Lindungi Keluarga dari Ancaman COVID-19, Gimana sih Cara Bersihkan Rumah yang Efektif?

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 26 Maret 2020 21:00
Lindungi Keluarga dari Ancaman COVID-19, Gimana sih Cara Bersihkan Rumah yang Efektif?
Desinfektan adalah jawaban.

Virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 saat ini sudah sangat menyebar. Setidaknya 192 negara di dunia telah terinfeksi oleh virus tersebut. Saat ini para ilmuwan sedang dalam proses mencari vaksin yang dapat menyembuhkan penderitanya. Selain itu, para ilmuwan juga sudah mencari tahu bagaimana langkah pencegahannya, bahkan sejak dari dalam rumah.

Dilansir dari webmd.com, ada beberapa cara efektif untuk membersihkan rumah agar terhindar dari ancaman virus corona yang bisa kita terapkan. Cara yang paling ampuh adalah menggunakan desinfektan.

Disebutkan oleh para ilmuwan bahwa desinfektan yang ampuh melawan jenis virus lain seperti MERS dan SARS juga akan bisa ampuh melawan virus penyebab COVID-19.

Hm, lalu bagaimana cara agar pembersihan rumah dengan desinfektan bisa efektif?

1 dari 5 halaman

Bersihkan barang yang sering digunakan

Ilustrasi mengelap meja © Diadona

Penyemprotan desinfektan sejatinya bisa dilakukan di rumah secara menyeluruh. Namun jika jumlah cairan terbatas, menyemprotkannya pada benda-benda yang sering digunakan perlu diutamakan karena seringnya terjadi kontak pada benda-benda tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS merekomendasikan penyemprotan desinfektan pada permukan benda seperti meja, gagang pintu, saklar lampu,telepon genggam, mouse dan keyboard komputer/laptop, serta putaran keran.

2 dari 5 halaman

Jangan terburu-buru

Salah satu cara utama agar pembersihan efektif dan maksimal adalah dengan mendiamkan obyek setelah disemprot dalam waktu yang cukup.

" Aturan umum yang penting adalah jangan terburu-buru untuk membersihkan desinfektan setelah digunakan. Diamkan cukup lama agar zat kimia yang terkandung di dalamnya bisa bekerja untuk membunuh virus terlebih dahulu," ujar Donald Schaffner, profesor dan ahli mikrobiologi makanan di Rutgers University.

3 dari 5 halaman

Treatment khusus untuk mainan anak

Ilustrasi mainan lego © Diadona

Mainan anak juga tidak boleh luput untuk didesinfeksi. Untuk mainan-mainan besar seperti mobil remote control atau robot-robotan, pembersihan bisa dilakukan dengan menyemprotkannya saja. Sementara untuk mainan-mainan kecil seperti part-part Lego, desinfektasi bisa dilakukan dengan mencelupkannya ke dalam cairan pemutih selama 30 detik.

4 dari 5 halaman

Lakukan secara rutin

Proses desinfektasi di rumah harus dilakukan secara rutin, setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Hal ini untuk mencegah kemungkinan virus corona berkembang dan hidup di permukaan benda. Seperti hasil riset para ahli, virus corona terbukti bisa bertahan selama 16 jam pada plastik.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi membersihkan rumah dengan anak © Diadona

Saat ini mayoritas masyarakat sedang melaksanakan kegiatan di rumah untuk menghindari kontak langsung dengan banyak orang yang berpotensi membuat COVID-19 semakin menyebar. Oleh sebab itu, sudah menjadi hal yang wajib untuk membersihkan rumah agar tetap menjadi tempat paling aman untuk berlindung.

Menjaga kebersihan sama dengan menjaga kesehatan. Yuk dijaga!

Beri Komentar