Persiapkan Sedini Mungkin, Inilah Keterampilan Dasar yang Harus Bisa Anak Terapkan

Reporter : Mila
Senin, 23 Desember 2019 15:08
Persiapkan Sedini Mungkin, Inilah Keterampilan Dasar yang Harus Bisa Anak Terapkan
Tak hanya pandai dalam akademik, pandai dalam keterampilan dasar juga penting, lho.

Keterampilan dasar pada anak sangatlah penting. Hal ini berguna untuk dapat beradaptasi di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk melatih keterampilan dasar ini sejak dini pada anak.

Orang tua tidak perlu takut jika anaknya mencoba hal-hal baru. Jika orang tua takut dan selalu membatasi anak, justru akan menghambat perkembangannya dalam mempelajari banyak hal. Berikut, dikutip dari ParentingOrami (12/12), keterampilan dasar yang perlu anak miliki.

1 dari 5 halaman

Mencuci Pakaian

Anak diatas 10 tahun pastinya sudah dapat membantu orang tua membantu pekerjaan rumah, salah satunya mencuci pakaian. Cukup latih anak mulai dari bagian termudah, seperti memisahkan pakaian putih dan berwarna, atau menjemur handuk kecil dan pakaiannya sendiri.

2 dari 5 halaman

Bangun Tidur Sendiri

Seringkali orang tua menjadi alarm bagi anak untuk membangunkannya. Maka, inilah saatnya untuk anak berlatih bangun sendiri. Dengan begitu, maka kemandirian mereka akan tumbuh seiring berjalannya waktu.

3 dari 5 halaman

Merapikan Barang Sendiri

Anak seringkali bermain lalu meninggalkan mainannya begitu saja di lantai. Kebiasaan ini harus disingkirkan, karena bisa berdampak pada masa depannya. Untuk itu, mulailah untuk meminta anak merapikan mainan atau barangnya sendiri seperti tas sekolah ke tempat yang seharusnya.

4 dari 5 halaman

Membantu Berbelanja

Berbelanja bersama anak, selain dapat melatih kemampuan tanggung jawabnya, juga dapat mempererat ikatan antara orang tua dan anak. Latihlah ia dengan memintanya mengambilkan buah-buahan atau sayuran tertentu, lalu minta untuk masukkan ke dalam keranjang belanja.

5 dari 5 halaman

Merawat Makhluk Hidup Lain

Sebagai manusia, kita harus memiliki sifat menyayangi dan merawat sesama makhluk hidup, tidak terkecuali anak. Langkah awal untuk melatihnya merawat makhluk hidup adalah dengan memelihara hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan ikan. Minta anak untuk memberi makan mereka saat pagi dan sore hari.

Beri Komentar