah satunya diperuntukkan bagi para pelajar, yakni instruksi untuk melakukan kegiatan belajar mandiri di rumah.

Meski begitu, instruksi ini sangat rawan untuk disalah artikan, yang maksudnya menyuruh belajar di rumah agar aman malah diterjemahkan sebagai liburan.

Mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui akun Twitter resminya merekomendasikan beberapa platform yang bisa menunjang kegiatan belajar mandiri yang dilakukan para siswa selama di rumah.

1 dari 7 halaman

1. Google G Suite

Platform belajar mandiri © Diadona

Platform belajar mandiri keluaran Google ini mempunyai kelebihan bisa diakses meskipun dengan koneksi yang nggak terlalu cepat, bahkan saat offline sekalipun.

Untuk belajar mandiri dengan jaringan offline, tentu harus dilakukan beberapa tahap persiapa oleh guru di sekolah serta melibatkan beberapa extensions Google Chrome.

Akses Google G Suite di sini.

2 dari 7 halaman

2. Kelas Pintar

Platform belajar mandiri © Diadona

Kelas Pintar adalah salah satu mitra resmi yang digandeng Kemendikbud dalam pelaksanaan kegiatan belajar mandiri.

Memiliki metode Total Learning yang menggunakan Kurikulum 2013 revisi Januari 2017 sehingga selaras dengan apa yang dipelajari di sekolah. Kelas Pintar juga memiliki pendekatan yang disebut '3 Pendekatan Unik' yang sangat mirip dengan interaksi di kelas yakni Learn, Practice, dan Test.

Akses Kelas Pintar di sini.

3 dari 7 halaman

3. Quipper School

Platform belajar mandiri © Diadona

Quipper School adalah salah satu pemain lama di bidang platform belajar mandiri. Selain untuk siswa, Quipper juga memiliki fitur Quipper School for Teacher sehingga proses belajar online bisa lebih terintegrasi.

Quipper menawarkan cara belajar inovatif untuk proses belajar mengajar lewat berbagai pilihan medium seperti tulisan maupun video tutorial. Meskipun memiliki fitur premium, namun akses gratisnya pun sudah sangat banyak dan tetap bermanfaat.

Akses Quipper School di sini.

4 dari 7 halaman

4. Sekolah Online Ruangguru

Platform belajar mandiri © Diadona

Platform belajar mandiri berikut ini mungkin adalah yang paling populer di antara yang lain. Konten promosinya memang sangat gencar di televisi dan itu sebanding dengan fitur pendidikannya.

Saat ini Ruangguru tengah membuat fitur bebas akses dengan kuota 30 GB selama 30 hari bagi pengguna Telkomsel. Dengan fitur ini, semua konten pembelajaran Ruangguru bisa diakses gratis.

Akses Sekolah Online Ruangguru di sini.

5 dari 7 halaman

5. SekolahMu

Platform belajar mandiri © Diadona

Platform SekolahMu memiliki gerakan #tanpabatas yang memungkinkan bagi semua anak untuk belajar tanpa terkecuali. SekolahMu juga memosisikan diri sebagai simpul kolaborasi ratusan sekolah dan organisasi yang telah dikurasikan untuk menyediakan program-program kurikulum.

Beberapa fitur yang dimiliki adalah Tanyamu, Ujianmu, Kelasmu, dan Kariermu.

Akses SekolahMu di sini.

6 dari 7 halaman

6. Zenius

Platform belajar mandiri © Diadona

Zenius menyediakan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk semua jenjang mulai dari SD, SMP, sampai SMA. Kurikulumnya pun tersedia untuk Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pembelajaran bisa dilakukan dengan peraga video mulai dari latihan, ulangan harian, dan persiapan ujian lengkap dengan video pembahasannya sehingga secara bobot masih setara dengan sekolah tatap muka.

Akses Zenius di sini.

7 dari 7 halaman

Dalam keadaan darurat seperti ini, ada baiknya untuk menuruti imbauan dari pemerintah pusat dan daerah. Peran orang tua dan guru menjadi sangat penting di sini.

Orang tua wajib memastikan anak tetap di rumah dan melakukan kewajiban belajarnya. Sementara guru wajib menyusun kegiatan belajar untuk dilakukan oleh anak muridnya.

Semua platform belajar mandiri di atas juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di smartphone masing-masing untuk memudahkan akses.

Semoga kondisi ini lekas berlalu. Tetap sehat dan jangan lupa belajar, ya!

Beri Komentar