Gejala-Gejala Penyakit Pada Anak yang Nggak Boleh Diabaikan

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 8 Januari 2020 11:00
Gejala-Gejala Penyakit Pada Anak yang Nggak Boleh Diabaikan
Bagi para orang tua, inilah panduan untuk kamu tentang gejala sakit pada anak yang memerlukan perhatian khusus.

Memiliki buah hati yang sehat adalah keinginan semua orang tua. Jika kita sudah memiliki buah hati, kita akan menjaga anak kita hingga dewasa. Bahkan kita sebagai orang tua akan merasa cemas ketika si kecil sedang sakit.

Kenyataanya memang buah hati memiliki tubuh yang lebih lemah dibanding orang dewasa. Beberapa gejala sepele ternyata tidak bisa dianggap enteng. Untuk itu, konsultasi dengan dokter adalah pilihan yang tepat.

Dilansir dari parents.com, berikut adalah 7 gejala yang nggak boleh kamu anggap enteng

1. Demam Tinggi
Bayi yang sangat muda membutuhkan perawatan segera ketika demam tinggi terjadi. Jika panas diatas normal, kamu harus segera menghubungi dokter. Hal ini tentu tidak boleh dianggap enteng.

2. Demam yang berlangsung lama

Demam jenis apa pun yang berlangsung lama harus mendapat panggilan ke dokter anak. Pasalnya ini untuk mengantisipasi hal yang lebih buruk terjadi pada si kecil.

3. Demam disertai gejala lain

Demam disertai gejala lain seperti sakit kepala, leher atau bintik pada kulit bisa menjadi penyebab meningitis. Itu membutuhkan panggilan segera ke dokter dan tidak bisa ditunda lagi.

4. Bintik-bintik, benjolan, dan bercak pada kulit

Bintik dan bercak atau ruam bisa menjadi penyakit lyme atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri genus Borrelia sp. Ukuran bintik pinpoint bisa menandakan kondisi serius lainnya. Jika si kecil mengalami gejala ini, segera hubungi dokter anak untuk penanganan yang lebih cepat.

5. Adanya tanda lahir baru

Kamu perlu memberitahu dokter anak kamu untuk tanda lahir yang muncul baru atau berubah tempat. Tahi lalat dengan bentuk yang tidak beraturan, garis batas, beberapa warna, atau yang dinaikkan dapat menjadi perhatian. Ditakutkan itu bisa benjolan atau apapun yang berbahaya bagi si kecil.

6. Perut tiba-tiba terasa sakit

Nyeri perut yang hebat di sisi kanan bawah mungkin gejala usus buntu. Untuk hal ini, kamu tidak bisa memberi si kecil obat biasa yang dibeli di apotek. Segeralah menghubungi dokter anak terdekat agar segera mendapat penanganan.

7. Kencing sedikit

Mulut dan bibir kering, buang air kecil berkurang, dan fontanelle atau bagian lunak kepala bagian atas dan belakang kepala datar (pada bayi) adalah semua tanda-tanda dehidrasi dan membutuhkan perawatan cepat. Pasalnya dehidrasi bukanlah hal remeh dan hanya diobati dengan minum air saja, melainkan bisa jadi gejala lain yang perlu kamu konsultasikan pada dokter.

Tidak semua gejala pada bayi bisa ditangani. Pasalnya, si kecil memiliki tubuh yang lebih sensitif ketimbang orang dewasa. Oleh karena itu, dengan membawanya ke dokter anak yang lebih ahli adalah pilihan yang tepat.

Beri Komentar