Cara Sholat Istikharah yang Betul dan Benar Menurut Sunnah Beserta Doanya

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 18 Januari 2020 09:38
Cara Sholat Istikharah yang Betul dan Benar Menurut Sunnah Beserta Doanya
Lakukan pelaksanaan cara sholat istikharah dengan betul dan benar agar dapat menentukan pilihan dengan mantap.

Kita sebagai manusia nggak bisa melihat masa depan. Dalam hidup, yang kita hadapi adalah pilihan-pilihan yang nantinya akan menentukan masa datang. Sebagai muslim yang taat, sudah seharusnya kita menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melaksanakan cara sholat istikharah. Melaksanakan tata cara sholat istikharah berarti kamu meminta atau memohon petunjuk kepada Allah SWT karena sedang dihadapkan dengan berbagai pilihan yang membingungkan.

Melaksanakan tata cara sholat istikharah pada umumnya dilakukan ketika dilanda kebingungan. Maka dengan melaksanakan tata cara sholat istikaharah, in sya Allah akan diberi kemantapan hati untuk memilih.

Jadi, gimana melakukan tata cara sholat istikharah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, begini caranya!

1 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Istikharah

Melakukan tata cara sholat istikharah biasanya dilakukan ketika seorang muslim dilanda kebingungan dalam menentukan sesuatu. Dengan melaksanakan tata cara sholat istikharah, diharapkan mereka mendapatkan petunjuk dan keteguhan hati dalam menentukan sebuah pilihan.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam melaksanakan cara sholat istikharah adalah yakin. Tanpa adanya keyakinan bahwa Allah akan menentukan segalanya, hatimu pun nggak akan pernah yakin dalam menentukan pilihan-pilihan yang membingungkan, alias tetap dalam keraguan.

Namun, jangan lupa berusaha. Tanpa berusaha semuanya nampak sia-sia. Namanya ikhtiar, doa harus diiringi dengan usaha. Setelah itu, pasrahkan semuanya kepada Allah SWT. dengan melaksanakan tata cara sholat istikharah.

Selain itu, jangan melakukan cara sholat istikharah saat ashar sampai matahari terbenam, atau saat subuh sampai matahar terbit. Sebab, di waktu-waktu itu dilarang untuk melaksanakan shalat sunnah apapun.

Lakukanlah cara sholat istikharah selain waktu tersebut. Namun, dianjurkan melakukan cara sholat istikharah sebelum tidur malam. Sebab, biasanya petunjuk datang melalui mimpi.

2 dari 4 halaman

Cara Melakukan Sholat Istikharah

Tata cara sholat istikharah pada umumnya sama dengan shalat sunnah lainnya. Nah, gimana cara sholat istikharah secara umum itu? Gulir ke bawah, yuk!

1. Bersuci

Tanpa bersuci, pelaksanaan cara sholat istikharahmu nggak bakal sah, seperti pelaksanaan shalat-shalat lainnya. Maka, kamu harus bersuci terlebih dahulu dengan berwudhu, atau mandi besar jika diperlukan.

2. Niat

Niat merupakan hal yang penting. Tanpa niat, kamu nggak bakal melaksanakn cara sholat istikharah. Entah itu melalui lisan atau di dalam hati.

3. Melakukan Sholat Istikhoroh

Kemudian melaksanakan cara sholat istikhoroh seperti shalat lainnya. Dimulai dari niat hingga tahiyyat akhir.

4. Membaca Doa Sholat Istrikhoroh

Yang terakhir adalah tentu saja berdoa. Berdoalah dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT. setelah melaksanakan tata cara sholat istikharah. In sya Allah cepat atau lambat, Allah akan memberikan petunjuk.

3 dari 4 halaman

Cara Melaksanakan Sholat Istikharah

Nah, kamu sudah mengetahui cara sholat istikharah secara umum. Jadi, apa saja yang harus dilakukan dalam melaksanakan cara sholat istikharah itu? Lanjut ke tulisan berikut, ya!

1. Niat
2. Takbiratul Ihram dan membaca doa iftitah
3. Membaca al-Fatihah
4. Membaca surah pendek (dianjurkan al-Kafirun di rakaat pertama, dan al-Ikhlas di rakaat kedua)
5. Ruku' dan membaca doa ruku'
6. I'tidal dan membaca doa i'tidal
7. Sujud dan membaca doa sujud
8. Duduk di antara dua sujud dan membaca doa duduk di antara dua sujud
9. Sujud dan membaca doa sujud
10. Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
11. Salam
12. Tertib dan Tuma'ninah
13. Do'a

Cara sholat istikharah di atas sama dengan shalat sunnah lainnya, kan? Ya, hanya berbeda pada anjuran surat pendek yang dibaca.

4 dari 4 halaman

Cara Sholat Istikharah yang Betul

Pelaksanaan cara sholat istikharah yang betul hendaknya disertai dengan doa yang benar. Doa memang keinginan atau permohonan umat muslim, tapi kata-kata adalah senjata kuat jadi harus benar-benar diperhatikan. Jadi, bagaimana doa cara sholat istikharah? Intip tulisan ini!

1. Niat

" Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa."

Artinya:
Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

2. Doa setelah Sholat Istikhoroh

“ Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.”

“ Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.”

Artinya:

“ Ya Allah, aku meminta petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon keputusan-Mu dengan qudrat-Mu dan aku meminta dengan karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau yang berkuasa sedangkan aku tida berkuasa. Engkau Yang Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkau Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.

“ Ya Allah, sekiranya engkau ketahui bahwa (sebutkan Pilihan yang dihadapi) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka takdirkanlah ia untukku, mudahkanlah ia, lalu berkahilah aku padanya.”

Tambahan doa:

“ Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.” (HR. Ahmad dan Bukhari).


Nah, jadi begitu cara sholat istikharah. Jangan lupa berbagi pendapatmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar