Membuat Tradisi Keluarga Bisa Menguatkan Ikatan Kekeluargaan

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 28 Januari 2020 17:36
Membuat Tradisi Keluarga Bisa Menguatkan Ikatan Kekeluargaan
Tradisi keluarga sangat penting untuk membangun fondasi dan nilai-nilai dalam keluarga. Tradisi dan ritual keluarga memberi juga memberi anggota keluarga sesuatu yang akan dinanti-nantikan.

Ritual keluarga adalah perilaku berulang dan bermakna dalam suatu keluarga secara simbolis. Ritual keluarga memberikan rasa identitas dan kekeluargaan. Mereka saling membangkitkan emosi yang kuat dan akan terus teringat dan dibicarakan dalam keluarga.

Ritual keluarga juga akan memberikan nilai-nilai keluarga, sejarah dan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Ritual keluarga juga disebut tradisi keluarga.

1 dari 3 halaman

Contoh dari Tradisi Keluarga

Contoh sederhana dari ritual keluarga adalah tradisi liburan hari besar. Acara-acara seputar liburan seperti lebaran, berkumpul dengan keluarga saat lebaran, makan ketupat bareng keluarga juga termasuk ritual keluarga.

Selain itu, keluarga juga memiliki ritual non keluarga yang untuk untuk keluarga mereka.

2 dari 3 halaman

Tradisi Keluarga Melalui Generasi

Banyak keluarga memiliki tradisi yang bertahan selama beberapa generasi. Ini sering menghasilkan kenangan terindah yang semua orang hargai dan upayakan untuk melanjutkan.

Beberapa berhubungan dengan warisan keluarga seperti pergi ke tempat tertentu atau memasak makanan tertentu untuk merayakan sesuata pada hari tertentu setiap tahun. Yang lain mungkin ada hubungannya dengan acara-acara khusus.

Namun, yang lain hanya bersifat menyenangkan. Misalnya keluarga yang penuh penggemar bola mungkin menjadikannya tradisi untuk pergi ke stadion untuk melihat klub kesayangan bertanding.

3 dari 3 halaman

Ritual Keluarga dengan Rutinitas

Ritual keluarga berbeda dengan rutinitas. Rutinitas adalah hal yang terjadi berulang kali tetapi tidak memiliki makna simbolis yang dimiliki oleh ritual keluarga.

Ritual keluarga sangat penting untuk kesejahteraan semua anggota keluarga dan untuk struktur keluarga itu sendiri. Sedangkan rutinitas keluarga sering diperlukan untuk menjaga kesatuan keluarga. Makan malam keluarga setiap Jumat malam mungkin merupakan rutinitas. Makan malam keluarga di restoran mewah untuk ulang tahun anggota keluarga mungkin ritual atau tradisi.

Semuanya memiliki makna untuk mengikat rasa memiliki dalam keluarga. Apakah kamu juga punya tradisi keluarga? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar