Ketika Anak-Anak Bersepeda Ke Sekolah, Apa Saja Yang Harus Di Lakukan?

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 29 Januari 2020 16:44
Ketika Anak-Anak Bersepeda Ke Sekolah, Apa Saja Yang Harus Di Lakukan?
Buat anak jangan coba-coba, ya.

Kamu mungkin mempunyai kenangan yang indah ketei bersepeda ke sekolah. Atau Mungkin kamu ingin memastikan anak-anakmu bergerak dengan porsi yang cukup melalui bersepeda ke sekolah. Atau bahkan kamu ingin melihat anak-anakmu bersuka ria dengan teman-temanya mengendarai sepedah ke sekolah.

Apapun alasannya, dilansir dari www.verywellfamily.com sangat banyak manfaat yang didapatkan oleh anak dari mengendarai sepeda ke sekolah. Seperti contoh meningkatkan aktivitas fisik, perasaan mandiri karena tidak hanya menjadi penumpang ketika diantarkan, dan juga belajar bagaimana untuk memilih dan menghafal rute perjalanan.

1 dari 4 halaman

Jika kamu sudah siap untuk membiarkan anak-anak berangkat dan pulang sekolah menggunakan sepedah, hal di bawah ini bisa kamu lakukan.

Mengecek Rute

kamu harus memastikan rute mana yang harus dilalui oleh anak-anak dan memastikan bahwa rute itu aman untuk anak-anak. Kamu harus mengajak anak kamu ketika kamu mengetes rute tersebut. Perhatikan keadaan sekitar rute yang mungkin bisa mendatangkan masalah untuk anak anda seperti trotoar jalan yang menyulitkan anak untuk menyebrang atau daerah yang memiliki jarak pandang tidak bagus. Kamu juga bisa mencari rute alternatif yang aman buat anak-anak. Jika sudah menentukan rute, pastikan anak anda untuk selalu menggunakan rute tersebut.

2 dari 4 halaman

Membuat Sepeda Bersama

Jika anak-anak belum begitu lihai bersepeda, kamu bisa membuatkan mereka sepeda yang bisa dikendarai oleh dua orang atau lebih. Dengan demikian, anak-anak bisa berkendara bersama dengan teman-temannya yang mana akan membuat anda tidak khawatir akan hal tersebut. Jika sempat, Kamu juga bisa bersepeda bersama dengan buah hatimu

3 dari 4 halaman

Lengkapi Sepeda Dengan Alat Pembantu

Jika anak-anak pergi menggunakan sepeda bersama maka kamu tidak perlu khawatir akan keadaan mereka di di jalan. Namun, jika mereka bersepeda seorang diri ada beberapa hal yang harus kamu siapakan untuk kenyamanan dan keselamatan anak-anak letika bersepeda. Alat-alat seperti pompa ban mini, helm, knee pad, dan elbow pad harus digubakan oleh anak. Bel atau klakson juga alat yang bagus untuk pengendara sepeda agar orang lain tau jika pengendara sepeda bersiap-siap untuk melewati seseorang.

Perhatikan Cuaca
Jika sedang musim hujan, pastikan kamu membekali anak dengan raincoat yang safety used. Jika anak-anak bersepeda dalam kondisi berkabutatau hujan, pastikan sepeda mereka memeiliki lampu dibagian depan.

4 dari 4 halaman

Pastikan Mereka Bersepeda Dengan Bahagia

Melakukan aktivitas fisik apa pun dapat menjadi hal yang sangat menantang atau bahkan membosankan. Tanpa menambahkan beberapa strategi untuk membuat perjalanan menyenangkan melewati rute yang sama dapat menyebabkan kebosanan. Kamu bisa memberikan aktivitas tambahan untuk mengatasi kebosanan bersepeda seperti menghitung berapa banyak mobil merah yang terlihat dalam perjalanan ke sekolah atau berhenti di rute yang direncanakan, seperti berhenti di taman bermain, tempat untuk mendapatkan makanan ringan, rumah teman, perpustakaan setempat atau pusat kegiatan lingkungan.

Jika kamu belum siap memebiarkan anak-anak pergi sekolah menggunakan sepeda, kamu bisa m anak-anak pergi ke sekolah dengan bersepedah setengah perjalanan dan kemudian membiarkan mereka melanjutkan perjalanan ke sekolah.

Beri Komentar