Kebiasaan Pake Empeng Bikin Gigi Anak Maju, Bener Nggak Sih?

Reporter : Mila I
Jumat, 14 Februari 2020 13:27
Kebiasaan Pake Empeng Bikin Gigi Anak Maju, Bener Nggak Sih?
Katanya sih ngempeng bikin anak tonggos.

Pada anak kecil, kebiasaan menghisap empeng atau ngempeng sangat sering terjadi. Biasanya empeng digunakan biar anak berhenti rewel atau nangis.

Menurut Psikoanalisa, Sigmund Freud, ngempeng adalah salah satu cara bayi untuk memenuhi kebutuhan oralnya. Saat ada rangsangan di mulutnya, bayi akan merasakan suatu kepuasan. Tak heran jika mereka suka menggigit-gigit benda dan menghisapnya seperti empeng. Normalnya fase oral pada bayi dimulai pada usia 0 tahun sampai 1 tahun.

Anak Ngempeng

1 dari 2 halaman

Tapi yang membuat orang tua was-was adalah informasi yang beredar kalau anak ngempeng bisa membuat giginya maju alias tonggos ataupun nggak rata.

Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD dari RS Pondok Indah Jakarta, menjelaskan gerakan empeng yang ditarik kemudian ditekan secara terus menerus, bisa menyebabkan rahang atas maju.

Anak Ngempeng © Diadona

2 dari 2 halaman

Meskipun empeng bukan satu-satunya alasan gigi yang maju atau tonggos, tapi Prof Heriandi menyarankan orang tua untuk tidak memberikan empeng pada anak.

Jika anak sudah terlanjur ngempeng, orang tua dapat melepaskan kebiasaan itu secara perlahan dengan membungkus jari anak dengan perban, supaya saat dia mengemut ada rasa tidak nyaman dan tidak enak.

Gimana, setelah mendengar penjelasan di atas, apakah orang tua akan tetap memberi anak empeng?

Beri Komentar