Katanya Rasa Asi Kanan Asin dan Kiri Manis, Bener Nggak Sih?

Reporter : Mila
Senin, 10 Februari 2020 06:00
Katanya Rasa Asi Kanan Asin dan Kiri Manis, Bener Nggak Sih?
Mitos semacam ini masih sering banget dipercayai oleh banyak ibu menyusui.

Mitos tentang air susu ibu (ASI) banyak banget berseliweran di kalangan ibu menysui. Kebanyakan dari mitos-mitos ini sudah ada sejak dulu, dan sudah dipercaya sejak turun menurun. Salah satunya mitos yang sering kita dengar adalah tentang rasa ASI. Banyak yang mengatakan ASI dari payudara kiri memiliki rasa yang manis, sementara ASI dari payudara kanan memiliki rasa asin.

Tunggu dulu, mom. Jangan sampai 'tersesat' sama mitos yang satu ini. Biar lebih jelas simak penjelasan berikut, yuk!

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Sebenarnya, bukan rasa ASI kiri atau kanan yang berbeda, melainkan rasa ASI itu sendiri memang berbeda. Banyak yang memengaruhi rasa dari ASI, antara lain makanan yang ibu makan dan kondisi kesehatan ibu.

Pernyataan ini dibenarkan oleh konselor laktasi, dr. Ratih Ayu Wulandari IBCLC, yang mengatakan rasa ASI memang berubah-ubah setiap harinya.

" Jadi enak atau tidaknya itu tergantung dari kita, karena rasa ASI berubah-ubah. Bahkan dari 0 hari bayi sudah bisa merasa tiap hari ASI yang ia minum beda rasa," kata dr. Ratih.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Kondisi rasa asi yang berbeda antara kiri dan kanan mungkin dipengaruhi juga sama kondisi payudara yang berbeda. Misalnya yang sebelah kanan putingnya lecet, ada luka atau jamur di sekitar kulit payudara. 

Untuk itu ibu yang sedang menyusui harus memperhatikan kondisi asi terlebih dahulu untuk memastikan anak menyusu dengan nyaman. Sangat disarankan juga untuk memberikan asi secara bergantian (kanan dan kiri) agar produksi asi kedua sisa tetap seimbang.

Gimana, jadi udah paham kan tentang mitos rasa asi yang berbeda? Semoga informasi ini membantu, ya. 

Beri Komentar