Menyusui Bayi dengan Puting yang Rata Ternyata Bukanlah Masalah

Reporter : Mila
Kamis, 19 Desember 2019 14:26
Menyusui Bayi dengan Puting yang Rata Ternyata Bukanlah Masalah
Puting rata bukanlah halangan bagi ibu untuk tetap memberikan nutrisi untuk sang buah hati. Kira- kira gimana ya caranya?

Seperti yang kita ketahui, menyusui bayi sangatlah penting agar asupan nutrisi dan gizi bayi terpenuhi. Sayangnya, ada beberapa ibu yang kesulitan untuk menyusui bayinya dikarenakan putingnya yang rata. Hal ini menyebabkan bayi kesulitan untuk menyusu dan pada akhirnya tidak mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan.

Memang, bentuk dan ukuran dari puting pada wanita bervariasi. Biasanya daerah areola pada ibu menyusui lebih lebar dan gelap dibanding yang tidak menyusui. Selain itu, puting tengah areola bisanya sedikit terangkat, guna memudahkan bayi dalam menyusui. Namun, beberapa wanita memiliki puting yang tidak terangkat atau rata.

Meskipun banyak bayi yang menyusu pada puting rata tanpa masalah, namun tentu saja hal ini membuat ibu khawatir dan takut jika bayinya tidak bisa menyusu. Untuk itu, inilah cara menyusui dengan puting rata yang dilansir dari VeryWellFamily (13.12).

1 dari 4 halaman

Gunakan Cangkang Payudara (Breast Shells)

Ibu dapat menggunakan cangkang payudara atau lebih dikenal dengan breast shells saat menyusui. Breast shells berfungsi untuk menekan ujung puting sehingga memudahkan bayi untuk menyusu. Ibu bisa memasang Breast shells hanya pada saat akan menyusui.

2 dari 4 halaman

Gunakan Pompa ASI (Breast Pump)

Sebelum menyusui bayi, gunakanlah breast pump. Hisapan dari breast pump dapat membantu mengeluarkan dan menarik puting sehingga tidak rata lagi.

3 dari 4 halaman

Memencet ASI

Jika ratanya puting disebakan karena pembengkakan payudara, ibu dapat mencoba mengeluarkan sedikit ASI sebelum menyusui anak. Caranya dengan menekan atau memencet ASI dengan tangan menggunakan gerakan menyerupai huruf V (V-hold) atau gerakan menyerupai huruf C (C-hold). Tujuannya, agar membantu melembutkan payudara yang membesar serta memudahkan bayi untuk menyusu.

4 dari 4 halaman

Pastikan Bayi Mendapat ASI yang Cukup

Untuk memastikan apakah bayi menyusui dengan baik pada puting yang rata, cek tandanya, yaitu dengan melihat popok bayi basah atau tidak. Jika merasa tidak yakin, orang tua dapat periksa ke dokter spesialis menyusui. Dokter dengan pengalaman yang terpercaya dapat merekomendasikan cara terbaik sesuai kondisi kamu.

Nah, itu tadi tips bagi ibu menyusui yang memiliki puting rata. Jika kamu memiliki cara lainnya, jangan lupa masukkan di kolom komentar, ya.

Beri Komentar