Gadget Juga Bisa Membantu Anak dalam Belajar

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 30 Januari 2020 13:00
Gadget Juga Bisa Membantu Anak dalam Belajar
Orang tua khawatir jika anak terlalu lama menggunakan gadget akan berdampak buruk. Namun ketika penggunaanya tepat justru akan mengembangkan kemampuan anak.

Media digital berkualitas baik dapat mendukung pembelajaran, pengembangan, dan permainan anak. Waktu menggunakan gadget dapat membantu anak mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan sosial dan komunikasi, dan pemikiran kreatif.

Gadget bisa sangat membantu untuk pengajaran saat anak menggunakan media digital yang sesuai dengan usia dan berkualitas baik. Misalnya, ketika anak bermain video game yang melibatkan pemikiran kritis atau kreatif dan maju ke tingkat yang lebih tinggi. Ini akan mendorong anak untuk berpikir kritis.

Anak juga akan memiliki tujuan dalam pemikiran ketika anak online untuk menemukan instruksi untuk kegiatan kerajinan dan mendapatkan ide-ide baru. Misalnya, ketika bermain Minecraft membuat anak tertarik untuk merancang bangunan. Anak akan menghasilkan konten daripada hanya mengkonsumsinya. Misalnya, ketika anak menulis blog, menggunakan aplikasi untuk membuat musik, atau film dan mengedit film pendek.

1 dari 1 halaman

Menggunakan gadget untuk mengembangkan kemampuan

Gadget dapat membantu anak mengembangkan:

  • Keterampilan digital. Misalnya, dengan mempelajari keterampilan mengedit video dengan melakukan video tentang perjalanan sekolah.
  • Keterampilan kreatif. Misalnya, dengan menggambar, atau membuat konten seperti klip video, animasi atau komik.
  • Keterampilan memecahkan masalah. Misalnya, dengan mengerjakan pakaian yang paling tepat untuk berpakaian karakter online untuk cuaca hujan, atau melihat kemungkinan hasil percobaan sains virtual
  • Keterampilan komunikasi. Misalnya, dengan mempelajari bahasa lain atau mengobrol dengan teman atau kerabat melalui panggilan video
  • Keterampilan sosial. Misalnya, dengan bermain game yang melibatkan turn-taking, atau bermain sebagai bagian dari tim.

Pada dasarnya, jika penggunaan gadget pada anak dilakukan secara benar dan tidak berlebihan maka akan dapat meningkatkan kemampuan-kemampuan pada anak. Perlu digaris bawahi, kalau penggunaan gadget harus didampingi juga oleh orang tua.

Beri Komentar