Perlengkapan Menyusui yang Wajib Dimiliki Ibu yang Bekerja

Reporter : Mila
Jumat, 3 Januari 2020 10:08
Perlengkapan Menyusui yang Wajib Dimiliki Ibu yang Bekerja
Pada ibu yang bekerja terdapat beberapa hal yang berbeda dalam pemberian ASI.

Menjadi ibu dan wanita karir sekaligus bukanlah halangan untuk tetap memberikan asupan ASI yang cukup untuk buah hati. Agar ASI lancar, disarankan untuk mempersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan agar dapat memberikan ASI untuk anak. Sebagai ibu yang bekerja, ada beberapa hal yang berbeda dalam pemberian ASI, dikarenakan saat di kantor ibu harus memerah ASI agar dapat disimpan dan diberikan pada anak saat ibu tidak ada di rumah. Oleh karena itu dilansir dari Urbanmama (3/1), berikut pelengkapan menyusui agar pemberian ASI perah untuk anak dapat berjalan lancar.

1 dari 7 halaman

Pompa ASI

Peralatan 'tempur' yang paling utama tak lain dan tak bukan adalah pompa asi atau breastpump. Pompa asi ini membantu mengumpulkan stok ASI perah. Ibu dapat memompa atau pumping saat sedang dikantor. Pompa asi yang dijual pun beragam, mulai dari pompa ASI manual sampai pompa ASI elektrik. Ibu dapat memilih sesuai kebutuhan serta kemampuan masing-masing.

pompa asi © Diadona

2 dari 7 halaman

Cooler Bag

Cooler bag atau tas pendingin ini berfungsi untuk menyimpan ASI yang yang sudah di perah dengan pompa asi tadi. Cooler bag dapat menyimpan ASI tanpa membuat kualitas dari ASI itu berkurang, serta cooler bag praktis bisa dibawa kemana-mana. Ibu dapat memiliki ukuran cooler bag yang memadai, disarankan untuk jangan yang terlalu besar agar tidak repot saat membawanya.

3 dari 7 halaman

Ice Gel

Ice gel/ice packs berfungsi untuk pendingin cooler bag. Meskipun ada pula cooler bag yang sudah sepaket dengan ice gel, namun untuk berjaga-jaga ibu disarankan untuk tetap membelinya. Ada dua jenis ice gel, yaitu model ice gel lekuk dan model ice gel kantung. Model ice gel lekuk mengikuti bentuk botol sehingga dapat berfungsi sebagai penyangga botol ASI perah dalam cooler bag. Model ice gel kantung memiliki bentuk seperti kantung es batu.

4 dari 7 halaman

Wadah ASI Perah

Sesuai namanya, wadah asi perah untuk menyimpan hasil ASI yang sudah diperah. Ibu dapat memilih jenis wadah ASI sesuai kebutuhan, ada yang berbentuk botol kaca dan plastik, kantung plastik, toples, serta mangkuk.

wadah asi © Diadona

5 dari 7 halaman

Apron Menyusui

menyusui di tempat umum ataupun dapat digunakan saat sedang ingin memerah susu di tempat umum, contohnya kantor. Ibu dapat pula memiliki model apron menyusui yang sesuai dengan keinginan.

apron menyusui © Diadona

6 dari 7 halaman

Breast pad

Breast pad berfungsi untuk menahan ASI agar tidak merembes ke baju. Hal ini dikarenakan pada ibu menyusui, ASI bisa tiba-tiba mengalir karena efek let-down reflex.

breast pad © Diadona

7 dari 7 halaman

Bra Menyusui

Bra menyusui umumnya adalah bra biasa dengan kaitan klip bukaan di daerah sekitar areola. Bra menyusui wajib dimiliki ibu yang sedang menyusui karena lebih nyaman dan memudahkan ibu saat ingin pumping.

Itulah perlengkapan menyusui utama yang harus ibu miliki. Semoga dapat memberikan gambaran bagi ibu bekerja untuk persiapan perlengkapan menyusui Selamat pumping dan selalu semangat menyusui ya!

Beri Komentar