Musisi Baim Isi Masa Karantina COVID-19 dengan Nyanyi Bareng Kedua Putri, Apa Efeknya untuk Anak?

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 27 Maret 2020 10:00
Musisi Baim Isi Masa Karantina COVID-19 dengan Nyanyi Bareng Kedua Putri, Apa Efeknya untuk Anak?
Aksi main musik bareng anak yang dilakukan Baim bareng kedua putrinya sangat menyenangkan. Selain bisa mengisi waktu selama karantina COVID-19, musik juga punya banyak manfaat untuk anak, lho.

Masa karantina untuk mengamankan diri dari COVID-19 bisa menjadi sangat membosankan apabila diisi dengan berdiam diri saja. Oleh karena itu, sebaiknya masa tersebut diisi dengan banyak kegiatan yang bersifat rekreasional.

Musisi Baim contohnya. Ia mengisi waktu karantinanya dengan bernyanyi bersama dua putrinya, Abbey dan Zoey.

Dalam video yang diunggah lewat IGTV itu, Baim bermain gitar mengiringi Abbey dan Zoey yang menyanyikan lagu berjudul 'Pelangi Usai Hujan'. Lagu tersebut merupakan single original milik Abbey.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by ???α??? ???αη (@baimguitar) on

Apa yang dilakukan oleh gitaris The Dance Company bersama dua putrinya itu ternyata termasuk salah satu kegiatan yang baik untuk anak. Disebut oleh para ilmuwan, bagi anak, musik memiliki efek yang positif. Apa sajakah itu?

1 dari 5 halaman

Meningkatkan perkembangan otakMeningkatkan perkembangan otak

Dilansir dari brighthorizons.com, musik disebut dapat membantu perkembangan otak anak menjadi lebih cepat.

Hasil penelitian dari University of Southern California yang dilakukan pada 2016 menemukan bahwa musik akan mempertajam otak. Baik otak kanan yang berhubungan dengan kreativitas, maupun otak kiri yang berhubungan dengan kemampuan logis matematis.

2 dari 5 halaman

Melatih motorik

Nggak cuma melatih otak, fisik anak pun turut berkembang dengan musik. Nada-nada dari musik akan diserap oleh otak dan dikeluarkan dalam bentuk senandung dan/atau goyangan tubuh. Dengan begitu, musik dapat membantu proses sinkronisasi antara otak dengan gerak tubuh.

3 dari 5 halaman

Mengenalkan pada penggunaan bahasa

Musik juga secara tidak langsung akan memperkenalkan anak pada beragam penggunaan kata. Misalnya, kata 'piara' yang selama ini diasosiasikan dengan merawat hewan ternyata secara indah bisa juga digunakan untuk menggambarkan ibu yang merawat anak dalam lirik lagu 'bunda piara, piara akan daku'.

4 dari 5 halaman

Mendatangkan kebahagiaan

Terakhir dan yang tidak kalah penting, musik tentunya dapat mendatangkan kebahagiaan. Secara psikologis, nada-nada yang didengar oleh anak bersifat theurapeutic dan bisa membuat otak anak menjadi lebih segar.

Untuk musim pandemi seperti sekarang, kebahagiaan juga bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga orang tua dan anak bisa sama-sama lebih kuat.

5 dari 5 halaman

Dengan banyaknya manfaat di atas, bermusik bersama anak seperti yang dilakukan Baim sepertinya sangat bisa dilakukan oleh para orang tua.

Yah, hitung-hitung sebagai selingan untuk anak yang suntuk karena harus belajar mandiri sepanjang hari.

Selamat bermusik dan semoga tetap sehat!

Beri Komentar