Sedih, Aurel dan Azriel Masih Trauma dengan Perceraian Orangtuanya Hingga Saat Ini

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 11 Maret 2020 10:00
Sedih, Aurel dan Azriel Masih Trauma dengan Perceraian Orangtuanya Hingga Saat Ini
Perceraian orang tua memang bisa menjadi kenangan paling menyakitkan dalam hidup anak.

Perceraian yang dialami oleh Anang Hermansyah dan Krisdayanti memang sudah berlangsung lama. Meski sudah bahagia dengan keluarga masing-masing, tapi kejadian itu ternyata nggak serta merta hilang begitu saja dari ingatan anak mereka yaitu Aurel dan Azriel.

Dalam vlog yang dibagikan di akun Youtube The Hermansyah A6, Aurel dan Azriel mengungkapkan bahwa masa itu menjadi masa yang nggak akan mereka lupakan. Aurel mengaku bahwa masa itu merupakan masa di mana paling 'down' dalam hidupnya. Tetapi keduanya juga sepakat bahwa kejadian itulah yang memberikan banyak pelajaran dan membuat mereka menjadi lebih bersyukur.

1 dari 5 halaman

Aurel dan Azriel © Diadona

Pada sesi Q&A itu, mereka juga mendapatkan sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan perpisahan orangtuanya di masa lalu. Salah satu followersnya bertanya, " Apa tanggapan kalian dengan broken home? Apa masih ada trauma sampai sekarang? Dan bagaimana dulu bangkit dari semua itu?"

Saat mendapat pertanyaan itu, Aurel pun menjawa bahwa dirinya nggak ingin punya cerita yang sama seperti orangtuanya. Aurel juga berharap anak-anaknya hidup dalam keluarga yang bahagia di masa depan nanti.

" Kalau menurut aku jangan lah, karena kasihan anak-anaknya. Apalagi kalau masih kecil, yang mungkin masih belum mengerti. Makanya aku tuh dari dulu punya pendirian dan udah aku tanamin dalam diriku, aku tuh kalau misalnya udah berkeluarga itu satu untuk selamanya," ungkap Aurel.

Sementara Azriel pun juga setuju dengan pendapat sang kakak. Meski masih memiliki rasa trauma, keduanya berharap agar keturunan mereka nggak merasakan rasanya broken home.

2 dari 5 halaman

      View this post on Instagram

When we have each other, we have everything ???? #thehermansyah

A post shared by Titania Aurelie Nurhermansyah (@aurelie.hermansyah) on

 

3 dari 5 halaman

Setiap pasangan yang menikah pasti nggak pernah ingin mengalami perceraian. Namun saat hal itu terjadi, semua keinginan itu hanya tinggal harapan di masa lalu. Banyak orang tua yang merasa khawatir perceraian akan memberikan dampak buruk pada anak. Meski sulit untuk diterima namun bagaimanapun juga perceraian tetap akan memberi luka pada anak.

Dari yang saya baca di Allwomenstalk, berikut beberapa hal yang harus diketahui anak saat menghadapi perceraian orangtuanya.

Orangtua juga terluka

Kita mungkin merasa marah saat orang tua kita memutuskan untuk berpisah. Bahkan kita mungkin juga menyalahkan mereka karena telah merusak hidup kita. Tapi kita perlu ingat untuk nggak menyerang mereka secara langsung meskipun kita sangat marah pada mereka. Orang tua yang memutuskan untuk berpisah pasti mengalami banyak rasa sakit dan merasa bersalah pada anaknya. Sebaiknya kita nggak membuat keadaan mereka menjadi lebih buruk.

4 dari 5 halaman

Kamu tetap anak mereka

Saat orang tua memutuskan untuk bercerai, kamu harus ingat bahwa mereka nggak berhenti menjadi orang tuamu. Mungkin mereka akan berpisah dan tinggal di tempat yang berbeda. Akan menyakitkan saat nggak bisa melihat mereka setia hari. Tapi selalu ingat bahwa mereka masih mencintaimu. Mereka nggak akan meninggalkanmu.

Perceraian memang menyakitkan

Berapapun usiamu, menyaksikan orang tuamu harus berpisah akan tetap menimbulkan kenangan menyakitkan dalam hidupmu. Bahkan saat kamu sudah cukup dewasa, kejadian itu tetap akan membuatmu merasa sedih. Untuk itu kamu harus mengakui perasaanmu. Mungkin kamu merasa bahwa kamu harus terlihat kuat. Padahal terkadang menangis adalah satu-satunya cara untuk membuatmu merasa lega.

5 dari 5 halaman

Jangan menyalahkan dirimu sendiri

Banyak anak yang sering menyalahkan diri mereka sendiri karena perceraian orang tua mereka. Padahal hal itu sudah jelas bukan kesalahanmu. Menjalani pernikahan dan menghadapi berbagai masalah memang terkadang membuat mereka stres dan itu bukanlah salahmu. Ingatlah bahwa hubungan orang dewasa sangat rumit dan nggak selalu berhasil.

Itulah hal yang harus diketahui saat kita mengahadapi perceraian orang tua. Meski masih merasakan trauma, semoga harapan Aurel dan Azriel untuk menjadi orang tua yang baik di masa depan dapat terwujud.

Beri Komentar