Cek NISN berdasarkan Nama Siswa secara Online, Mudah Tinggal Klik!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 17 Februari 2022 20:21
Cek NISN berdasarkan Nama Siswa secara Online, Mudah Tinggal Klik!
Cek NISN berdasarkan nama memang bisa dilakukan, namun diperlukan beberapa data tambahan untuk proteksi agar NISN siswa tak sembarang diketahui orang.

Cek NISN berdasarkan nama bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan beberapa keterangan pendukung. Antara lain, tempat dan tanggal lahir sisw serta nama ibu kandung. Tentu saja ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan data anak didik namun tetap memberikan kemudahan akses bagi orang tua yang ingin mengecek nomor induk siswa nasional putra-putri mereka.

1 dari 3 halaman

Apa itu NISN?

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal yang dimiliki oleh seorang siswa. Yup, sama seperti nomro kependudukan kta, hanya saja NISN dimiliki oleh mereka yang terdaftar sebagai siswa. Kode pada NISN bersifat unik, standar dan berlaku seumur hidup. Dengan NISN ini maka seluruh siswa di Indonesia bisa terdata, teridentifikasi secara terstandar dan berkesinambungan.

2 dari 3 halaman

Tujuan dan Manfaat NISN

Cek NISN berdasarkan Nama © Diadona

Apa tujuan dan manfaat NISN ini? Dikutip dari website Jendela Kemdikbud, NISN membuat peserta didik terdata dengan baik. NISN ini digunakan untuk mengikuti ujian nasional hingga melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

NISN yang unik berfungsi untuk membedakan satu siswa dengan yang lainnya di semua sekolah di Indonesia ataupun di Luar Negeri lho. Sistem NISN diolah secara nasioanl oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nah lalu apakah semua siswa memiliki NISN dan bisa melakukan cara mengecek NISN berdasarkan nama? Ternyata tidak.

NISN cuman dimiliki oleh peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang telah memiliki NPSN, yaitu Nomor Kepala Sekolah Nasional, serta terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Mengutip laman NISN, tujuan dan manfaat dari NISN ini yakni:

  1. Memudahkan identifikasi setiap peserta didik secara standar, konsisten, dan berkesinambungan pada seluruh sekolah di Indonesia.
  2. Menjadi pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online untuk unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, dan sekolah yang terstandar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi kekinian.
  3. Menjadi sistem pendukung program Dapodik untuk pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya dari tingkat pusat hingga daerah, atau sekolah. Contohnya yaitu mendukung program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, hingga SNMPTN.

3 dari 3 halaman

Cara Cek NISN Berdasarkan Nama

Cek NISN berdasarkan Nama © Diadona

Trus gimana nih cara cek NISN berdasarkan nama? Ikuti langkah-langkah berikut ini y!

1. Akses laman resmi NISN Kemendikbud pada layar komputer atau HP
2. Masukkan nama lengkap siswa
3. Masukkan data tempat dan tanggal lahir
4. Ketik nama ibu kandung siswa
5. Centang bagian Captcha
6. Klik " Cari Data"
7. Jika data sudah benar, maka data data NISN akan muncul.

Dari keterangan di atas diketahui kalau cara cek NISN berdasarkan nama memang bisa dilakukan, hanya saja memerlukan data pendukung lainnya seperti tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung. Itu artinya NISN seorang siswa masih diproteksi degan data pendukung lain.

Sehingga bila orang tua tak ingin data anaknya bisa diakses oleh orang lain, penting untuk melindungi informasi seperti tangal lahir mereka agar tak sembarang orang bisa melakukan cara cek NISN berdasarkan nama dengan mudah. Ingat, perlindungan data pribadi sangat penting sekarang ini.

Beri Komentar