Penting, Tips Mendidik Anak Tentang Pelecehan Seksual

Reporter : Mila
Jumat, 27 Desember 2019 13:54
Penting, Tips Mendidik Anak Tentang Pelecehan Seksual
Kekerasan dan pelecehan seksual tidak akan pernah berhenti menimpa anak-anak.

Dunia memang lebih kejam dari yang kita pikirkan. Segala jenis kejahatan kriminal dapat menimpa siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Anak-anak yang tidak bersalah, sering mengalami kekerasan dan pelecehan seksual. Hal ini khususnya dapat sering kita saksikan di berita telebisi. Menyedihkan sekali melihat berita mengerikan seperti itu.

Kekerasan dan pelecehan seksual tidak akan pernah berhenti menimpa anak-anak. Hal ini mengakibatkan banyak anak baik perempuan maupun laki-laki yang mengalami trauma seumur hidupnya. Untuk itu, berikut beberapa tips mendidik dan membantu anak memahami tentang apa itu pelecehan seksual, sehingga anak bisa tetap waspada.

1 dari 6 halaman

Pendidikan Seksual

Orang tua perlu memberikan anak pengantar singkat tentang pendidikan seksual sesuai dengan umur mereka. Lakukan secara bertahap, agar mereka mengerti sedikit banyak tentang pelecehan seksual. Buatlah perbincangan terasa nyaman dan santai. Sehingga anak tidak merasa sedang digurui.

2 dari 6 halaman

Pikiran Terbuka

Mendidik anak tentang pelecehan seksual mengharuskan orang tua untuk bersikap terbuka dengan mereka tentang masalah yang terkait dengan pelecehan. Buatlah mereka mengerti bahwa pelecehan seksual bukanlah kesalahan dari anak, sehingga mereka tidak akan takut untuk memberi tahu orang tua.

3 dari 6 halaman

Waspada

Ajari anak untuk waspada kepada orang asing dengan cara tidak menerima barang dari orang asing atau tidak pergi bersama orang asing, bahkan jika orang tersebut mengaku disuruh oleh orang tua untuk menjemput mereka di sekolah.

4 dari 6 halaman

Penting untuk mengajarkan anak bahwa ada beberapa bagian tubuh yang merupakan privasi setiap individu. Sehingga jika ada orang menyentuh bagian-bagian tertentu itu, anak dapat memahami bahwa itu salah.

5 dari 6 halaman

Saling Jujur

Buatlah anak terbuka denganmu sehingga kalian bisa saling berbagi rahasia. Karena banyak pelaku pelecehan seksual di luar sana yang mengancam anak untuk merahasiakan hal itu dari siapapun.

6 dari 6 halaman

Berani Berkata Tidak

Ajari anak untuk berkata 'tidak dalam situasi yang membuat mereka merasa tidak nyaman dan takut, terutama jika melibatkan orang asing.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu orang tua untuk mendidik anak tentang pelecehan seksual.

Beri Komentar