Cara untuk Menghilangkan Kram Otot secara Alami selama Kehamilan

Reporter : Riza Umami
Kamis, 26 Desember 2019 17:13
Cara untuk Menghilangkan Kram Otot secara Alami selama Kehamilan
Saat hamil, mungkin kamu akan mengalami kram otot. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengilangkan kram tersebut secara alami.

Saat hamil wanita biasanya akan mengalami berbagai perubahan dan salah satunya yaitu pada otot. Terkadang wanita hamil mengalami pengetatan pada otot atau yang biasa dikenal dengan kram otot. Apakah kamu juga pernah atau sedang mengalaminya?

Dilansir dari laman Boldsky (19/08), biasanya kram otot ini terjadi pada bagian kaki, betis dan juga perut. Kram pada perut ini disebabkan karena peregangan ligamen, gerakan bayi, sembelit dan lain sebagainya. Jika kamu mengalami kram otot ini, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1 dari 5 halaman

Mengonsumsi Air Lebih Banyak

Kram otot ini bisa disebabkan karena rendahnya kadar cairan dalam tubuh. Jika kamu mengalami hal ini tentu kamu perlu minum air lebih banyak. Selain itu, hal ini bisa menghindari terjadinya dehidrasi. Jika orang biasa umumnya dianjurkan minum delapan gelas air sehari, maka pada wanita hamil jumlah ini tentu bertambah.

2 dari 5 halaman

Menggunakan Minyak Wijen

Kamu bisa juga memijat perlahan bagian otot yang sakit dengan menggunakan minyak. Oleskan sedikit minyak wijen yang mampu menembus semua tujuh jaringan sampai ke tulang. Yang bisa membuatnya lebih rileks dan kendur kembali.

3 dari 5 halaman

Minyak Cengkeh

Selain minyak wijen kamu juga bisa menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anestesi yang bisa melonggarkan pengetatan otot pada wanita hamil. Panaskan minyak ini terlebih dahulu lalu pijat selama lima menit dengan gerakan yang lembut. Kamu bisa melakukan ini kapan pun kamu mau.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Asupan Kalsium dan Kalium

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kandungan kalsium dan kalium di dalam tubuh. Kalsium berguna untuk memperkuat tulang, sedangkan kalium untuk meningkatkan otot. Makanan yang banyak mengandung dua kalsium dan kalium yaitu pisang, susu, bayam, yogurt, jeruk, kacang-kacangan dan sebagainya.

5 dari 5 halaman

Yoga

Melakukan yo0ga ternyata juga bisa mengendurkan otot yang sedang mengalami pengetatan. Sebelum melakukan yoga kamu bisa konsultasi pada dokter jenis yoga seperti apa yang boleh kamu lakukan. Pastikan rutinitasmu melakukan yoga ini tidak berakibatkan buruk pada janin yang ada di dalam kandunganmu.

Itulan beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kram pada otot. Jika kamu memiliki cara lain silahkan tuliskan di bawah ini.

Beri Komentar