Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Reporter : Mila
Kamis, 19 Desember 2019 15:06
Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam
Ibu hamil sedang demam? Coba lakukan hal-hal berikut, yuk.

Sakit demam yang dialami siapa pun bisa sangat mengkhawatirkan, terumata dialami pada ibu hamil. Ibu hamil memang lebih mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan pada saat hamil kekebalan tubuh akan melemah.

Meski sangat mengganggu, jangan terburu-buru panik. Simak penjelasan berikut yang dilansir dari TheBump (13.12), tentang semua yang perlu diketahui saat ibu hamil demam.

1 dari 4 halaman

Gejala Demam Saat Hamil

Suhu tubuh normal manusia adalah 37 derajat celcius. Christine Greves, MD, seorang dokter kandungan di Rumah Sakit Kesehatan Orlando & Winnie Palmer untuk Ibu dan Anak di Orlando, Florida, mengatakan, " Kami biasanya menganggap demam sesuatu yang perlu perhatian ekstra jika lebih dari 38,8 derajat Celcius" . Gejalanya pun tidak berbeda dengan orang yang sedang hamil, yaitu nyeri otot, berkeringat, kehilangan selera makan, hingga emosi yang labil.

2 dari 4 halaman

Pengaruh Demam Saat Hamil pada Janin

Tidak semua demam dapat memengaruhi bayi. Hal ini tergantung dari seberapa tingginya suhu ibu saat hamil. Semakin panas suhu pada ibu, semakin panas pula suhu bayi dalam kandungan. Jika ini terjadi secara berkepanjangan, maka akan meningkatkan bayi mengalami cacat tabung saraf atau kelainan lain.

3 dari 4 halaman

Penyebab Demam Saat Hamil

Dalam kasus ringan, demam biasanya disebabkan oleh pancaroba/perubahan cuaca karena adanya reaksi alergi. Namun, dalam kasus yang lebih serius. demam bisa disebabkan karena flu dan infeksi seperti infeksi saluran kemih, infeksi bakteri, infeksi parasit, bahkan peradangan otak.

4 dari 4 halaman

Perawatan Demam Saat Hamil

Secara umum tidak apa-apa untuk mengonsumsi Acetaminophen (Tylenol) atau obat pereda demam ketika ibu hamil mengalami demam. Namun, pastikan juga cairan dalam tubuh ibu terpenuhi. Oleh karena itu, saat ibu hamil istirahat sebaiknya perbanyak minum air putih dan istirahat. Selain itu, ibu juga bisa memakai kain yang sudah dibasahi air dingin untuk ditempelkan di dahi.

Begitulah informasi tentang demam pada ibu hamil. Semoga membantu dan lekas sembuh ya, Mom!

 

 

Beri Komentar