Melihat IQ Si Kecil, Apakah Anak-Anak Memiliki Bakat Sejak Bayi?

Reporter : Kurnia
Kamis, 14 Oktober 2021 15:39
Melihat IQ Si Kecil, Apakah Anak-Anak Memiliki Bakat Sejak Bayi?
Hal-hal ini kerap ditayakan oleh setiap ibu

Setiap orang tua pastinya menginginkan buah hatinya memiliki kemampuan terbaik. Apapun itu, setiap hal yang berhubungan dengan tumbuh kembang dan perkembangan si buah hati pasti menjadi yang terpenting bagi Moms dan Deddy di rumah.

Melihat tumbuh kembang anak yang berbeda dari teman seusinya terkadang membuat orang tua berpikir, apakah mereka lebih baik dari teman sebayanya? Atau buah hati justru memiliki hal yang lebih lamban dari teman-temannya?

1 dari 8 halaman

Saat melihat anak-anak memiliki kemampuan lebih dari yang lain, setiap orang tua pasti berpikir jika semua itu adalah tanda tumbuh kembang anak yang baik. Apakah benar demikian?

Bahkan ketika anak-anak bisa berbicara lebih dulu dari teman-temannya, itu belum tentu menunjukkan tanda bakat anak sejak bayi lho, Moms. Yang perlu diketahui, bahwa setiap anak selalu tumbuh dan memiliki bakat yang berbubah. Jadi, belum tentu anak yang pasif itu adalah tanda anak yang tidak memiliki bakat, begitu juga sebaliknya.

Karena hal-hal semacam itu, tidak sedikit orang tua yang selalu bertanya-tanya tentang tumbuh kembang buah hatinya. Terutama Moms, mereka pasti memiliki banyak pertayaan mengenai bakat sampai IQ anaknya sejak mereka masih bayi, seperti yang dilansir dari laman verywellfamily.com, berikut ini:

2 dari 8 halaman

Pada usia berapa sih Moms mulai bisa menguji IQ anak?

Ilustrasi Bayi Minum SusuIlustrasi Bayi Minum Susu © pinterest.com/Alizna Panjawani

Sebenarnya, Moms dapat menguji IQ anak sejak usia 2 tahun 6 bulan. Namun hasilnya mungkin tidak akurat dan bahkan dapat berubah seiring bertambahnya usia. 

Menurut  para ahli, waktu terbaik untuk menguji IQ pada anak-anak yakni berada di antara usia 5 dan 8 tahun, Moms.

3 dari 8 halaman

Lantas berapa sih usia terbaik untuk mengikuti tes IQ anak?

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © unsplash.com

Untuk melihat bakat anak-anak sejak dini, usia ideal untuk mengikuti tes IQ mereka adalah 5 tahun. Ketika hasil tes dapat berdampak pada penempatan sekolah dan kurikulum anak.

4 dari 8 halaman

Bagaimana caranya Moms bisa menguji IQ anak di rumah?

ilustrasi bayi mainilustrasi bayi main © 2020 https://www.diadona.id / @ verywellfamily

Tes IQ untuk balita tidak dianjurkan karena hasilnya mungkin tidak akurat. Sebagai gantinya, amati dan catat tanda-tanda awal bakat pada buah hati Moms.

Dengan catatan tersebut, Moms bisa membagikannya dengan dokter anak anak yang dipercaya. Ini merupakan tahap awal untuk mendeteksi bakat anak sejak dini.

5 dari 8 halaman

Di mana Moms bisa menguji bakat buah hati?

ilustrasi bayiilustrasi bayi © rawpixel.com

Banyak lembaga yang menawarkan tes IQ dan tes lain untuk melihat bakat anak di sekolah. Biasanya, tes IQ di sekolah ini bermanfaat untuk menempatkan siswa dalam program apa sih yang paling tepat dan mendukung nereka. 

6 dari 8 halaman

Apa ciri-ciri anak-anak berbakat?

ilustrasi bayi merangkakilustrasi bayi merangkak © 2019 https://www.diadona.id / @ babycenter

Ada banyak sifat yang berbeda dari bakat. Yang paling umum termasuk mencapai tonggak perkembangan lebih awal dari anak-anak lain, hipersensitif terhadap suara dan pemandangan, dan keinginan bawaan untuk mengeksplorasi, menyelidiki, dan memecahkan masalah.

Apakah buah hati Moms memiliki semu dari yang sudah disebutkan?

7 dari 8 halaman

Apa tanda-tanda awal bakat pada si kecil?

Ilustrasi Bayi MakanIlustrasi Bayi Makan © 2019 https://www.diadona.id/newsweek.com

Beberapa bayi menunjukkan tanda-tanda bakat. Mereka mungkin tampak sangat waspada dan terlibat dengan lingkungan mereka, meniru suara lebih awal dari rekan-rekan mereka, dan tidur kurang dari bayi lain.

Beri Komentar