Cara Sholat Dhuha 4 dan 2 Rakaat Beserta Bacaannya yang Benar

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 20 Januari 2020 09:30
Cara Sholat Dhuha 4 dan 2 Rakaat Beserta Bacaannya yang Benar
Sholat dhuha bisa dilakukan dengan jumlah yang bervariasi, termasuk dengan cara sholat dhuha 4 rakaat dan 2 rakaat.

Banyak umat muslim yang masih ragu atau menomorduakan pelaksanaan cara sholat dhuha. Padahal, melaksanakaan cara sholat dhuha memiliki keutamaannya sendiri. Salah satunya adalah dibukanya pintu rezeki sebanyak-banyaknya.

Tata cara sholat dhuha dilakukan pada waktu pagi. Teoatnya setelah terbitnya matahari hingga 15 menit sebelum waktu dhuhur tiba.

Umumnya, seperti sholat sunnah lainnya, pelaksanaan cara sholat dhuha dilakukan dengan jumlah 2 rakaat. Namun, ada juga yang melakukan tata cara sholat dengan jumlah 4 rakaat.

Untuk lebih jelasnya, bagaimana sih, cara melakukan tata cara sholat dhuha itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut caranya.

1 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat

Biasanya, cara sholat dhuha dilakukan dengan jumla 2 rakaat. Makanya jika menemukan cara sholat dhuha yang berjumlah 4 rakaat, beberapa di antara masih bingung. Apakah boleh?

Sholat dhuha bisa dilakukan dengan jumlah 4 rakaat, dengan satu salam maupun dua salam. Dengan satu salam berarti melakukan 2 kelipatan sholat dhuha dengan 2 kali salam. Jika ingin ditambah menjadi 12 jumlah rakaat, berarti 6 kelipatan sholat dhuha dengan 6 kali salam.

Namun, sholat dhuha 4 rakaat juga bisa dilakukan dengan satu salam sekaligus. Bahkan, cara sholat 8 rakaat atau 12 rakaat pun boleh dilakukan dengan hanya satu salam saja. Begitulah setidaknya yang dijelaskan oleh Asy-Syarwani, seorang ulama madzhab Syafi'i.

Wallahu a'lam.

2 dari 4 halaman

Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara sholat dhuha 4 rakaat bisa dilakukan dengan satu kali salam dan 2 kali salam. Nah, gimana jelasnya cara sholat dhuha 4 rakaat itu?

1. Cara sholat dhuha 4 rakaat 2 salam

- Niat
- Takbiratul ihram
- Membaca surat al-Fatihah
- Membaca surah ad-Dhuha di rakaat pertama dan surah As-Syams di rakaat kedua (dianjurkan)
- Ruku' dan membaca do'a ruku'
- I'tidal dan membaca do'a i'tidal
- Sujud dan membaca do'a sujud
- Duduk di antara dua sujud dan membaca do'a di antara dua sujud
- Sujud dan membaca do'a sujud
- Lalu berdiri dan ulangan langkah 3-10 untuk melakukan rakaat kedua
- Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
- Salam
- Tuma'ninah (Tenang dalam shalat)
- Doa

Setelah, itu lakukan tata cara sholat dhuha satu kali lagi, dan sholat dhuha pun berjumlah 4 rakaat.

2. Cara sholat Dhuha 4 rakaat 1 salam

- Niat
" Usholli sunnatadh dhuhaa arba'aa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa."

Artinya: 
“ Aku niat shalat sunnah dhuha empat rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”
- Takbiratul ihram
- Membaca surat al-Fatihah
- Membaca surah pendek alquran
- Ruku' dan membaca do'a ruku'
- I'tidal dan membaca do'a I'tidal
- Sujud dan membaca do'a sujud
- Duduk di antara dua sujud dan membaca do'a di antara dua sujud
- Sujud dan membaca do'a sujud
- Lalu berdiri dan ulangan langkah 3-10 hingga berjumlah 4 rakaat
- Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
- Salam
- Tuma'ninah (Tenang dalam shalat)
- Doa

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya

Pelaksanaan tata cara sholat dhuha ternyata memiliki niat dan bacaannya sendiri. Hal ini karena sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan tersendiri. Bacaan apa saat melaksanakan tata cara sholat dhuha?

1. Niat

" Usholli sunnatadh dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa."

Artinya: 
“ Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah"

2. Doa setelah melaksanakan cara sholat dhuha

" Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-'ismata 'ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita 'ibaadakash-shalihiin."

Artinya:
" Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu"

" Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh"

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat

Pelaksanakan tata cara sholat dhuha 2 rakaat dilakukan di waktu tertentu dan juga terdapat bacaan doa tertentu pula. Hal ini dikarenakan sholat dhuha mempunyai keutamaannya tersendiri sehingga penting bahkan dianjurkan (sunnah muakkad) untuk dilakukan. Kenapa?

1. Penghapus dosa

Melakukan tata cara sholat dhuha ternyata mampu menggugurkan dosa-dosa. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Majah:

" Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."

2. Sedekah untuk Tubuh

Sedekah untuk tubuh? Ya, hal itu bisa dilakukan dengan melakukan tata cara sholat dhuha, seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi:

" Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat Sholat Dhuha.” (HR Muslim)

3. Pintu Surga

Masuk surga adalah impian seluruh umat muslim. Salah satu caranya adalah dengan melaksanakan tata cara sholat dhuha dengan benar. Hadist berikut menjelaskan:

" Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

4. Dicukupkan rezeki

Allah berjanji untuk mencukupkan rezeki kepada orang-orang yang melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat. Dicukupkan, boleh dilebihkan, karena yang berlebihan itu nggak baik.

" Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda).


Begitulah apa yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana cara sholat dhuha yang benar. Kamu punya pengalaman menarik seputar sholat dhuha? Sharing di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar